air terjun jawa tengah

9 Wisata Air Terjun Di Jawa Tengah Terindah

Jika anda sekelurga ingin berlibur ke Jawa Tengah, maka sangatlah rugi jika anda tidak pergi ke tempat wisata alamnya yang terkenal indah. Bukan hanya hamparan pantai saja. Melainkan di Jawa Tengah anda dapat menjelajahi wisata alam yaitu air terjun yang terkenal asri, dan masih alami. Walaupun medan yang di tempuh begitu sulit, tapi akan terbayarkan dengan pesona keindahan dari air terjun ini. Lalu, tempat mana saja yang dapat anda ketahui di balik keindahan alamnya yang ada di Jawa Tengah? Berikut 9 air terjun Jawa Tengah yang dapat di jadikan referensi liburan bersama dengan orang-orang tersayang.

Curug Bengkawah Pemalang.

Jika anda singgah di kota Pemalang, coba cari objek wisata Air Terjun Pemalang yang terletak 35 km sebelah selatan kota Pemalang. Lebih tepatnya desa Sekasur, kecamatan Belik, Pemalang. Pesona indah air terjun di Jawa Tengah ini bisa Anda akses dengan sepeda motor dari jalur Pantura dengan waktu tempuh sekitar 1 ½ jam perjalanan menuju Randudongkol hingga sampai di terminal Randudongkol.

Air Terjun Gedad Playen

Hal lainnya, air terjun di Jawa Tengah yang cukup indah namun belum banyak di kenal masyarakat luas adalah Air Terjun Gedad Playen. Terletak di dusun Gedadi di desa Banyusoco di kecamatan Playen, tingginya 10-15 meter dan temboknya bulat dan cukup lebar. Air terjun yang mirip Taman Sungai Mudal di Kulon Progo ini bisa Anda capai dengan menempuh jalan Wonosari menuju Air Terjun Srigethuk.

Air Terjun Curug Sewu

Terletak di Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, tempat ini memiliki tiga tingkat, masing-masing setinggi 15, 45, dan 20 meter. Di sisi lain, air terjun ini juga memiliki berbagai fasilitas seperti gardu pandang, kebun binatang, kolam renang, dan taman bermain. Untuk mengunjungi tempat wisata ini, jika menggunakan kendaraan umum seperti bus, Anda bisa memilih jalur Mangkang dari kota Semarang.

Air Terjun Songgolangit

Air Terjun Songgolangit setinggi 80 meter dan lebar 2 meter ini merupakan objek wisata yang bisa anda kunjungi di Desa Bucu Kecamatan Kembang atau 30 kilometer dari Kota Jepara. Wisata ini menawarkan pemandangan indah dengan aneka kupu-kupu yang bisa di nikmati di sana. Anda bisa sampai di sana dengan transportasi umum.

Air Terjun Kedung Kayang

Jalan-jalan ke Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang tidak akan berkesan jika tidak mampir ke sebuah air terjun di Jawa Tengah yang di kenal dengan nama Air Terjun Kedung Kayang. Lokasinya berada di ketinggian sekitar 300 meter di atas permukaan laut, dengan keindahan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang menjulang ke langit. Untuk rute perjalanannya sulit

Air Terjun Curug Silangit

Dengan tiga tingkatan yang berbeda, 30 meter, 10 meter, dan 10 meter, keindahan Air Terjun Silangit ini bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Dusun Jakro. Tepatnya di Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Purworejo. Wisata air terjun di Jawa Tengah memiliki daya tarik tersendiri dengan berbagai aktivitas yang bisa di lakukan selama berwisata disana.  Anda dapat mengunjungi tempat ini dengan angkutan umum menuju Purworejo – Kaligesing di mana Terminal Angkot terletak di belakang Pasar Baledono.

Air Terjun Jumong

Terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Keindahan alam Air Terjun Jumong menjadi tujuan wisata terbaik yang menyuguhkan pemandangan alam yang sarat akan nilai kepercayaan bahwa pelangi selalu muncul pada pukul 10.00 pagi. Untuk membuktikannya, anda bisa meluncur ke air terjun di Jawa Tengah ini di jalan Solo – Tawangmangu. Sesampainya di Terminal Karangpandan, belok kiri lurus ke pertigaan pertama lalu belok kanan. Sepanjang jalan anda akan menemukan tanda-tanda yang mengarah ke tujuan wisata. Sesampainya di tempat parkir dan membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000, anda harus menyusuri jalan. Ini dilakukan untuk menikmati keindahan wisata alam yang di kenal dengan nama Air Terjun Jumong.

Curug Trocoh

Keindahan alam air terjun di Jawa Tengah yang bisa anda jadikan referensi liburan anda adalah Curug Trocoh atau lebih dikenal dengan Curug Surodipo. Air terjun ini tingginya 120 meter, sehingga hampir tidak pernah kering saat musim kemarau panjang. Tempat wisata ini bisa Anda capai dari Temanggung tengah hingga kecamatan Tretep atau Wonoboyo.

Curug Bidadari

Air terjun bernama Curug Bidadari di Jawa Tengah ini terletak di Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Ia memiliki tiga tingkatan dengan ketinggian mencapai 10 meter. Kesegaran air dan udara di kawasan tersebut selalu membuat setiap pengunjung berendam di bawah guyuran air terjun. Untuk menuju tempat ini, anda bisa melalui jalan Semarang Solo tanpa melalui tol hingga menemukan SPBU Lemah abang.

Inilah 9 rekomendasi untuk anda yang ingin berlibur ke wisata alam air terjun yang ada di Jawa Tengah. Yuk, eksplor wisata Jawa Tengah dengan sewa bus Jakarta aja!

Scroll to Top
Chat Admin Disini