wisata gunung burangrang

Wisata Gunung Burangrang Jawa Barat

Meskipun nama Gunung Burangrang terdengar asing di telinga kita, ternyata gunung ini menyimpan segudang misteri dan keindahan alam. Di balik banyaknya destinasi wisata yang tersebar di Jawa Barat, Wisata Gunung Burangrang juga memiliki panorama alam yang tak kalah memikat.

Bagi para pendaki Gunung Burangrang wajib untuk ditaklukkan. Puncak Gunung ini menawarkan pesona keindahan kota Bandung dan Purwakarta.

Gunung yang berasal dari letusan Gunung Sunda Purba ini kini mengelilingi kota Bandung dan berada di perbatasan antara kota Subang dan Purwakarta.

Penasaran dengan daya tarik yang tersimpan di Wisata Gunung Burangrang? Mari kita ulas dalam artikel berikut ini.

Sejarah Gunung Burangrang

Asal mula terbentuknya Gunung Burangrang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Gunung yang terbentuk dari letusan Gunung Sunda Purba pada berjuta-juta tahun silam. Tak hanya menjadi Gunung Burangrang saja, letusan ini juga diyakini menjadi Gunung Tangkuban Gunung Manglayang, Situ Lembang, blok Pulosari, Gunung Patuha, Gunung Malabar, dan gunung lainnya.

Ranting Pohon dan Legenda Sangkuriang

Berbicara mengenai Wisata Gunung Burangrang pastinya tidak terlepas dari legenda yang diyakini masyarakat sekitar. Tempat ini sangat erat kaitannya dengan legenda Sangkuriang. Konon Sangkuriang seorang pemuda sakti yang terpisah dari ibunya saat kecil dan kembali bertemu. Sangkuriang terobsesi untuk menikahi ibu kandungnya sendiri karena terpikat dengan kecantikan sang ibu yang membuatnya tidak percaya bahwa wanita tersebut adanya Dayang Sumbi ibunya sendiri.

Dayang Sumbi akhirnya memiliki rencana untuk menggagalkan keinginan putranya dengan membuat permintaan dibuatkan perahu dalam satu malam. Untuk menggagalkan keinginan Sangkuriang, akhirnya Dayang Sumbi menggunakan trik yang membuat rencana Sangkuriang gagal. Akhirnya Sangkuriang menendang perahu yang dibuatnya karena merasa marah.  Perahu tersebutlah yang saat ini kita anggap sebagai asal mula Gunung Tangkuban Perahu. Lalu apa kaitannya dengan gunung Burangrang ini? Konon menurut legenda, sisa ranting dan juga kayu untuk membuat perahu tersebut menjadi gunung yang saat ini disebut Gunung Burangrang.

Curug Cijalu dan Curug Putri

Tak hanya menawarkan pemandangan yang indah, Gunung Burangrang juga menyimpan destinasi wisata lainnya seperti Curug Cibereum dan Curug Putri. Curug yang tersimpan di balik indahnya Gunung Burangrang ini tak kalah menarik untuk anda kunjungi. Kedua Curug ini dipercaya warga setempat sebagai tempat bertapa orang-orang sakti. Untuk bisa menikmati pesona Curug Cijalu anda perlu menempuh perjalanan hingga ketinggian 1.300 meter di atas permukaan air laut. Sedangkan untuk Curug putri letaknya lebih rendah dari Curug Cijalu.

Spot Favorit Menikmati Keindahan Alam Kota Bandung

Kota Bandung menjadi salah satu kota yang bisa dinikmati dari mana saja. Mulai dari ramainya kota hingga dilihat dari ketinggian. Salah satu tempat terbaik untuk bisa menikmati kota Bandung dari ketinggian yaitu Gunung Burangrang. Yang tak kalah menakjubkan anda bisa melihat sisi keindahan Gunung Tangkuban Perahu yang tersembunyi di balik perbukitan. Dengan hamparan perkebunan teh yang menyelimuti perbukitan melengkapi keindahan alam Gunung ini.

Pesona Bukit Senyum

Sesuai dengan namanya Bukit Senyum ini bisa menghipnotis siapa saja yang melihatnya bakal tersenyum akan keindahan pemandangannya. Bukit Senyum menyajikan pemandangan indah Paris Van Java dari ketinggian.

Bukit yang berada di lereng Burangrang ini berhasil membuat wisatawan tersenyum saat melihat keindahan alam yang tersaji. Jadi tak heran jika bukit ini memiliki sebutan Bukit Senyum. Sebutan ini berawal dari celetukkan para pendaki yang menjadi populer di telinga wisatawan hingga sekarang.

Kegiatan Menarik Yang Bisa Dilakukan

Gunung Burangrang menjadi tempat yang sangat pas untuk melakukan berbagai macam aktivitas seperti mendaki, camping, hingga hunting foto.

Mendaki ke Puncak

Gunung memang tidak terlepas dari yang namanya Pendaki. Mendaki menjadi kegiatan yang asik dan menarik untuk dilakukan. Saat mendaki anda akan melihat pemandangan alam yang indah tak hanya dari lerengnya saja, melainkan langsung dari puncaknya. Pemandangan yang tak kalah indah dan menakjubkan sebanding dengan peluh kesah saat mendaki gunung ini.

Hunting Foto

Rasanya seperti ada yang kurang jika belum mengabadikan momen saat berkunjung ke suatu tempat. Berburu foto dengan backgroud pemandangan alam langsung memang sangatlah epik. Gunung Burangrang menjadi tempat yang pas buat anda hunting foto. Memiliki banyak spot foto yang populer dan instagramable yang banyak di buru oleh wisatawan.

Camping

Gunung Burangrang menjadi spot yang pas untuk menikmati sunset dan sunrise. Anda bisa melakukam camping di gunung ini untuk menikmati momen tersebut. Pastikan anda camping di waktu yang tepat, supaya lebih aman dan menyenangkan.

Lokasi dan Rute Pendakian

Gunung Burangrang terletak di Desa Kertawangi, Cisarua-Lembang, yang berada di antara Cimahi dan Purwakarta. Anda bisa dengan mudah mencarinya melalui google maps.

Menjadi salah satu Gunung Favorit para pendaki, Burangrang memiliki 3 rute pendakian yaitu via legok haji, via pangheotan, dan jalur kopassus. Dari masing-masing rute ini memiliki keistemewaan sendiri-sendiri.

Buat anda para traveler yang ingin mengeksplor Bandung dan sekitarnya anda bisa menggunakan jasa Sewa Bus Pariwisata Jakarta. Segala macam transportasi yang anda butuhkan tersedia di Sewa Bus Pariwisata Jakarta Andara Bus.

 

Scroll to Top
Chat Admin Disini