Tiket Masuk Candi Prambanan dan Wisata Disekitarnya

Tiket Masuk Candi Prambanan dan Wisata Disekitarnya

Candi Prambanan merupakan salah satu candi peninggalan Hindu yang ada di Indonesia. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, Anda perlu membayar tiket masuk Candi Prambanan terlebih dahulu. 

Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi yang mulai dibangun sejak tahun 850 Masehi pada masa Dinasti Sanjaya oleh Rakai Pikatan. Pembangunan candi ini berlangsung hingga Raja Lokapala lalu Raja Balitung Maha Sambu. 

Candi Prambanan dibangun dengan tujuan untuk penghormatan pada Tri Murti, yaitu 3 dewa utama di dalam agama Hindu. 3 dewa tersebut terdiri dari Dewa Brahmana, Dewa Siwa, dan Dewa Wisnu. 

Komplek Candi Prambanan terdiri dari banyak candi. Di komplek candi ini terdapat 3 Candi Trimurti, 3 Candi Wahana, 2 Candi Apit, 4 Candi Kelir, 4 Candi Patok, dan 224 Candi Perwara. Candi Perwara ini dibagi menjadi 4 barisan dengan formasi dari yang terdalam yaitu 44, 52, 60, dan 68. 

Pada bagian tepi candi, Anda bisa melihat pahatan relief yang menceritakan tentang Ramayana. Pada bagian candi utama, Anda akan menemukan patung Roro Jonggrang. 

tiket masuk candi prambanan

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Tiket masuk Candi Prambanan cukup terjangkau. 

  • Untuk wisatawan lokal dewasa : Rp40.000.
  • Untuk wisatawan lokal anak-anak : Rp10.000.
  • Untuk wisatawan asing dewasa : $18.
  • Untuk wisatawan asing anak-anak : $9. 

Komplek Candi Prambanan buka pada pukul 06.00-17.00 WIB. Salah satu waktu terbaik untuk mengunjungi candi ini adalah sore hari. Selain karena cuaca yang sudah tidak terlalu panas, pemandangan matahari terbenam di candi ini sangatlah cantik. 

Selain menikmati kemegahan Candi Prambanan, Anda juga bisa menyaksikan Sendratari Ramayana yang digelar di belakang kawasan Candi Prambanan. Sendratari Ramayana ini dimulai pada pukul 19.30. 

Untuk tiketnya, Anda perlu membayar Rp125.000-Rp400.000. Cukup mahal, tetapi Anda tidak akan kecewa dengan pertunjukkan Sendratari Ramayana ini. 

Tempat Wisata di Sekitar Candi Prambanan

Selain Candi Prambanan, ada juga beberapa tempat wisata lain yang tidak jauh dari kawasan candi ini. 

Apa saja itu? Berikut adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata di sekitar Candi Prambanan.

1. Candi Sewu

Salah satu candi yang masih berada di dalam komplek Candi Prambanan yaitu Candi Sewu. Candi Sewu ini terletak di bagian paling dalam, mengarah ke utara setelah pintu masuk dari Candi Prambanan. 

Untuk mencapai candi ini, Anda memerlukan waktu selama 10-15 menit dengan berjalan kaki dari pintu masuk. Namun, pihak pengelola telah memberikan kemudahan dengan memberikan fasilitasshuttle bus bagi Anda yang membeli tiket paket. Apabila Anda tidak membeli tiket paket, Anda bisa menyewa sepeda.

Lokasi : Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.KM.16, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

tiket masuk candi prambanan dan wisata sekitarnya

2. Candi Bubrah

Selanjutnya ada Candi Bubrah. Lokasi candi ini berada di antara Candi Prambanan dan Candi Sewu.

Mengapa disebut Candi Bubrah? Sebab, saat ditemukan pertama kali, candi ini berupa reruntuhan batu candi yang berserakan dan tidak beraturan atau dalam bahasa jawa disebut ‘bubrah’. 

Reruntuhan batu candi ini mulai diperbaiki pada tahun 2016 hingga akhir tahun 2017. 

Lokasi : Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

tiket masuk candi prambanan dan candi bubrah

3. Candi Lumbung

Berikutnya ada tempat wisata Candi Lumbung. Lokasinya berada di sebelah Candi Bubrah. 

Candi Lumbung ini masih masuk dalam komplek Taman Wisata Candi Prambanan. Namun, Candi Lumbung telah masuk ke wilayah Klaten, Jawa Tengah. 

Candi Lumbung terdiri dari satu candi utama dengan corak candi Budha dan dikelilingi 16 candi kecil. 

Lokasi : Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

tiket masuk candi prambanan dan candi lumbung

4. Candi Ratu Boko

Ada juga Candi Ratu Boko yang letaknya 3 km ke arah selatan dari Candi Prambanan. Candi ini berada di atas bukit dengan ketinggian 195,97 meter di atas permukaan laut.

Di kawasan candi ini, Anda akan menemukan bangunan candi, plataran, taman, serta area khusus di sekitar candi yang berbentuk seperti kolam pemandian. Selain itu, ada juga tembok besar seperti benteng yang bisa Anda temui di kawasan candi ini. 

Lokasi : Jl. Raya Piyungan-Prambanan No.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Spot Riyadi

Ada juga wisata lain selain candi, yaitu Spot Riyadi. Lokasinya tidak jauh dari komplek Candi Prambanan. 

Di tempat ini, Anda bisa menikmati pemandangan candi dari atas bukit. Ada juga beberapa warung yang menjual makanan dan minuman. 

Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi ketika pagi atau sore hari. 

Lokasi : Jl. Candi Miri, Dawangsari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

6. Tebing Breksi

Rekomendasi tempat wisata di sekitar Candi Prambanan yang terakhir yaitu Tebing Breksi. 

Tempat wisata yang cukup populer di Jogja ini akan menyuguhkan panorama dari atas tebing yang sangat cantik. Ketika berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk mengabadikan foto sebanyak-banyaknya, ya. Ada banyak spot foto cantik yang bisa Anda coba. 

Lokasi : Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Penutup

Demikian informasi mengenai Candi Prambanan beserta tiket masuknya. Selain mengunjungi Candi Prambanan, ada beberapa kawasan wisata lain di sekitar candi ini yang bisa Anda kunjungi.

Scroll to Top
Chat Admin Disini