museum di semarang

6 Museum di Semarang, Wisata Ngetren Menjadi Tempat Ngedate

Bingung mau weekend sama pasangan atau keluarga dimana? Readers bisa banget pergi ke Museum, salah satunya yang ada di Semarang. Remaja sekarang nyebutnya trend museum date selain bisa berfoto ria di sana dengan spot yang unik dan menarik, readers juga bisa sambil belajar sejarah ataupun apresiasi sebuah karya. Berikut ada beberapa rekomendasi museum di Semarang yang cocok readers kunjungi loh. Yuk, simak informasi berikut!

Museum Ranggawarsita

Wisata Museum Ranggawarsita merupakan museum di Semarang terbesar dan terlengkap di Jawa Tengah yang menyajikan berbagai koleksi yang terbagi menjadi 4 lantai. Museum ini terletak cukup dekat dengan Pusat Kota Semarang tepatnya di Jalan Abdulrahman Saleh No. 1, Kalibanteng Kidul, Semarang Barat, Semarang. Lokasi ini cocok banget buat readers yang ingin belajar sejarah karna menawarkan lebih dari 50 ribu koleksi sejarah, alam, arkeologi, kebudayaan, era pembangunan dan wawasan nusantara. Sebelum masuk ke museum ini, readers bisa berkeliling Semarang terlebih dahulu menggunkan bus wisata bertingkat dengan titik pemberangkatan dari Museum Ranggawarsita ini, menarik banget kan! Untuk tarif tiket busnya cukup menukar KTP dengan tiket, sementara tarif masuk museum Rp 4000/orang, sangat murah bukan? Jam operasional museum ini buka dari selasa-minggu, mulai pukul 07.00-15.00.

Museum Lawang Sewu

Destinasi sejarah Museum Lawang Sewu ini salah satu ikonik destinasi wisata di Semarang yang wajib readers kunjungi karna bukan hanya terkenal di kalangan wisatawan domestic tapi juga mancanegara. Museum yang terletak di Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Semarang ini memiliki bangunan yang cukup luas dengan arsitektur bangunan zaman Belanda. Museum ini dulunya kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS yang di bangun pada tahun 1904. Namun setelah Indonesia Merdeka, bangunan ini di pakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia atau sekarang bernama PT Kereta Api Indonesia. Tempat ini selain menyuguhkan keindahan bangunannya dengan spot foto yang menarik juga menyimpan serta memajang berbagai benda bersejarah. Cocok banget buat readers yang suka fotografi dengan tempat aesthetic dan unik. Untuk tarif masuknya Rp 20.000/orang dan buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB.

Old City 3D Trick Art Museum

Readers yang ingin berwisata museum di Semarang dengan spot foto kekinian, Old City 3D Trick Art Museum cocok banget karna menyediakan koleksi gambar tiga dimensi yang terus berinovasi, atraktif dan setiap 3 bulan sekali tema karya seninya akan diganti sehingga readers ga bakal bosen datang dan berfoto. Museum ini terletak di Jalan Tejen Suprapto No.26, Tj. Mas, Semarang Utara, Semarang dengan kurang lebih 108 koleksi gambar 3D dengan berbagai tema yang menarik banget dijadikan spot berfoto. Harga tiketnya Rp 30.000/orang, jika readers pelajar dan mahasiswa akan mendapatkan diskon 50 % serta museum ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-22.00 WIB. Menarik banget gas ii readers?

Semarang Contemporaray Art Gallery

Nggak beda dari museum sebelumnya tadi, Semarang Contemporary Art Gallery yang dikenal dengan nama Galeri Semarang berada di Jalan Taman Srigunting No. 5-6, Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang. Museum dengan bangunan interior minimalis berwarna putih dan nuasnsa modern yang instagramable ini tidak hanya menyajikan karya seni lukisan tapia da pameran karya seni setiap 2 bulan sekali dari seniman Indonesia maupun luar negeri, menarik banget! Gak salah museum ini menjadi magnet wisatawan untuk datang ke Semarang dan untuk tarif tiket yang cukup terjangkau Rp 20.000/orang. Sementara jam operasional buka setiap Selasa-Minggu mulai pukul 10.00-16.30 WIB. Gak bakal nyesel deh kalo readers kesini!

Museum Mandala Bhakti

Buat para readers yang ingin mengenang para pahlawan melawan penjajah, museum di Semarang satu ini cocok banget deh. Yap! Museum Mandala Bhakti merupakan salah satu meusem yang menyimpan berbagai bukti-bukti sejarah pahlawan bangsa meraih kemerdekaan. Lokasinya terletak di Jalan Mgr Soegijapranata No. 1, Barusari, Semarang Selatan, Kota Semarang. Dalam museum ini terdapat berbagai senjata, seragam, kendaraan, perang, data, dokumentasi perjungan, dan foto-foto pahlawan Indonesia. Semua barang itu menjadi saksi bisu dari salah satu peristiwa terkenal Pertempuran Lima Hari di Semarang dan Gerakan 30 September. Untuk tarif harga dari museum ini gratis dan buka setiap senin-sabtu mulai pukul 08.00-18.00 WIB.

Museum Kereta Api Ambarawa

Wisata museum yang wajib readers kunjungi berikutnya adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Dulunya sebagai  Stasiun Kerata Api pada zaman colonial tapi tahun 1970 stasiun ini di tutup. Kemudian mulai di gunakan sebagai museum pada tahun 1976 oleh Guberner Jawa Tengah pada saat itu. Museum yang terletak di Jalan Stasiun No. 1, Panjang Kidul, Panjang, Ambarawa, Semarang ini menyajikan barang-barang yang di gunakan pada stasiun zaman dulu.

Selain itu, ia juga menyediakan berbagai koleksi jenis lokomotif jaman dulu. Salah satu yang terkenal adalah kerata api uap buatan Maschinenfabriek Esslingen. Cocok banget buat readers yang suka transportasi kerata api wajib banget mampir ke museum ini. Hal menarik dari museum ini adalah readers bisa banget keliling naik lokomotif uap di zaman Belanda dengan rute tertentu. Pemandangan yang keren poll, apalagi kalo bukan keindahan Gunung Merbabu, Ungaran, dan Rawa Pening, seru banget! Dengan tarif harga yang terjangkau banget Rp 10.000/orang dan buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Mari menambah wawasan di Museum Semarang dengan tetap instagrameble tanpa melupakan sejarah Pahlawan Bangsa Indonesia.

Itulah informasi dari beberapa museum di Semarang yang dapat readers kunjungi saat weeknd atau tempat untuk museum date. Tetap kekinian di era modern dengan menambah wawasan readers mengenai sejarah para pahlawan yang patut untuk di apresiasi. Readers ga perlu khawatir untuk transportasi berwisata ke Semarang karena readers bisa menggunakan jasa sewa bus Jakarta. Sewa bus Jakarta menyediakan layanan transportasi yang nyaman dan aman untuk anda berwisata.

Scroll to Top
Chat Admin Disini