8 Gudeg Terenak di Jogja, Kamu Wajib Coba

8 Gudeg Terenak di Jogja, Kamu Wajib Coba

Pergi ke Jogja tapi belum mencoba gudeg tentu belum lengkap rasanya. Rekomendasi gudeg terenak di Jogja ini tidak akan mengecewakan lidah Anda. 

Gudeg merupakan makanan khas dari Jogja. Sebagai salah satu ikon kota Jogja, gudeg begitu digemari hingga menjadi oleh-oleh yang banyak dicari oleh wisatawan. 

Bahan dasar utama masakan ini yaitu gori atau nangka muda yang dimasak dan memiliki cita rasa yang manis. Biasanya, makanan ini juga dihidangkan dengan tambahan telur, ayam suwir, sambal krecek, tahu, ataupun tempe. 

Rekomendasi Gudeg Terenak di Jogja

Memiliki beragam wisata kuliner, ternyata gudeg masih menjadi kuliner yang banyak dicari ketika berkunjung ke Jogja. 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi rumah makan gudeg terenak yang bisa Anda kunjungi ketika berkunjung ke Jogja.

1. Gudeg Yu Djum

Berbicara tentang gudeg, Anda tidak bisa melewatkan gudeg yang begitu terkenal di Jogja ini. Gudeg Yu Djum merupakan gudeg yang terkenal di kalangan masyarakat lokal hingga wisatawan asing. 

Rumah makan gudeg ini terkenal akan resepnya yang turun temurun dan terkenal keasliannya. Oleh karena itu, tidak heran rumah makan ini memiliki banyak cabang yang tersebar di Jogja. 

Salah satu yang terkenal yaitu terletak di Jalan Wijilan No.167, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta. Harganya pun terjangkau berkisar antara Rp10.000-Rp45.000.

8 Gudeg Terenak di Jogja, Kamu Wajib Coba

2. Gudeg Permata Bu Narti

Rekomendasi rumah makan gudeg kedua yaitu Gudeg Permata Bu Narti. Berbeda dengan rumah makan gudeg lain yang memiliki cita rasa manis, gudeg di rumah makan ini memiliki cita rasa yang sedikit gurih. 

Mengapa dinamakan gudeg permata? Sebab lokasi rumah makan ini berada di sisi barat bekas bioskop permata yang dulunya begitu terkenal di Jogja. 

Harga gudeg di rumah makan ini juga cukup terjangkau. Hanya dengan Rp12.000-Rp50.000, Anda sudah bisa menikmati gudeg yang begitu lezat. 

Lokasi rumah makan gudeg ini berada di Jalan Gajah Mada, PurwoKinanti, Pakualaman, Gunungketur, Kota Yogyakarta.

3. Gudeg Mbarek Bu Hj. Amad

Selanjutnya ada Gudeg Mbarek Bu Hj. Amad. Salah satu ciri khas gudeg di rumah makan ini yaitu cita rasanya yang gurih dan tidak terlalu manis. 

Sayur krecek dan areh (kuah) menjadi salah satu menu favorit di rumah makan ini. 

Selain bisa dimakan di tempat, rumah makan ini juga menyediakan paket gudeg besek dan kendil yang bisa Anda jadikan oleh-oleh.

Harga gudeg di rumah makan ini berkisar antara Rp11.000-Rp250.000. Jika tertarik mencicipi gudeg ini, Anda bisa mengunjunginya di Jalan Kaliurang Km. 4,5, Blok CT3 No.5, Kocoran, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. 

gudeg terenak di jogja

4. Gudeg Pawon

Rumah makan gudeg yang tak kalah enaknya yaitu Gudeg Pawon. Di rumah makan ini, Anda akan merasakan pengalaman menyantap gudeg yang berbeda. 

Gudeg di rumah makan ini dimasak dengan menggunakan tungku kayu bakar sehingga cita rasanya pun akan tetap terjaga. 

Keunikan lain dari rumah makan ini yaitu pembeli bisa masuk langsung ke pawon atau dapur untuk mengambil gudeg. Jadi, pembeli bisa melihat secara langsung proses memasak nasi dan gudeg di rumah makan ini. 

Harga gudeg di tempat ini berkisar antara Rp11.000-Rp24.000. Lokasinya berada di Jl. Prof. DR. Soepomo Sh UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

5. Gudeg Sagan

Jika Anda ingin mencicipi gudeg basah, Gudeg Sagan bisa menjadi pilihannya. Proses memasak gudeg di rumah makan ini yaitu dengan menggunakan tungku kayu. 

Untuk harganya sendiri, gudeg di rumah makan ini berkisar antara Rp15.000-Rp30.000. Lokasinya berada di Jalan Prof. Dr. Herman Yohanes No. 53, Samirono, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. 

gudeg terenak di jogja

6. Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg selalu identik dengan cita rasanya yang manis ataupun gurih. Namun berbeda dengan gudeg milik Bu Tinah ini. 

Seperti namanya, Gudeg Mercon Bu Tinah ini memiliki cita rasa yang pedas. Gudeg ini buka pada malam hari sekitar pukul 21.00 WIB. 

Dengan harga mulai dari Rp16.000, Anda sudah bisa menikmati gudeg dengan cita rasa pedas ini.   

Lokasi gudeg ini berada di Jalan Asem Gede No. 8, Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta. 

7. Gudeg Song Dji Kyai Mojo

Selanjutnya ada juga Gudeg Song Djie Kyai Mojo. Gudeg di rumah makan ini tergolong gudeg basah dengan cita rasa yang gurih. 

Harga gudeg di rumah makan ini berkisar antara Rp13.000-Rp35.000. 

Anda bisa menemukan gudeg ini di Jalan Kyai Mojo No. 104, Bener, Tegalrejo, Kota Yogyakarta. 

8. Gudeg Bu Djuminten

Rekomendasi gudeg terakhir yaitu Gudeg Bu Djuminten. Gudeg ini merupakan salah satu legendaris di kota Jogja yang sudah berdiri sejak 1926. 

Ciri khas rumah makan ini yaitu gudeg basah dan sambal krecek serta kacang tholo yang pedas. 

Untuk harganya, gudeg di rumah makan ini dibandrol dengan harga Rp10.000-Rp200.000, tergantung paket yang dipilih. 

Lokasi gudeg ini berada di Jalan Asem Gede No.14, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta. 

Penutup

Itu dia beberapa rekomendasi rumah makan gudeg terenak di Jogja. Jangan lupa datang, ya.

Scroll to Top
Chat Admin Disini