Tempat Bersejarah di Ibu Kota Jakarta

Jakarta, kota yang tak pernah terlepas dari kemacetannya ini selalu ramai didatangi oleh para pelancong. Tak heran jika Jakarta yang berstatus sebagai Ibu Kota Negara Indonesia ini menyimpan banyak tempat-tempat bersejarah. Bukan hanya sekedar melakukan perjalanan bisnis, tak sedikit orang yang mengunjungi kota tua ini hanya untuk sekedar menghabiskan waktu liburan. Dengan mengunjungi tempat bersejarah Jakarta, anda akan mendapatkan banyak manfaat seperti menambah wawasan dan pengetahuan, meningkatkan rasa nasionalisme, dan bisa menjadi tempat refreshing.

Untuk mengetahui ada apa saja tempat bersejarah Jakarta yang wajib kamu kunjungi? Simak ulasan berikut ini yaa. Kali ini Sewa Bus Pariwisata Jakarta akan mengulik tempat bersejarah di Jakarta.

Monumen Nasional (Monas) Jakarta

Tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan monumen yang satu ini. Monumen Nasioanal atau yang populer dengan sebutan “Monas” ini sudah menjadi icon nya kota Jakarta. Tak hanya monumen saja, di sekitar Monas juga terdapat fasilitas rekreasi seperti melihat pemandangan jakarta dengan terpong. Di Monas anda bisa melihat diorama yang menggambarkan sejarah Indonesia mulai dari zaman pra-sejarah, kerajaan, kolonial, hingga merdeka.

Jam Buka : 08.00-22.00

Harga Tiket : Mulai dari Rp2.000

Lokasi : Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Museum Satria Mandala

Tempat bersejarah Jakarta selanjutnya yang bisa anda kunjungi yaitu Museum Satria Mandala. Museum Satria Mandala merupakan salah satu museum yang menjadi saksi bisu perjuangan kemerdekaan negara Indonesia. Gedung museum ini sebelumnya terkenal dengan sebutan Wisma Yaso yang merupakan tempat kediaman Ratna Sari Dewi Soekarno dan tempat disemayamkannya Bung Karno sebelum dikebumikan di Blitar, Jawa Timur. Museum ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu dengan adanya 74 diorama yang menggambarkan peranan TNI dalam membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain itu, Museum Satria Mandala menyimpan banyak benda sajarah lainnya seperti dokumen, peta operasi, dan benda-benda relik lainnya. fasilitas yang tersedia di sini pun cukup lengkap seperti ada taman bacaan anak, kios cendramata, kantin, serta gedung serbaguna yang mampu menampung 600 kursi untuk berbagai acara.

Jam Buka : 09.00-14.30

Harga Tiket : Rp2.500

Lokasi : Jl. Gatot Subroto No.14, RT.6/RW.1, Kuningan Bar., Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Museum Fatahilah Jakarta

Jika anda mengunjungi kota tua Jakarta, jangan lupa untuk menyempatkan mampir ke Museum Fatahilah. Museum ini terkenal dengan bangunannya yang masih tua dengan nuansa bangunan belanda yang belum berubah hingga sekarang. Jika anda berkunjung kesini, ada banyak spot yang bisa anda nikmati sembari belajar sejarah. Museum Fatahilah ini terdiri dari tiga lantai, yang di dalamnya terdapat 23.500 benda bersejarah yang bisa anda lihat di sini. Selain itu, museum ini memiliki ruang bawah tanah. Ruang bawah tanah menjadi ruang yang tak kalah penting, anda bisa melihat penjara bawah tanah tempat para tahanan yang melawan belanda.

Jam Buka : 09.00-15.00

Harga Tiket : Mulai Rp10.000

Lokasi : Jl. Taman Fatahillah No. 1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

Museum Bank Indonesia

Di Museum Bank Indonesia, anda bisa melakukan liburan sambil belajar sejrah. Berbagai benda dan dokumen yang ada di Museum ini bisa mengedukasi para generasi penurus bangsa. Anda juga bisa melihat koleksi-koleksi mata uang rupiah dari tahun ke tahun. Selain itu, di Museum ini juga terdapat diorama yang menceritakan perekonomian Indonesia.

Jam Buka : 08.00-15.30

Harga Tiket : Mulai Rp10.000

Lokasi : Jalan Lada 3, RT.3/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Museum Gajah

Tempat bersejarah Jakarta yang satu ini memiliki nama lain Museum Nasional Indonesia. Dinamakan museum Gajah karena terdapat sebuah patung gajah dari perunggu hadiah dari Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand yang pernah berkunjung ke museum ini pada tahun 1871. Di Museum anda bisa melihat koleksi-koleksi benda bersejarah yang unik dan menarik. Terdapat sekitar 140.000 benda mulai dari Arkeologi, Etnografi, Geografi, Keramik, Numesmatik dan Heladrik, Prasejarah dan Sejarah.

Jam Buka : 08.00-16.00 (Selasa-Jumat) dan 08.00-17.00 (Sabtu-Minggu)

Harga Tiket : Mulai Rp2.000

Lokasi : Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Kota Jakarta Pusat

 

Itu tadi sekilas tentang beberapa tempat bersejarah Jakarta yang bisa menjadi referensi buat liburan anda. Jangan lupa untuk mempersiapkan dengan baik rencana liburan anda agar berkesan dan menyenangkan. Liburan bersama Andara Bus bisa menjadi solusi terbaik, buat anda yang tidak ingin ribet untuk menyiapkan berbagai keperluan liburan. Andara Bus merupakan saah satu agen penyedia jasa sewa bus pariwisata jakarta terbaik dan terpercaya. Segala kebutuhan transportasi bisa anda temukan di Andara Bus. Mulai dari Big Bus, Medium Bus, Hiace, Elf, mercy sprinter, dan armada lainnya. Andara Bus telah berpengalaman dalam melakukan perjalanan wisata, bisnis, kunjungan industri, dan event-event penting lainnya. Harganya pun sangat terjangkau dan kompetitif. Anda bisa membandingkannya sendiri dengan sewa transportasi lainnya di daerah jabodetabek. Meskipun harganya ramah di kantong, Fasilitas dan layanan yang Andara Bus tawarkan pun sangat berkuaitas. Segera hubungi kami Andara Bus untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan