15 Makanan Kuliner Khas Jogja yang Menggugah Selera

15 Makanan Kuliner Khas Jogja yang Menggugah Selera

Makanan Kuliner Khas Jogja. Yogyakarta dianggap sebagai jiwa Indonesia yang tetap independen dan bebas dari segala adat yang dipaksakan.

Jika kamu ingin melakukan wisata keliling kuliner khas Jogja, maka wajib banget untuk menyewa layanan sewa bus dan sewa hiace Andarabus yang super mewah, namun harga tetap murah!

Tempat ini menampilkan perpaduan kontemporer antara arsitektur modern dan tradisi kuno. Sementara kota ini mempertahankan keindahan keajaiban sejarahnya, ada sesuatu yang lebih dari sekadar arsitektur kuno.

Dalam beberapa tahun terakhir, kota ini telah muncul sebagai kota yang memiliki daftar panjang restoran mewah danb instagramable .

Mulai dari jajanan pinggir jalan sampai restoran-restoran fancy di Yogyakarta ada di setiap sudut jalan, siap memuaskan lidah kamu dengan rasa terbaik

15 Wisata Kuliner Khas Jogja Wajib Visit

Selain menjadi pintu gerbang ke Borobudur, salah satu dari tujuh keajaiban dunia, Yogyakarta juga menjadi pintu gerbang ke jelajah makanan lezat dan restoran yang menggoda selera!

Makanan Indonesia selalu terbaik! tapi kalau kamu ke Yogyakarta, kamu akan setuju kalau makanan di Yogyakarta itu luar biasa.

Mudah sekali untuk melakukan wisata kuline khas Jogja karena berbagai warung makan pinggir jalan atau restoran murah ada di mana-mana. Berikut 15 rekomendasi wisata kulines khas Jogja!

Baca juga: 8 Restoran di Jogja yang Memiliki Menu Beragam

1. House of Raminten

Lokasi: Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Ngerasa kayak lagi berkunjung ke rumah orang lokal saat mau makan di House Of Raminten. Ini salah satu restoran terbaik di Yogyakarta yang bangga dengan budaya Indonesia.

Tempatnya ngasih vibe rumahan buat para pengunjung dengan interiornya yang khas Jawa.

Selain itu, ada musik gamelan dan sajian resep tradisional yang lengkapin pengalaman budayanya. Dan yang paling oke, kamu bisa cobain rasa-rasanya dalam porsi kecil dengan harga yang sangat terjangkau.

2. Canting Restaurant

Lokasi: Galeria Mall Rooftop Jalan Jendral Sudirman, Yogyakarta, Indonesia
Jam Operasional:

Senin – Kamis:17:00 – 23:00

Jumat – Sabtu: 11:00 – 23:00

Mingu: 11:00 – 11:00

Nikmatin sisi perkotaan Yogyakarta dari atap bistro ini yang masuk ke dalam jajaran restoran terbaik di Yogyakarta. Mulai dari saat masuk ke kafe, interiornya langsung bikin kagum.

Dengan desain yang elegan dan modern, tempat ini bener-bener bikin hati adem. Dan bukan cuma tempat duduknya yang bikin penasaran, ada juga berbagai macam makanan internasional yang jadi santapan luar biasa buat dinikmati. Ditambah lagi ada daftar minuman yang bisa nambahin pengalaman luar biasa buat para pengunjung.

3. Bakmi Gandhok

Nggak gampang buat milih tempat bakmi jawa, saking banyaknya pilihan tempat yang bisa dikunjungi!

Tapi, yang ini wajib dicoba. Lokasinya di area Kraton, tempat ini selalu penuh dengan pelanggan. Lebih baik datang lebih awal (sekitar jam empat atau lima) untuk pastikan kamu dapet tempat duduk.

Apa yang bikin makanannya istimewa? Pertama, mereka punya beragam menu (godhog, goreng, nyemek, rica-rica, nasi goreng, magelangan, tape susu, wedang jahe.

Kedua, mie-nya sendiri segar, nggak terlalu tebal dan kenyal, dan rasanya seimbang dan enak. Mungkin orang punya preferensi yang berbeda soal bakmi jawa, tapi menurutku aman bawa orang (yang mungkin belum familiar dengan itu) ke sini.

4. Bakmi Jawa dan Nasi Goreng Bu Yoyok

Bakmi Jawa dan Nasi Goreng adalah dua hidangan pokok dalam masakan Indonesia.

Meskipun kamu bisa menemukan dua hidangan ini di hampir semua tempat di Yogyakarta, aku menemukan angkringan dengan rasa terenak – Bu Yoyok!

Dia nggak ada di Google Maps, tapi kamu bisa temuin dia di sini. Di pagi hari tempat ini jual soto ayam, tapi nenek Yoyok favoritku mulai masak sekitar jam 16:00.

Baca juga: 13 Oleh-oleh Khas Jogja Selain Bakpia

5. Jajanan di Alun-alun Kidul

Alun-alun Kidul, atau biasa disebut Alkid, emang tempat terbaik buat cobain semua jajanan khas Indonesia.

Orang Indonesia punya pepatah, kalau tidak ada nasi, tidak makan. Semua yang nggak ada nasi atau mie dianggap cemilan. Atau dalam bahasa Indonesia – jajanan.

Orang-orang Jogja suka ke Alun-alun buat ngambil cemilan cepat sebelum makan malam atau sekadar nikmatin beberapa cemilan yang bisa dianggap makan malam.

Beberapa rekomendasi cemilan di Alun-alun Kidul, seperti cimol, Cumi Bakar, Gurita Bakar. sosis dan jagung bakar. Bahkan pedagang-pedagang ini suka bikin pertunjukan sambil joget-joget loh!

6. Pawon Gudeg

Gudeg adalah makanan wajib yang harus kamu coba jika kamu berlibur ke Jogja. Salah satu gudeg unik adalah Gudeg Pawon yang terletak di Jalan Janturan, Desa Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Dinamai Pawon karena pembeli bebas memilih menu dan mengambilnya langsung dari dapur tempat gudeg lezat ini dibuat. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 13.000 hingga Rp 40.000 per porsi.

7. Oseng Mercon Bu Narti

Oseng mercon adalah makanan khas Yogyakarta selain Gudeg. Jika gudeg identik dengan rasa manis dan gurih, kuliner ini cenderung dominan manis pedas.

Nah, Oseng Mercon Bu Narti ini salah satu favorit banyak orang. Khususnya bagi pecinta pedas pasti ketagihan setelah mencobanya, dan pasti bikin kamu nggak bisa berhenti makan. Satu porsi dijual dengan harga Rp 15.000 saja.

Baca juga: 8 Gudeg Terenak di Jogja, Kamu Wajib Coba

8. Sate Klatak

Sate spesial yang merupakan makanan khas Kabupaten Bantul adalah sate kambing muda yang dimasak dengan cara khusus. Sate klatak biasanya disajikan dengan saus kari.

Nama Klatak sendiri berasal dari suara “klatak-klatak” saat dipanggang di atas bara arang. Sate ini memang memiliki rasa yang lezat dan gurih. Namun, sebenarnya tidak membutuhkan banyak bumbu dalam pengolahannya.

Yang kamu butuhkan hanya ketumbar, garam, dan juga merica. Sebelum ditusuk, sate ini diknead sampai bumbu-bumbunya meresap sempurna. Sate klathak dijual dengan harga Rp 22.000 per porsi.

9. Mangut Lele Mbah Marto

Murah tapi enak, begitulah gambaran untuk lele Mbah Marto. Bagi beberapa orang, mungkin tidak terlalu akrab dengan jenis kuliner ini. Nah, Resep mangut lele yang gurih di tempat ini sendiri diolah dengan cara dipanggang.

Kuliner khas Jogja ini menggunakan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, jahe, dan juga kemiri. Bumbu-bumbunya dihaluskan secara manual menggunakan cobek. Supaya, wanginya lebih harum. Harga satu porsi adalah Rp 20.000.

10. Mie Ayam Bu Tumini

Nah, Mie ayam satu ini dijamin bikin lidah kamu nggak bisa berhenti, rasanya sama aja. Mie ayam terkenal Bu Tumini dengan porsi jumbo, disajikan dengan ayam yang berlimpah bumbu, apalagi dengan tambahan ceker, pasti bikin puas dengan porsinya.

Rasa lezat dan harga yang sangat terjangkau bakal bikin kamu ketagihan dan pengen datang ke tempat ini lagi. Harga satu porsi mie ayam ini hanya Rp 10.000, beneran definisi harga penjual kaki lima berbumbu bintang lima, surga anak muda.

11. Sate Kambing dan Ayam Samirono

Sate adalah camilan tradisional di Malaysia dan Indonesia. Terdiri dari potongan daging yang juicy di tusuk sate lalu dibakar dan disajikan dengan saus kacang spesial.

Tergantung dari tempat yang menjualnya, dagingnya bisa ayam, sapi, kambing, atau babi.

Ada banyak jenis sate di Yogyakarta. Yang paling aku suka adalah Sate Kambing dan Ayam Samirono. Berlokasi dekat dengan Universitas Negeri Yogyakarta, jadi warung ini menarik banyak mahasiswa.

Harganya ramah di kantong dan restorannya buka 24 jam. Selain sate konvensional, mereka juga menyajikan Gulai, yang merupakan hidangan mirip kari yang kaya akan santan.

12. Bakmi Jawa Pak Pur Jombor

Bakmi Jawa adalah salah satu spesialitas yang tidak hanya khas untuk Yogyakarta, tapi untuk seluruh Pulau Jawa.

Pak Pur Jombor dianggap sebagai salah satu warung terbaik yang menjual Bakmi Jawa, jadi kunjungi tempat itu jika kamu ingin pengalaman Bakmi Jawa terbaik.

Dengan Rp 14.000, kamu bisa mendapatkan sepiring Bakmi Jawa Goreng. Hidangan ini cukup manis, jadi jika kamu merasa itu aneh, kamu bisa pilih Bakmi Godog, yang menurutku tidak se manis itu.

Lebihmudah punya seorang pemandu yang mengantarmu karena beberapa tempat makan sangat sulit untuk ditemukan.

13. Soto Kadipiro

Mungkin kamu sudah cukup mencoba soto di Indonesia, tapi yang ini akan menjadi yang terbaik. Restoran Soto Kadipiro begitu terkenal sehingga CNN Indonesia memberikan liputan berita yang cukup lengkap tentang toko legendaris ini.

Hanya ada satu hidangan di menu, yaitu Soto Ayam. Sup yang sangat terkenal ini mungkin terlihat sederhana dari penyajiannya, tapi setelah mencicipinya, rasanya akan membuatmu merasa bahagia. Sup yang lezat ini jujur bisa menjadi makanan favoritku.

Meskipun antrian panjang, pesanan tidak memakan waktu lama untuk datang. Soto juga disajikan dengan sepiring makanan goreng seperti ayam goreng dan tempe.

Baca juga: Pantai Pelangi Jogja: Lokasi, Daya Tarik, Jam Buka

14. Mang Engking Soragan Castle

Betul sekali! Saat berada di Yogyakarta, ada kesempatan untuk makan di dalam sebuah kastil sungguhan.

Kastil Mang Engking Soragan memberikan pengalaman istana bagi pengunjungnya di dalam kastil medieval yang megah ini. Interior tempat ini kebanyakan terang dan memberikan nuansa rumahan dalam arsitektur bergaya Jawa.

Pengunjung dapat memilih meja terbaik di dalam kastil untuk menikmati pengalaman fine-dining atau ada beberapa gazebo cantik di sepanjang kolam yang memberikan pengalaman luar biasa yang tidak boleh dilewatkan.

Restoran ini terkenal dengan berbagai hidangan laut segar bersama hidangan Indonesia lainnya.

15. Rosella Easy Dining

Orang-orang datang dari jauh dan lebar ke Yogyakarta untuk merasakan fine-dining di pedesaan. Duduk di samping sawah dan angin sejuk menyentuh wajah, Rosella Easy Dining adalah tempat yang kamu cari.

Dengan sentuhan kemewahan, restoran ini menawarkan gaya terbuka yang mencocokkan latar belakang hijau yang subur. Dan untuk menambah pengalaman, ada beberapa hidangan lezat yang disajikan dengan cara paling indah dan dekorasi romantis.

Jelajahi Wisata Kuliner Khas Jogja bersama Andarabus!

Sewa bus dan Hiace mewah dengan harga terjangkau! Armada kami terawat baik dan didukung oleh sopir berpengalaman. Cocok untuk perjalanan wisata, kunjungan sekolah, atau acara khusus. Kami juga menawarkan paket wisata kuliner khas Jogja!

Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut dan reservasi. Ayo, mulailah petualangan tak terlupakan dengan Andarabus!

  • Sewa Bus Luxury 

Harga per 1 – 7 hari menginap untuk Bus Luxury 9 – 15 seat

Rp5,0000,000 – Rp84,000,000

Harga per 7 – 11 hari menginap untuk Bus Luxury 9 – 15 seat

Rp52,500,000 – Rp132,000,000

Click for more details >>

  • Sewa Hiace Luxury

Harga per 1 – 7 hari menginap untuk Hiace 7 – 9 seat

Rp3,000,000 – Rp24,500,000

Harga per 7 – 11 hari menginap untuk Hiace 7 – 9 seat

Rp21,000,000 – Rp38,500,000

Click for more details >>

Scroll to Top
Chat Admin Disini