Destinasi Wisata Wali Songo

Wisata religi merupakan suatu kegiatan mengunjungi satu tempat bersejarah dalam perkembangan agama islam di Pulau Jawa. Kegiatan ini dapat berupa mengunjungi situs sejarah maupun makan para wali dan alim ulama. Salah satu wisata religi yang banyak dilakukan oleh masyrakat indonesia yaitu wisata Wali Songo. Wali Songo meruapan tokoh yang berperan penting dalam penyebaran agama islam di Pulau Jawa. Kata “wali” sendiri berarti orang yang dipercaya, sedangkan “Songo” diambil dari bahasa jawa yang berarti sembilan. Maka dari itu, tak heran jika banyak masyarakat yang berbondong-bondong untuk mengunjungi makam para wali yang telah berjasa tersebut. Berikut akan kami rangkum destinasi wisata Wali Songo dalam ulasan berikut.

Makam Sunan Ampel

Sunan Ampel yang memiliki nama asli Raden Rahmat merupakan salah satu Wali Songo yang telah berjasa dalam persebaran agama islan di Surabaya. Makam sunan Ampel ini dibangun dengan menggunakan gaya model eropa. Jika kamu berkunjung ke makam Sunan Ampel jangan lewatkan untuk mampir ke pecinan Kya Kya Kembang Jepun dan Kampung Arab Jawa Timur. Lokasi makam Sunan Ampel berada di Jalan Petukangan I, Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya.

Makam Sunan Giri dan Sunan Gresik

Selanjutnya makam Wali Songo yang berada di Gresik, yaitu adan Sunan Giri dan Sunan Gresik. Sunan gresik menjadi sunan yang paling tua. Makam Sunan Gresik berlokasi di Desa Gapuro Sukolilo, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik. Sedangkan Sunan Giri merupakan murid dari Sunan Ampel. Makam Sunan Giri ini dekat dengan makam Sunan Gresik yaitu berada di Desa Giri, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

Makam Sunan Drajat

Salah satu makam Wali Songo yang memiliki museum yaitu Suanan Drajat. Sunan Drajat merupakan salah satu dari Wali Songo yang menyebarkan siar agama islam di Pulau Jawa. Lokasi makam Sunan Drajat ini berada di sebuah bukit dengan pepohonan yang rindang. Berada di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Bangunan makam Sunan Drajat ini terlihat seperti candi dari kejauhan. Terbuat dari andesit makan Sunan Drajat ini memliki bentuk yang khas. Di sekitar makam Sunan Drajat anda akan menemukan makam-makam kuno, di antara makam-makam kuno itulah biasanya pengunjung dapat bersila untuk memanjatkan doa. Anda juga bisa mengunjungi Meseum Sunan Drajat yang berada tidak jauh dari sekitar komplek.

Makam Sunan Bonang

Sunan yang terkenal dengan tembang “Tombo Ati “ disemayamkan di jl. K.H. Mustain, Kutorejo, Kec. Tuban, Kab. Tuban, Jawa timur. Lokasi Makam Sunan Bonang ini tidak jauh dari Masjid Agung Tuban dan alun-alun Kota Tuban. Makam Sunan Bonang memiliki banyak bangunan-bangunan peninggalan sejarah, salah satunya yaitu tiga gapura. Ketika anda menapaki jalan menuju makan Sunan Bonang anda akan melewati tiga gapura ini. Gapura ini merupakan saksi sejarah persebaran islam di Pulau Jawa. Cungkup Sunan Bonang ini terletak pada tanah yang lebih rendah. Terdapat sebuah tangga kecil yang terbuat dari kayau jati untuk menuju ke dalam Makam Sunan Bonang. Di sekitar area makam anda akan menumakan bale-bale atau pendopo yaitu ada pendopo paseban, pendopo rante, dan pendoo tajuk.

Makam Sunan Kudus

Sunan Kudus merupakan salah satu Wali Songo yang berjasa dalam penyebaran agama islam di Pulau Jawa  khusunya di Kudus. Makam Sunan kudus ini berada di Menara Masjid Kudus. Menara Masjid yang menjadi tempat peristirahatn terakhir wali Allah ini sangat indah dan menarik. Dengan dibalut dengan ornamen-ornamen dan arsitektur yang masih kental dengan agama hindu. Maka tak heran juka makam Sunan Kudus ini menjadi bukti kulturasi agama hindu dan islam. Lokasi makam Sunan Kudus ini berada di Jl. Menara, pejaten, Kuman, Kec. Kota Kudus, Kab. Kudus.

Makam Sunan Kalijaga

Berada 2 km dari kota Demak, Makam Sunan Kalijaga ini berada di Masjid Kadilangu. Beralamtkan di Desa Kadilangu, Kecamatan Demak Kota, Kabupaten Demak Jawa Tengah. Makam Sunan Kalijaga ini berada di dalam komples masjid Kadilangu. Bangunan dan masjid Kadilangu memiliki ciri khas bangunan pada masa itu. Memiliki bentuk joglo dengah atap tumpang 3 seperti masid-masjid kuno.

Makam Sunan Muria

Sunan Muria disemayamkan di Gunung Muria tepatnya di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Anda harus menpaki gunung tersebut untuk berziarah ke makam Sunan Muria ini. Walau begitu makam Sunan Muria ini memiliki pesona alam yang indah yang bisa anda nikmati sembari berziarah. Pemandangan alam di sekitar gunung ini menjadi daya tarik tersendiri dari Makam Sunan Muria.

Makam Sunan Gunung Jati

Yang terakhir yaitu ada makam Sunan Gunung Jati. Makam Sunan Gunung Jati ini terletak di antara Gunung Sembung dan  Bukit Gunung Jati. Desain arsitektur makan Sunan Gunung Jati ini sangat kental dengan budaya Tionghoanya. Dengan keramik yang cantik bertebaran di tembok pendopo, tangga, dan dinding.

Bagi Anda dan rombongan yang ingin mengunjungi sekaligus berziarah ke makam Wali Songo bisa menggunakan jasa sewa bus pariwisata Jakarta. Sewa bus pariwisata Jakarta dari Andara Bus telah berpengalaman dalam melakukan perjalanan wisata religi khusunya ziarah Wali Songo. Dengan menggunakan jasa dari Andara Bus, anda tidak perlu pusing dan ribet untuk menyiapkan segala keperluan wisata Wali Songo anda. Cukup hubungi kami Andara Bus, kami siap melayani segala kebutuhan perjalanan anda.

Tinggalkan Balasan