sejarah rumah atsiri indonesia

Rumah Atsiri Indonesia: Sejarah, Fasilitas & Harga Tiket Masuk

Anda akan melakukan perjalanan ke Karanganyar? Berikut ini salah satu destinasi di Karanganyar yang wajib dikunjungi yaitu destinasi atsiri serta sejarah rumah atsiri Indonesia.

Mengenal Rumah Atsiri yaitu taman wisata aromatik dengan beberapa fasilitas seperti laboratorium penelitian, rumah produksi, pusat pelatihan, museum, restoran, toko, serta fasilitas MICE butik. Tempat ini berada disekitaran pabrik Citronella Indonesia-Bulgaria yang telah dipugar sejak tahun 1963 hingga saat ini menjadi tempat kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengembangan minyak atsiri serta kegiatan produksi.

Rumah Atsiri

Salah satu tempat yang berada di karanganyar, Jawa Tengah yaitu Rumah Atsiri saat ini menjadi tempat wisata sekaligus tempat edukasi terkait pembuatan minyak atsiri. Wisata ini memiliki konsep wisata yang anti meanstream cocok untuk Anda dan keluarga yang suka jalan-jalan ke tempat edukasi.

Di rumah Atsiri, Anda dan keluarga akan menemukan tempat yang berbau khas aroma atsiri sebagai bahan essential oil. Mengunjungi rumah Atsiri dapat mengetahui cara pembuatan minyak Atsiri.

Rumah Atsiri Indonesia berada di daerah Tawangmangu lebih tepatnya di Jl. Watusambang, Watusambang, Plumbon, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792. Datang ke wisata Rumah Atsiri Indonesia, pengunjung dapat menikmati pemandangan taman atsiri yang menyejukkan, dan Anda dapat melupakan hiruk pikuk pekerjaan sesaat.

Sejarah Rumah Atsiri Indonesia

Tempat wisata yang berada di Karanganyar, Jawa Tengah ini yaitu Rumah Atsiri Indonesia dahulunya merupakan kompleks pabrik yang terbengkalai. Rumah atsiri Indonesia adalah fasilitas penyulingan citronella dari tahun 1963.

Pabrik Citronella merupakan pabrik penyulingan terbesar di Asia menjadi saksi bisu kerjasama ekonomi antara Indonesia dengan Bulgaria. Rumat Atsiri Indonesia berada tepat di Desa Plumbon yang menjadi tampak karena memiliki potensi alam sesuai dengan penanaman bahan baku minyak atsiri seperti serai, dan lain-lain. Selain itu, desa Plumbon juga memiliki sumber air berupa sungai yang penting untuk proses penyulingan.

Pabrik Citronella hingga saat ini telah mengalami serangkaian pertukaran kepemilikan hingga berubah nama menjadi PT Rumah Atsiri Indonesia. Setelah berganti nama menjadi PT Rumah Atsiri Indonesia, tempat ini berubah menjadi komplekse edu rekreasi yang mencakup fasilitas MICE, penelitian dan pengembangan, rumah produksi, serta pasar minyak atsiri.

Pada rumah Atsiri pengunjung dapat menikmati pilihan spot serta aktivitas menarik seperti mengeksplorasi museum essential, workshop, mencicipi santapan khas arsiri, mengambil esensi pabrik parfum, dan lain-lain.

Fasilitas Rumah Atsiri Indonesia

Rumah Atsiri Indonesia telah dibangu dengan lahan diatas areal 23 ribuan meter persegi. Dengan lahan seluas itu, tentunya pengunjung dapat mengeksplore di dalam lahan tersebut seperti menikmati taman atsiri.

Rumah Atsiri berada di kompleks pedesaan Karanganyar memiliki kekayaan serta potensi Indonesia memainkan peran penting dalam ekonomi global. Selain itu, beberapa fasilitas yang didapatkan di tempat wisata ini adalah edukasi wisata, tempat penelitian, produksi atsiri, serta penyedia pasar, cafe, outbond, gathering, dan lain-lain.

Di rumah Atsiri Indonesia pegunjung dapat melakukan kelas workshop, mengunjungi museum, serta belajar tentang pembuatan minyak atsiri. Beberapa fasilitas nyaman juga dapat didapatkan seperti tempat parkir luas, mushola, toilet, spot foto, theater, merchandise store, dan lain-lain.

Harga Tiket Masuk Rumah Atsiri Indonesia

Memasuki kawasan Rumah Atsiri indonesia Anda dapat menyiapkan biaya 50 ribu rupiah per orang. Biaya tersebut merupakan voucher prabayar yang dapat dibelanjakan dalam area seperti membeli minyak esensial, makan, mengunjungi museum, menghadiri lokakarya, dan lain-lain.

Selain itu, di rumah Atsiri Indonesia juga menyediakan tur wisata mengelilingi rumah Atsiri selama 8 jam yang mencakup layanan penjemputan, garden tour dengan guide, melihat proses pembuatan essential oil, makan siang, museum tour dengan guide, workshop, cemilan, serta mendapatkan souvenir.

Di rumah Atsiri juga menyediakan tur 4 jam yang mencakup tur taman dengan guide, melihat proses pembuatan minyak atsiri, makan siang, tur museum dengan guide, serta mendapatkan camilan.

Mengunjungi rumah atsiri Indonesia cocok untuk kegiatan tamasya sekolah serta kegiatan edukasi. Beberapa program kegiatan lainnya juga dapat disesuaikan saat mengunjungi rumah Atsiri Indonesia.

Fakta Daya Tarik Rumah Atsiri Indonesia

Di rumah Atsiri Indonesia pengunjung dapat menikmati beberapa kegiatan seperti

1. Menikmati Indahnya Koleksi Garden Rumah Atsiri

Taman Rumah Atsiri ditumbuhi oleh lebih dari 80 tanaman minyak atsiri dari Indonesia serta luar yang memiliki cerita, keharuman, dan karakteristik masing-masing. Taman ini memiliki koleksi tanaman minyak atsiri beragam.

Pengunjung dapat merasakan serta mencium aroma tanaman macam-macam atsiri, tentunya pengunjung akan dipandu oleh guide. Selain itu, pengunjung dapat memetik tanaman tersebut atas panduan guide seperti memetik kulit kayu, daun, ataupun kelopak tanaman.

2. Greenhouse

selain taman rumah atsiri, terdapat greenhouse rumah kaca yang dirancang sebagai taman dalam ruangan dipagi hari serta akan berubah menjadi tempat makan aestetic di malam hari.

3. Plaza Marigold

Pengunjung dapat menikmati plaza marigold yaitu taman yang dipenuhi bunga marigold yang mekar sebulan sekali selama dua minggu. Plaza marigold dijadikan sebagai titik temu kompleks wisata.

4. Production Farm & Nursery

Rumah Atsiri Indonesia juga menyediakan keperluan penelitian, pengembangan, kebutuhan produksi untuk tanaman kebun, tanaman suvenir, dan lain-lain.

Demikian informasi mengenai Rumah Atsiri Indonesia dari mulai Sejarah, Fasilitas & Harga Tiket Masuk. Semoga dari informasi yang diberikan oleh Andara bus dapat menambah wawasan bagi para pembaca.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Wisata Karanganyar Terfavorit

Scroll to Top
Chat Admin Disini