Wisata Maerokoco Semarang: HTM, Jam Buka, Hingga Lokasi

Wisata Maerokoco Semarang: HTM, Jam Buka, Hingga Lokasi

Ingin tahu seperti apa kota Jawa Tengah? Yuk, kunjungi wisata Maerokoco Semarang

Maerokoco Semarang merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi ketika berlibur di Semarang. Disini, Anda bisa melihat miniatur 35 kabupaten yang ada di Semarang dan mencoba beberapa wahana yang telah disediakan. Fasilitas di tempat wisata ini juga lengkap sehingga membuat para pengunjung merasa nyaman. 

Wisata Maerokoco Semarang

Maerokoco atau Grand Maerokoco dulunya disebut dengan Puri Maerokoco. Namun, setelah melalui renovasi, namanya diubah menjadi Grand Maerokoco. 

Maerokoco ini merupakan destinasi wisata di Semarang yang dibangun dengan tujuan untuk mengenalkan setiap daerah di Jawa Tengah. Tempat wisata ini menghadirkan miniatur dan ciri khas masing-masing daerah di Jawa Tengah. 

Karena konsepnya yang mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah, maka wisata Maerokoco ini juga disebut dengan Taman Mini Jawa Tengah. 

Maerokoco dibangun pada lahan seluas 23.84 hektar dan dikelilingi kolam sehingga tempat ini tampak seperti pulau. Di dalamnya, terdapat 35 miniatur bangunan khas dari tiap kabupaten di Jawa Tengah. 

wisata maerokoco semarang

Rekomendasi Kegiatan di Maerokoco Semarang

Banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Maerokoco Semarang. Mulai dari edukasi, rekreasi, hingga kuliner yang bisa Anda nikmati disini. 

1. Berkeliling Jawa Tengah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Maerokoco Semarang merupakan Taman Mini Jawa Tengah. Di tempat ini, Anda bisa menemukan berbagai miniatur yang menjadi ciri khas dari setiap kabupaten yang ada di Jawa Tengah. 

Beberapa miniatur yang bisa Anda temukan disini yaitu rumah adat, patung, atau landmark unik khas daerah. Contohnya saja, daerah Kudus yang diwakilkan dengan miniatur Masjid Menara Kudus

Ada juga beberapa daerah yang diwakilkan dengan peristiwa atau keunikan yang dimiliki. Contohnya daerah Sragen yang menjadi tempat penemuan fosil diwakilkan dengan patung gajah purba. 

Dengan berkunjung ke tempat ini, Anda akan merasa seperti berkeliling Jawa Tengah. Anda bisa mempelajari budaya, keunikan, serta ciri khas dari beberapa daerah di Jawa Tengah. 

2. Menikmati Fasilitas yang Lengkap

Maerokoco berada di kawasan Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan atau PRPP Jawa Tengah. Tidak heran, fasilitas di tempat wisata ini begitu lengkap dan unik.

Misalnya saja mushola di tempat wisata ini yang merupakan replika Masjid Agung Demak. Ada juga toilet umum yang menyerupai rumah adat Kudus. 

Selain fasilitas umum, ada beberapa fasilitas menarik lainnya. Misalnya saja pasar apung, gedung opera, museum iptek, dan istana anak Indonesia. 

3. Bermain dan Bersantai

Tak hanya memiliki fasilitas yang lengkap, Maerokoco juga ditumbuhi banyak tumbuhan sehingga tempat ini sangat cocok untuk bersantai. 

Maerokoco juga menyediakan berbagai wahana menarik yang bisa Anda coba. Misalnya saja wahana permainan air seperti perahu, sepeda air, becak air, dan waterboom. 

Selain wahana permainan air, tempat wisata ini juga menyediakan wahana flying fox dan perang paintball. Ada juga wahana di Kids Park seperti ayunan, bianglala, dan perosotan yang cocok untuk anak-anak. 

4. Berfoto

Maerokoco berisi berbagai miniatur dari daerah-daerah di Jawa Tengah. Oleh karena itu, kegiatan berfoto untuk mengabadikan miniatur-miniatur tersebut tentu tidak bisa dilewatkan. 

Selain berfoto dengan latar belakang miniatur tersebut, ada juga fasilitas foto 3D yang bisa Anda coba. 

Bagi Anda yang menyukai foto bertema alam, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan hutan mangrove. 

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan wisata Maerokoco, Anda tidak perlu membayar tiket yang sangat mahal. Meskipun demikian, Anda tidak akan kecewa dengan fasilitas dan pengalaman yang diberikan. 

Berikut adalah harga tiket masuk ke wisata Maerokoco Semarang

  • Tiket Masuk Wisatawan : Rp15.000.
  • Tiket Wahana Permainan : Mulai dari Rp5.000.
  • Parkir Motor : Rp3.000.
  • Parkir Mobil : Rp5.000

Sebagai informasi tambahan, harga di atas bisa berubah tergantung dengan pihak pengelola. 

Jam Buka

Maerokoco buka pada pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB. Salah satu waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah sore hari ketika musim kemarau.

Pada waktu itu, cuaca sudah tidak terlalu panas dan Anda tidak perlu khawatir hujan turun. Anda bisa bersantai dan menikmati pemandangan matahari terbenam di angkringan dan cafe tepi danau. 

Namun, jika Anda ingin menikmati berbagai wahana di tempat ini, ada baiknya berkunjung di pagi hari. Sehingga, Anda bisa puas bermain dan cuaca belum terlalu panas. 

Lokasi

Akses untuk menuju Maerokoco sangat mudah. Tempat wisata ini terletak 2,5 km dari Bandara Jenderal Achmad Yani Semarang. 

Untuk lebih tepatnya, lokasi Maerokoco ini berada di Jalan Puri Anjasmoro, Tawangsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. 

Agar tidak tersesat, Anda bisa menggunakan bantuan Google Maps atau menggunakan jasa biro perjalanan.

Penutup

Itu dia beberapa informasi mengenai wisata Maerokoco Semarang. Tidak hanya sebagai tempat rekreasi, tempat wisata ini juga bisa menjadi sarana edukasi. 

Scroll to Top
Chat Admin Disini