oleh oleh khas taskmalaya

8 Oleh Oleh Khas Tasikmalaya yang Wajib Dicoba

Anda sedang berada di Tasikmalaya? Kurang rasanya jika tidak membawa oleh-oleh khas tasikmalaya. Berikut rekomendasinya.

Kota Tasikmalaya

Salah satu kota daerah di Jawa Barat yang terkenal dengan kota santri adalah tasikmalaya. Tasikmalaya terletak di jalur utama selatan pulau Jawa di wilayah provinsi Jawa barat. Sejarah nama tasikmalaya terdapat dua versi. Versi yang pertama menyebutkan bahwa nama tasikmalaya berasal dari kata keusik dan ngalayah. Kata tersebut berasal dari bahasa Sunda yang artinya bertebaran.

Sedangkan versi kedua nama tasikmalaya berasal dari kata tasik yang artinya telaga laut atau air yang menggenangi dan Malaya yang artinya jajaran gunung. Oleh sebab itu, tasikmalaya diartikan sebagai daerah yang memiliki ribuan gunung layaknya laut.

Tasikmalaya memiliki keunikan dari pariwisata hingga makanan khasnya sendiri. kota tasikmalaya sendiri sering mengadakan festival unik berskala nasional maupun internasional yang dilaksanakan setiap tahunnya. Inilah yang menjadikan perekonomian tasikmalaya berkembang karena antusiasme para wisatawan yang datang.

Jika anda sedang mengunjungi tasikmalaya kurang rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas untuk keluarga di rumah. Berikut ini oleh-oleh khas Tasikmalaya yang wajib anda coba dan dibawa pulang ke rumah.

1. Batik Tasikmalaya

oleh oleh khas taskmalaya

Oleh-oleh khas yang banyak disukai orang tua hingga anak muda adalah kain batik. Kain batik khas tasikmalaya memiliki motif yang berbeda dengan motif kain batik di daerah lainnya. batik tasikmalaya cenderung lebih memberikan kesan semangat kesederhanaan, pluralis, dan terbuka. Kain batik khas tasikmalaya memberikan citra umum Wanita sunda.

Motif batik tasikmalaya yang populer di kalangan masyarakat yaitu sukapura, sawoan, dan tasik. Dari ketiga motif batik tasikmalaya ini memiliki keunikan dan kekhasan masing-masing. Batik sukapura memiliki warna kontrak dan ukuran motif. Untuk batik sawoan merupakan batik yang didominasi dengan warna coklat tua yang dikombinasi dengan ornament dasar warna putih, dan batik tasik sendiri dengan keunikan berwarna cerah. Motif-motif batik dapat anda sesuaikan dengan pilihan yang disukai untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas tasikmalaya.

2. Payung geulis khas tasik

oleh oleh khas taskmalaya

Oleh-pleh khas tasik yang wajib dibawa pulang adalah payung geulis. Payung ini memiliki bentuk yang sangat cantik sebagai ikon kota tasik. Oleh-oleh khas tasik ini yaitu payung geulis terbuat dari anyaman bambu dengan penutup berbahan kertas yang dihias dengan warna-warni. Dulunya payung geulis digunakan oleh noni-noni Belanda. Namun saat ini anda dapat membeli payung ini sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke tasikmalaya.

3. Kelom geulis

oleh oleh khas taskmalaya

Mengunjungi tasikmalaya kurang rasanya jika pulang tidak membawa kelom geulis. Kelom geulis merupakan kerajinan kayu yang berasal dari kayu mahoni yang dibuat secara tradisional menggunakan tangan. Kerajinan kelom geulis adalah kerajnan sandal kayu atau disebut dengan bakiak.

Kelom dapat digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa baik Wanita maupun pria. Tampilan dari kelom geulis ini sangat elok yaitu tampilan alas kaki dari kayu yang indah dengan warna-warna yang mencolok dan cerah. Kelom geulis ini memiliki ukiran motif-motif yang menarik. Pengguna kelom geulis akan tampak cantik, anggun, dan mempesona sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga.

4. Keripik sukun khas tasikmalaya

oleh oleh khas taskmalaya

Ke tasikmalaya kurang jika tidak membeli keripik sukun khas tasik sebagai oleh-oleh. Keripik sukun terbuat dari buah sukun yang sudah matang kemudian diiris tipis dan diberikan bumbu. Rasa dari keripik sukun grih dan memiliki tekstur renyah saat digigit. Keripik sukun selain cocok untuk oleh-oleh juga cocok sebagai cemilan untuk menemani ketika perjalanan.

5. Wajit Tasikmalaya

oleh oleh khas taskmalaya

Oleh-oleh khas tasikmalaya yang wajib dicoba adalah wajit tasikmalaya. Wajit tasikmalaya merupakan jajanan yang memiliki cita rasa manis dan tekstur kenyal. Makanan khas tasik ini sejenis makanan ringan yang dibuat dari ketan dan dicampur dengan kelapa kemudian dihaluskan dan dimasak bersama gula merah. Sebelum disajikan wajit sebelumnya dbungkus dengan daun jagung berwarna putih. Makanan ini cocok sebagai oleh-oleh orang dirumah ketika dari tasikmalaya.

6. Opak Tasikmalaya

oleh oleh khas taskmalaya

Oleh-oleh khas tasikmalaya yang renyah dan wajib untuk dibawa sebagai oleh-oleh adalah opak tasikmalaya. Opak tasikmalaya merupakan makanan dengan bahan utama ketan yang dicampur dengan gula pasir, tepung, dan mentega. Makanan tasik ini sering ditemui ketika acara hajatan. Namun jika anda ingin membawa untuk keluarga dirumah sebagai oleh-oleh, anda dapat menemukannya di toko oleh-oleh khas tasik yang berada di Jalan Sindang Mulya, Tasikmalaya.

7. Tutug Oncom

oleh oleh khas taskmalaya

Kuliner khas tasik yang wajib dicoba dalah tutug oncom. Tutug oncom merupakan oncom yang ditumbuk. Kata tutug sendiri berasal dari bahasa sunda yang artinya ditumbuk. Makanan khas tasik ini dimakan bersama nasi yang hangat. Rasa yang diberikan oleh nasi tutug oncom adalah nikmat dengan perpaduan rasa gurih, asin, dan pulen di mulut.

Ketika makan tutug oncom tidak lupa diberikan sambat goang yaitu sambal dengan cabe rawit hijau yang dicampur dengan garam dan bumbu penyedang. Biasanya nasi tutug oncom juga disajikan dengan lauk pauk seperti telur dadar, ikan asin, ayam goreng, lalapan dan mentimun yang menambah cita rasa.

8. Kolontong

oleh oleh khas taskmalaya

Makanan legend yang cocok sebagai oleh-oleh dari tasik adalah kolontong. Kolontong adalah jajanan yang bentuknya seperti pilus yaitu bulat dan memanjang. Rasa dari kolontong kenyal dan manis khas gula merah terbuat dari tepung ketan.

Demikian informasi mengenai oleh-oleh khas tasikmalaya yang tentunya dapat anda bawa pulang untuk keluarga tercinta. Semoga informasi yang diberikan dapat memberikan wawasan sekaligus memudahkan untuk membeli apa saja ketika di tasikmalaya.

Scroll to Top
Chat Admin Disini