Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Timur untuk Liburan Akhir Pekan

Akhir pekan atau weekend merupakan hari yang sangat dinanti-nanti oleh semua orang. Ini adalah saat yang tepat untuk melepas penat setelah selama weekdays sudah bekerja, bersekolah, maupun beraktivitas yang membuat pikiran menjadi penat. Umumnya, orang akan memanfaatkan waktu libur mereka dengan berbagai cara seperti me time di rumah saja ataupun melakukan liburan bersama orang-orang tercinta.

Salah satu wilayah di Indonesia yang wajib Anda kunjungi untuk berwisata adalah di Kota Jakarta Timur. Ya, tentu Anda sudah sangat familiar dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang menjadi salah satu pusat ikonik Indonesia. TMII terletak di Kota Jakarta Timur. Masih ada banyak tempat-tempat menarik lainnya lagi yang wajib dikunjungi ketika berada di Jakarta Timur yang membuat Anda merasa terpukau akan keindahan wisata alam, sejarah, maupun kebudayaannya. Berikut adalah tempat-tempat yang kece untuk dikunjungi di Jakarta Timur.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

tempat wisata jakarta

Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Jakarta bahkan di Indonesia. Tak mengherankan, tempat wisata ini menyuguhkan konsep wisata yang bertemakan kebudayaan Indonesia. Hanya dengan mengunjungi TMII saja, Anda dapat menikmati seluruh kebudayaan Indonesia dalam satu waktu.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) terdiri atas fasilitas anjungan-anjungan tiap daerah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Anjungan daerah adalah bangunan-bangunan rumah adat yang memiliki ciri arsitektur tradisional khas daerah di Indonesia. Dalam anjungan tersebut isinya lengkap dengan kebudayaan suatu daerah, mulai dari rumah adat, artefak etnografi seperti senjata khas daerah, barang-barang adat, benda untuk upacara adat, kesenian, sampai patung orang yang memakai baju adat khas daerah tersebut, busana pernikahan, hingga baju tari. Bangunan atau arsitektur tradisional yang dibuat pada tiap anjungan daerah selalu dilatarbelakangi oleh kondisi lingkungan dan kebudayaan yang dimiliki tiap daerah. Anjungan ini mewakili suku-suku yang ada di Indonesia yang berada di 33 provinsi di Indonesia.

Selain itu, di TMII juga terdapat fasilitas wisata lain seperti bangunan keagamaan yang diwakili oleh beberapa rumah ibadah agama resmi yang diakui di Indonesia. Hal ini untuk menggambarkan adanya toleransi antar umat beragam di Indonesia. Bangunan keagamaan tersebut antara lain Masjid Pangeran Diponegoro, Gereja Katolik Santa Catharina, Gereja Protestan Haleluya, Pura Penataran Agung Kertabhumi, Wihara Arya Dwipa Arama, Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa, serta Kuil Konghucu Kong Miao.

Sarana rekreasi di TMII juga beragam, seperti istana anak-anak Indonesia, kolam renang Snow Bay, kereta gantung, dan teater IMAX keong emas. Ada pula taman-taman di TMII seperti taman anggrek, taman burung, dan taman apotek hidup. TMII juga menyediakan museum di dalamnya seperti contohnya Museum Purna Bhakti Pertiwi.

Untuk bisa berwisata dan belajar mengenai Indonesia di TMII, Anda cukup merogoh kocek Rp 20.000,-  saja. TMII berlokasi di Jl. Raya Taman Mini, Kota Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta, Indonesia.

Museum Lubang Buaya

lubang buaya
Sumber Gambar : Kompasiana.com

Museum Lubang Buaya dibangun dan diresmikan di era pemerintahan Presiden Soeharto. Tujuan didirikan Museum ini adalah untuk mengenang perjuangan Pahlawan Revolusi Indonesia demi membebaskan Indonesia dari ancaman ideologi komunis. Kompleks Museum Lubang Buaya terdiri dari Monumen Pancasila Sakti, Rumah Penyiksaan, Museum Pengkhianatan PKI, dapur umum PKI, pos komando PKI, Museum Paseban, ruang teater, serta Sumur Maut.

Pada Museum Pengkhianatan PKI sebelum ruang diorama, terdapat ruangan yang menampilkan 3 mozaik, yaitu korban keganasan pemberontakan PKI di Madiun tahun 1948, pengangkatan jenazah 7 Pahlawan Revolusi di Lubang Buaya pada tanggal 4 Oktober 1965, dan Sidang Mahkamah Militer Luar Biasa terhadap tokoh-tokoh PKI pada tahun 1966-1967.

Pada lokasi Monumen Pancasila juga terdapat sebuah rumah kecil yang terkenal dengan nama Rumah Penyiksaan. Rumah ini digunakan oleh pasukan G30S PKI untuk menawan serta menyiksa para Jenderal. Setelah disiksa ketujuh Jenderal tersebut kemudian dibunuh secara sadis dan dimasukkan ke dalam Sumur Maut. Sumur ini memiliki kedalaman 12 meter dan berdiameter 75 cm.

Anda bisa menikmati wisata sejarah di tempat ini dengan membayar tiket seharga Rp 15.000,-. Lokasi dari museum ini adalah di Jl. Raya Pd. Gede No. 24, RT 4/RW 12, Lubang Buaya, Cipayung, Kota Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta, Indonesia.

Kampung China Kota Cibubur

kampung china cibubur

Kampung ini berlokasi di Jl. Boulevard Kota Wisata, Cibubur, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta. Wisata Kampung China ini memiliki pesona keindahan tersendiri yang menarik untuk dikunjungi. Di sini Anda akan dapat menjumpai puluhan kios atau toko yang menjual produk baju, aksesoris, pernak-pernik ataupun mainan anak-anak. Tentunya barang-barang ini akan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Dominansi barang-barang yang dijual di tempat ini berwarna merah karena memang menjadi ciri khas budaya Tionghoa, terutama pakaian khas China yaitu Cheong Sam. Kampung China bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk berburu perlengkapan untuk menyambut Tahun Baru Imlek. Beberapa toko yang menjual pakaian khas China antara lain Vanesa, Dee Pee Collection, dan Toko Ayung.

Selain berbelanja, Anda bisa menyantap makanan khas China di sekitar lokasi ini atau mengajak anak Anda untuk bermain di Fantasy Island. Ada pula atraksi barongsai yang lincah serta menghibur. Sebelum masuk ke dalam Kampung China, Anda akan melewati sebuah gerbang yang bernama Gerbang Kemakmuran. Dari gerbang ini, kita bisa melihat aktivitas perdagangan di Kampung China yang membawa kemakmuran bagi tiap pengunjungnya.

Tiket masuk wisata Kampung China ini sangat murah yaitu Rp 15.000,- per orang. Retribusi parkir yaitu Rp 5.000,- untuk motor dan Rp 10.000,- untuk mobil. Kampung wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 18.00 WIB.

Bumi Perkemahan Cibubur

BUPER CIBUBUR

Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur atau biasa disingkat dengan Buperta Cibubur merupakan salah satu bumi perkemahan yang namanya cukup populer. Bumi perkemahan ini memang identik dengan acara Jambore Nasional Pramuka karena tempat ini telah digunakan untuk event pramuka besar nasional tahunan di Indonesia secara rutin. Wisata alam memang menjadi opsi paling baik ketika ingin melepas penat.

Berpetualang dan menikmati keindahan alam merupakan salah satu cara juga untuk mensyukuri karunia Tuhan. Kita semua tahu bahwa Jakarta memang kota yang sangat padat penduduk serta padat dengan bangunan tinggi seperti gedung pencakar langit. Adanya bumi perkemahan berupa lahan terbuka yang hijau seluas 210 hektar ini menjadi suatu pemandangan yang menyegarkan.

Perkemahan Cibubur berada di bawah naungan Kwarnas yang bekerjasama dengan TNI Angkatan Darat dan TNI Angkatan Udara. Di dalam Buperta Cibubur ini juga terdpaat lapangan terbang yang selalu digunakan untuk olahraga kedirgantaraan. Lapangan terbang ini mempunyai landasan pacu dengan panjang kira-kira 1.000 meter. Wow, keren bukan?

Lahan Buperta Cibubur terbagi menjadi beberapa kawasan, yaitu kawasan untuk areal perkemahan pada hamparan rumput bebas deng luas 80 hektar. Areal perkemahan seluas 80 hektar tersebut terbagi menjadi 2 kawasan yaitu Areal Kemah Putra (Kempa) dan Areal Kemah Putri (Kempi) yang mampu menampung sekitar 20 ribu orang. Fasilitas lain berupa lapangan utama, ruangan serba guna, cafetaria, kolam renang, danau, taman hutan wisata, tempat ibadah 5 agama dan toilet. Kegiatan yang dapat dilakukan disini antara lain berkemah, outbond, bermain sepeda air di danau, ataupun hanya sekedar jalan-jalan menikmati pemandangan dan menghirup udara segar bebas polusi.

Lokasi kawasan ini berada di Jl. Bumi Perkemahan, Cibubur, Jakarta Timur. Untuk biaya sewa cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 10.000,- sampai Rp 20.000,- saja. Apabila Anda tidak membawa tenda sendiri, bisa melakukan sewa tenda dengan harga berkisar Rp 40.000,- sampai Rp 300.000,- tergantung ukurannya. Anda dilarang untuk membawa tenda sendiri dengan jumlah lebih dari 2 buah karena akan tetap dikenakan pajak sekitar 20% dari harga sewa tenda yang telah disediakan. Apabila Anda tidak ingin berkemah, disini juga tersedia penginapan berupa wisma.

Itulah beberapa tempat wisata terkenal di Kota Jakarta Timur yang wajib Anda jadikan sebagai whishlist tempat wisata yang akan Anda kunjungi untuk menghabiskan libur akhir pekan. TMII bisa dijadikan referensi bagi Anda yang ingin berwisata kebudayaan Indonesia, Museum Lubang Buaya untuk menikmati wisata sejarah, Kampung China untuk wisata belanja dan kuliner, serta Bumi Perkemahan Cibubur untuk melakukan wisata alam. Lengkap dan menarik bukan?

Untuk berwisata bersama keluarga atau orang tersayang ke daerah Jakarta Timur Anda bisa sewa bus pariwisata Jakarta melalui Andara Bus. Andara Bus merupakan agen transportasi darat roda empat yang memiliki kelebihan yaitu armada lengkap, crew profesional, aman, nyaman, tangguh, dan harga terjangkau. Andara Bus memiliki armada yang sangat lengkap mulai dari Hiace, Coaster, Elf, Medium Bus, Big Bus, Bus Luxury dan Bus Executive. Anda bisa memilih armada sesuai kebutuhan dan jumlah orang yang akan berwisata. Andara bus merupakan salah satu jasa sewa bus pariwisata Jakarta yang sudah memliki kerjasama dengan P.O besar maupun kecil sehingga dapat memberikan harga sewa bus yang terbaik sesuai dengan budget wisata dan perjalanan anda.

Penyewaan bus pariwisata Jakarta melalui Andara Bus dapat dilakukan dengan mudah kapan saja dan dimana saja. Andara Bus menyiapkan website yang mudah Anda akses yaitu adarabus.com yang akan memberikan layanan kepada Anda selama 24 jam. Percayakan perjalanan Anda dengan Andara Bus, dijamin aman dan nyaman. Tunggu apa lagi, ayo berwisata bersama Andara Bus.

Tinggalkan Balasan