wisata air terjun sedudo

Air Terjun Sedudo: Sejarah, Lokasi, Harga Tiket Masuk

Anda sedang berada di Nganjuk? Kurang rasanya pergi ke Nganjuk tanpa mengunjungi salah satu destinasi wisata yang berada disana. Simak destinasi wisata air terjun Sedudo yang berlokasikan di Nganjuk.

Air Terjun Sedudo

Mengenal salah satu destinasi wisata yang berada di Nganjuk menyuguhkan keindahan alam berupa air terjun yaitu Sedudo. Berlokasikan di Nganjuk tempat wisata ini memiliki pesona yang menakjubkan dan menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang mencari keindahan alam yang asri.

Mengunjungi Air terjun Sedudo, wisatawan akan merasakan sensasi kesegaran alam untuk merefresh pikiran dari sibuknya aktivitas sehari-hari. Tempat ini cocok untuk melepas penat dan stess serta menikmati air terjun dengan bermain air.

Air Terjun Sedudo berada pada ketinggian 1438 meter di atas permukaan laut. Selain itu, air ini meluncur dari ketinggian sekitar 100 meter. Tempat wisata yang menyuguhkan keindahan air terjun ini tidak pernah sepi pengunjung terlebih di akhir pekan maupun hari libur nasional.

Mitos Air Terjun Sedudo

Kawasan wisata air terjun sedudo memiliki sejarah mitos yang berkembang. Air terjun ini dibuat oleh tokoh warga yaitu Sanak Pogalan. Sanak Pogalan merupakan seorang petani tebu yang menalan kekecawaan dari penguasa saat itu. Akibat dari kekecewaannya, Sanak Pogalan kemudian bertapa disekitar sumber air terjun Sedudo.

Tujuan bertapa Si Sanak Pogalan adalah untuk menenggelamkan kota Nganjuk dengan membuat sumber air yang sangat besar. Dia bersumpah untuk menenggelamkan desanya dan dibuatlah sumber air yang sangat besar.

Mitos yang berkembang air terjun Sedudo dapat mengandung beberapa khasiat seperti menjadi obat awet muda dan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu, tidak heran banyak pengunjung yang datang ke lokasi untuk membuktikan mitos tersebut.

Ada pula mitos yang berkembang bahwa air dari air terjun Sedudo dapat melancarkan karir politik. Makanya banyak calon tokoh politik yang datang ke tempat ini untuk berendam di air terjun Sedudo.

Lokasi Air Terjun Sedudo

Wisata Air terjun Sedudo berlokasikan di Jl. Sedudo, Hutan, Sawahan, Kec. Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur 64475. Air terjun Sedudo terletak di kaki Gunung Lawu dan air terjunnya dibentuk oleh aliran Sungai Ngliyep yang berkelok di antara perbukitan dan bebatuan.

Datang ke lokasi air terjun sedudo pengunjung akan dengan mudah menemukan lokasi air terjun karena berada kurang lebih 30 kilometer dari arah pusat kota Nganjuk. Pengunjung juga dapat mengandalkan Google Maps untuk mendapatkan rute terbaik. Wisatawan yang datang ke lokasi air terjun sedudo dapat menggunakan kendaraan seperti motor, mobil, maupun bus. Apabila pergi bersama rombongan disarankan untuk naik mobil atau bus karena memudahkan perjalanan Anda.

Menggunakan bus, dapat menyewa di Andara bus. Andara bus merupakan pelayanan jasa yang menyediakan bus dengan armada lengkap dan terpercaya di Jakarta.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sedudo

Memasuki kawasan Air Terjun Sedudo, pengunjung perlu menyiapkan biaya masuk sebesar 10 ribu rupiah untuk tiap orang. Selain itu, biaya retribusi parkir sebesar 2 ribu rupiah sampai 10 ribu rupiah perlu disiapkan.

Jam Operasional Wisata Air Terjun Sedudo

Wisata Air Terjun Sedudo buka setiap hari senin hingga minggu pada pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Pengunjung yang datang ke lokasi air terjun sedudo, lebih baik menghindari hari weekend atau liburan panjang karena kawasan ini akan ramai dan Anda jadi kurang menikmati tempat wisata.

Fasilitas Air Terjun Sedudo

Pengunjung yang datang ke lokasi ini akan merasa senang karena biaya masuk untuk kawasan ini cukup terjangkau. Selain itu, fasilitas yang diberikan cukup lengkap seperti area parkir luas, pusat informasi, toilet, warng mmakan, gazebo, dan camping ground.

Daya Tarik Air Terjun Sedudo

Salah satu destinasi wisata yang berada di Nganjuk ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang ke lokasi. Berikut ini daya tarik Air Terjun Sedudo yang menyebabkan banyak pelancong datang ke air terjun tersebut.

1. Banyak Spot Untuk Menghabiskan Waktu

Daya tarik dari wisata Air Terjun Sedudo adalah disana terdapat banyak spot menarik yang dapat digunakan untuk menghabiskan waktu. Pengunjung dapat menikmati kesegaran alam serta panorama terbaik dari Air terjun Sedudo.

Para pengunjung juga dapat melakukan aktivitas hunting fotografi dengan explore keindahan alam di Air terjun Sedudo untuk mengisi feed media sosial.

2. Bermain Air

Pengunjung yang datang ke lokasi Air terjun Sedudo banyak menghabiskan waktu bermain air. Air terjun Sedudo memiliki air yang jernih dan segar sehingga dapat melepaskan penat setelah aktivitas sehari-hari. Namun apabila pengunjung mengajak anak untuk bermain air, mohon diawasi.

3. Melakukan camping

Pengunjung yang ingin bermalam di area air terjun Sedudo dapat melakukan camping. Tentunya sebelum camping harus menyiapkan diri dan segala kebutuhan untuk bermalam di lokasi.

Pengunjung yang akan melakukan camping disarankan untuk melakukan izin ke pengelola air terjun Sedudo.

Demikian informasi mengenai wisata air terjun Sedudo di Nganjuk yang dapat menjadi pilihan destinasi wisata untuk dikunjungi. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan bagi para pembaca website Andara bus.

Andara bus adalah penyedia layanan jasa yang dapat menemani perjalanan Anda keluar kota bersama rombongan.

Scroll to Top
Chat Admin Disini