kampung jawi

Wisata Kuliner Kampung Jawi, Nostalgia Semarang Tempo Dulu

Ingin berwisata namun bosan dengan kegiatan wisata yang itu-itu saja? Berwisata kini tidak perlu merogoh kocek mahal loh, ingin tahu dimana wisata yang murah dan tidak membosankan? Yuk, berwisata di Kampung Jawi Semarang bersama Sewa Bus Jakarta! Simak informasi lengkap tentang Kampung Jawi Semarang berikut ini!

Tentang Kampung Jawi Semarang

Pada dasarnya wisata Kampung Jawi ini merupakan sebuah wisata budaya yang menyakin berbagai kuliner khas Jawa. Beberapa inovasi yang ada disini ialah seperti angkringan yang ada di pinggir kali dengan nuansa pemandangan yang alami dan menyenangkan. Anda bisa menikmati kuliner Semarang tempo dulu dengan suasana yang indah dan pedesaan yang asri bersama teman, saudara ataupun keluarga.

Sejarah Kampung Jawi

Keberadaan wisata Kampung jawi ini dimulai dengan adanya angkringan kuliner berukuran kecil yang sebenarnya ditujukan kepada masyarakat sekitar. Tampilannya yang sederhana yaitu menggunakan bangunan bamboo dan kayu membuat suasananya berbeda dengan tempat makan lainnya. Hal ini membuat banyak orang merasa tertarik untuk berkunjung kesini.

Nuansa kota Semarang jaman dulu memang benar-benar disuguhkan dengan sangat nyata di lokasi ini. Berbagai macam kegiatan atau aktifitas yang ada disini juga disesuaikan dengan kegiatan dulu. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya penjual yang menggunakan pakaian adat jawa seperti batik, udeng atau ikat kepala dan jarik. Selain penampilan si penjual, lokasi ini juga tidak menggunakan lampu melainkan obor dan lampu teplok. Wah, sangat menarik bukan?

Keunikan Kampung Jawi

1.    Kota Semarang Tempo Dulu

Keunikan pertama yang bisa anda rasakan ketika berkunjung ke lokasi ini adalah anda bisa bernostalgia dengan kota Semarang tempo dulu. Lokasi wisata yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan membuat anda yang berada di kota bisa melepaskan penat ketika berada di wisata ini. Nuansa jaman dulu sangat terasa di lokasi ini dan pasti bisa membuat lelah anda berkurang. Anda juga bisa menikmati berbagai kuliner dan hidangan tempo dulu yang mungkin sudah sangat sulit kita temukan di daerah perkotaan. Bagi anda yang suka berfoto, tentu tempat ini bisa menjadi latar foto klasik yang sangat indah untuk anda.

2.    Adanya Alat Tukar Kepeng

Hal yang berbeda saat anda berkunjung ke tempat wisata lainnya akan anda rasakan di wisata kuliner Kampung Jawi ini. Anda bisa merasakan bagaimana kegiatan ekonomi yang ada pada masa kerajaan Majapahit dulu. Mengapa demikian? Karena ditempat ini anda perlu menukarkan uang rupiah anda dengan alat tukar kepeng. Untuk membeli makanan dan sajian yang ada disini, anda perlu menggunakan alat tukar kepeng tersebut.

Jika anda terlanjur menukarkan uang rupiah anda dengan alat tukar kepeng dalam jumlah yang banyak, anda bisa menjualnya kembali ketika alat tukar kepeng anda sisa sebelum pulang. Untuk 1 kepeng, anda bisa menukarnya dengan Rp. 3.000. Anda bisa mendapatkan makanan yang cukup banyak dan mengenyangkan hanya dengan 4 hingga 5 kepeng saja.

3.    Pageleran Seni

Selain keindahan lokasi serta kegiatan ekonomi yang unik, anda juga bisa menikmati pagelaran seni yang sering di adakan di Kampung Jawi Semarang ini. Berbagai pagelaran yang ada di lokasi ini ialah seperi sendratari, wayang orang, music, puisi, ketoprak dan lain sebagainya. Bagi anda yang sedang belajar bahasa Jawa, tentu tempat wisata ini akan sangat cocok dengan anda.

Lokasi Kampung Bambu Sukorejo dan Jam Buka

Kampung Jawi atau Kampung Bambu Sukorejo ini berlokasi di kota Semarang yaitu di Jalan Kalialang Lama, Kelurahan Sukorejo, Rt 02, Rw 01, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Agar lebih mudah, anda bisa memanfaatkan Google Maps untuk menemukan tempat ini. Wisata Kampung Jawi ini mulai buka dari jam 17.00 WIB hingga 22.00 WIB

Apa Saja Menu Tradisional di Kampung Jawi?

Seperti namanya yaitu Kampung Jawi, maka seluruh sajian dan makanan yang ada di sini akan di dominasi oleh makanan tradisional. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan tradisional yang ada di Kampung Jawi:

  1. Pecel: Nasi yang di suguhkan dengan berbagai macam sayuran dengan perpaduan sambal kacang dan tempe goreng, sate keong ataupun kerupuk.
  2. Sego Megono: Makanan berupa nasi yang dipadu-padankan dengan nangka muda cincang, kelapa parut serta kecombrang. Anda juga bisa menambahkan dengan cumi hitam atau srimping goreng dan tempe.
  3. Sego Koyor: Nasi yang di makan menggunakan lauk berupa urat sapi. Akan semakin nikmat jika menggunakan lauk pelengkap yaitu tempe tepung atau tempe gimbal.
  4. Kupat Tahu: Makanan dengan cita rasa pedas manis yang berisi lontong kupat, sayur dan perpaduan sambal kacang.
  5. Wedang Uwuh: Menu minuman tradisional yang berisi berbagai macam rempah-rempah seperti jahe, secang, kunyit hingga penggunaan gula batu. Minuman ini terkenal sebagai minuman yang menyehatkan.
  6. Es Legen: Minuman dengan bahan utama yaitu buah legen yang mirip dengan kelapa. Memiliki cita rasa manis dan segar seketika.
  7. Es Temulawak: Minuman tradisional berbahan utama temulawak dengan sedikit agram dan gula jawa.

Itulah informasi mengenai wisata Kampung Jawi Semarang mulai dari sejarah hingga menu kuliner yang tersedia yang bisa kami berikan. Bagi anda yang ingin mengunjungi wisata tersebut, anda bisa menggunakan layanan Sewa Bus Jakarta. Yuk, simak artikel kami lainnya hanya di Andarabus.com.

 

Scroll to Top
Chat Admin Disini