Curug Sawer

Wisata Curug Sawer Sukabumi

Salah satu kota di provinsi Jawa Barat, yang memiliki luas daerah paling kecil yaitu Sukabumi. Meskipun begitu, Sukabumi menyimpan segudang potensi wisata yang begitu mengagumkan. Salah satunya yaitu keindahan Wisata Curug Sawer Sukabumi yang ada di Kadudampit.

Ingin tahu pesona wisata yang ditawarkan air terjun tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Mengulas Daya Tarik Curug Sawer Sukabumi

Wisata Curug Sawer terletak di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Sehingga keberadaan Curug Sawer ini selalu dikaitkan dengan TNGGP (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango). Kawasan Gunung Gede Pangrango menjadi tempat favorit para pendaki, yang telah ditetapkan sebagai taman nasional sejak 1980.

Berada di TNGGP yang terhampar luas di wilayah seluas kurang lebih 21.975 hektar, yang terbentang sejauh 3 kabupaten yaitu Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Taman nasional ini telah tercatat memiliki 870 spesies tumbuhan berbunga, 250 lebih spesies burung, dan juga 100 jenis mamalia. TNGGP juga menjadi tempat tinggal berbagai jenis hewan langka seperti owa jawa, macan tutul, lutung surili, elang jawa, dan masih banyak lagi lainnya. Taman ini memiliki banyak sekali keanekaragaman hayati di dalamnya. Oleh karenanya, tak heran jika Wisata Curug Sawer Sukabumi sendiri memiliki suasana alam yang sangat asri dan sejuk serta terjaga kealamiannya.

Sebelum menjadi tempat wisata populer, dulunya Curug Sawer banyak yang menggunakannya sebagai tempat ritual mistis. Selain itu, juga banyak juga yang menyebarkan kisah kisah berhantu mengenai tempat tersebut. Sehingga, dulu warga sekitar pun hanya berani melakukan aktivitas di Curug ini jika dalam keadaan terpaksa saja.

Legenda yang terkenal dari Curug ini bermula dari seseorang sakti yang tinggal di kaki Gunung Ciremai. Orang sakti dulunya sering mengadakan upacara saweran di sekitar Sungai Cipada, yang bertujuan mencari berkah untuk dirinya sendiri dan keturunannya kelak. Dari kebiasaan inilah nama Curug Sawer tercetus. Selain itu, dia juga bertapa di daerah sekitar air terjun hingga menutup usia.

Namun adanya legenda yang beredar di masyaraka ini berbeda dengan penuturan dari pihak TNGGP. Menurut TNGGP nama Curug Sawer ini berasal karena aliran air terjun yang sangat deras. Sehingga, cipratan airnya menyawer setiap pengunjung yang datang. Terlepas dari mana asal muasalah Curug Sawer, banyak wisatawan yang tetap berkunjung kesini karena keindahan daerah tersebut.

Aktivitas yang Menarik yang Bisa Dilakukan di Curug Sawer

Melihat Keindahan Alam Curug

Objek wisata alam tentunya menikmati keindahan panoramaalam sekitar menjadi tujuan utama wisatawan. Terletak di ketinggian Curug Sawer ini mempunyai udara yang sangat sejuk dan asri. Terlebih dikelilingi oleh kawasan hutan rimbun yang masih sangat terjaga kealamiannya.

Hal tersebut yang membuat suasana di Curug Sawer menjadi sangat teduh dan damai. Destinasi ini sangat cocok buat Anda yang ingin rehat sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. Jauhnya perjalanan dari pusat kota pun akan terbayarkan oleh pesona alam Curug Sawer.

Memancing Ikan

Aliran sungainya yang sangat jernih dan bersih, sehingga banyak dihuni oleh ikan ikan yang hidup di sana. Sehingga, tak jarang banyak pengunjung yang sengaja kemari untuk memancing ikan. Tentunya jika igin memancing, Anda tidak boleh ketinggalan membawa seperangkat alat pancing ketika ke sini.

Bermain Air

Tentunya aktivitas yang paling menyenangkan ketika berkunjung ke curug yaitu bermain air. Curahan air terjun yang mengalir dari ketinggian kurang lebih 35 meter tersebut, memiliki kolam alami dengan kedalam lebih dari 10 meter. Meskipun airnya begitu jernih dan segar, pengunjung tidak boleh berenang atau mandi tepat di bawah aliran air terjun ini.

Namun tak perlu khawatir, Anda masih bisa bermain main air di tepi air terjun yang tak kalah menyenangkan. Curahan airnya yang deras akan membuat Anda yang berada di tepi pun cukup basah. Besarnya curahan air dari Curug Sawer ini berasal dari mata air Gunung Gede serta Gunung Gemuruh. Sehingga di musim kemarau sekalipun, debit air dari curug ini tidak pernah berkurang.

Berburu Foto Estetik

Dengan keindahan yang dimilikinya, banyak pengunjung yang datang sembari mengabadikan momen di Curug Sawer ini. Tempat foto ini banyak diincar oleh fotografer karena pemandangannya yang estetik. Tak heran jika tempat ini begitu populer di kalangan wisatawan.

Lokasi, Tiket Masuk, dan Jam Operasional Curug Sawer

Alamat Curug Sawer berada di Kampung Cijagung, Desa Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat. Dari pusat kota, anda bisa menempuh perjaanan sekitar 15 kilometer.

Harga tiket masuk untuk menikmati keindahan Curug Sawer cukup murah meriah, yaitu 15 ribu rupiah saja per orangnya. Selain itu, anda juga harus membayar biaya parkir di luar dari ongkos tiket masuk tersebut yaitu sebesar 2 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu rupiah untuk mobil.

Jalan-jalan keliling Sukabumi bersama Sewa Bus Pariwisata Jakarta bisa menjadi alternatif buat anda yang ingin berlibur dengan mudah. Sewa Bus Pariwisata Jakarta dari Andara Bus akan mengantarkan kemana saja tujuan berwisata anda. Percayakan kebutuhan transportasi anda bersama kami di Andara Bus untuk perjalanan wisata anda yang berkesan dan mneyenangkan.

Scroll to Top
Chat Admin Disini