destinasi makam Bung Karno

Makam Bung Karno: Lokasi, Jam Buka & Harga Tiket Masuk

Apakah Anda akan melakukan perjalanan ke Blitar dengan menggunakan layanan dari Andara bus? Kurang rasanya apabila tidak mengunjungi salah satu destinasi bersejarah di Blitar yaitu Makam Bung Karno. Simak penjelasan berikut tentang destinasi sejarah Makam Bung Karno.

Destinasi Makam Bung Karno

Salah satu destinasi bersejarah yang wajib dikunjungi saat berada di Kota Blitar adalah Makam Bung Karno. Bung Karno atau Soekarno merupakan presiden pertama Republik Indonesia. Soekarno juga salah satu Proklamator Indonesia.

Presiden pertama Indonesia tersebut telah lama wafat dan pusara tokoh ini berada di blitar. Blitar dikenal dengan destinasi wisata sejarah yaitu Makam bung Karno yang saat ini juga menjadi ikon kota blitar.

Makam Bung Karno selalu ramai pengunjung untuk berziarah mendo’akan bapak presiden pertama yang berhasil memerdekakan bangsa Indonesia. Saat liburan tiba tempat ini menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi. Simak penjelasan lebih lanjut.

Sejarah Makam Bung Karno

Bung Karno merupakan tokoh Proklamator Indonesia memiliki wasiat untuk dimakamkan di Kebun Raya Bogor. Namun atas dasar naluri politik jaman pemerintahan Soeharto lokasi blitar dipilih sebagai tempat pemakaman presiden Soekarno. Hal ini dituangkan dalam Keppres No 44 Tahun 1970. Keputusan untuk presiden Soekarno dimakamkan di Blitar juga atas dasar keputusan bahwa fakta kedua orang tua Soekarno dimakamkan di kota Blitar.

Pemilihan lokasi makam Bung Karno di Blitar juga bertujuan untuk menjauhkan kharismatik dari Ibu Kota. Selain itu, terdapat kesan bahwa Bung Karno dimakamkan di Blitar untuk membangun citra kedekatan Sang Proklamator Kemerdekaan dengan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang pernah menang Pemilu Daerah tahun 1957 di kota Blitar.

Lokasi Makam Bung Karno

Berada di Blitar, makam Bung Karno berlokasikan tepat di Jl. Ir. Soekarno No.152, Bendogerit, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur 66133. Pengunjung dapat mengunjungi destinasi makam Bung Karno dengan rute yang mudah atau dengan menggunakan Google Maps untuk sampai ke tujuan.

Para Pengunjung yang datang ke destinasi makam Bung Karno dapat menggunakan kendaraan seperti bus atau mobil bersama rombongan. Pengunjung yang ingin mengunjungi destinasi makam Bung Karno dapat menggunakan jasa sewa kendaraan Bus atau Mobil dari Andara bus. Andara bus adalah penyedia layanan sewa bus pariwisata terpercaya dengan armada beragam dan lengkap serta pelayanan memuaskan.

Jam Buka Destinasi Makam Bung Karno

Pengunjung yang ingin mengunjungi makam Bung Karno dapat datang ke lokasi mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 18.00. Hari operasional Makam Bung Karno Setiap Senin hingga minggu.

Harga Tiket Masuk Kawasan Makam Bung Karno

Untuk memasuki kawasan makam Bung Karno pengunjung tidak perlu membayar tiket sebesar Rp 5000, 00. Para pengunjung yang memasuki kawasan makam hanya perlu mengisi buku tamu. Selain itu, biaya yang diperlukan adalah pengunjung hanya perlu menyiapkan biaya retribusi parkir apabila naik kendaraan. Biaya retribusi parkir sekitar Rp 2.000,00 sampai dengan Rp 10.000,00.

Daya Tarik Kawasan Makam Bung Karno

Destinasi makam Bung Karno selalu ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun pelancong. Hal ini dikarenakan kawasan makam Bung Karno memiliki daya tarik tersendiri. Simak daya tarik kawasan makam bung Karno.

1. Destinasi Bersejarah

Pengunjung yang datang ke lokasi makam bung Karno ingin mendo’akan pahlawan yang telah berjasa dalam memerdekakan Bangsa Indonesia. Untuk ke areal makam, pengunjung harus melepaskan alas kaki agar kondisi tetap tenang dan tidak berisik karena banyak orang yang berdo’a untuk sang Pahlawan.

2. Spot Foto Menarik

Selain makam sang proklamator, di tempat ini pengunjung juga dapat menemukan spot – spot foto menarik seperti kawasan kolam, pepohonan, dan gapura. Selain itu, di pintu masuk kawasan makam bung Karno pengunjung akan disambut oleh patung Bung Karno.

3. Museum Bung Karno

Di kawasan makam Bung Karno pengunjung dapat melihat-lihat koleksi pahlawan di museum Bung Karno. Disana akan ditemukan beberapa koleksi sejarah dari zaman sebelum kemerdekaan hingga masa kemerdekaan.

4. Perpustakaan proklamator Bung Karno

Di makam Bung karno pengunjung dapat datang ke perpustakaan proklamator Indonesia. Pada perpustakaan tersebut memiliki koleksi yang lengkap dari koleksi khusus berupa biografi Bung Karno, buku-buku karya Bung Karno, buku-buku tentang Bung Karno, dan buku tentang koleksi lukisan dan patung Bung Karno.

Kemudian koleksi referensi yang terdiri dari kamus, elektronika, fisika, kimia, komputer, filsafat, pariwisata, perbankan, ensiklopedia, perundang-undangan, dan buku-buku langka.

Selanjutnya ada terbitan berkala terdiri dari koran, majalah, dan tabloit serta koleksi umum, koleksi non buku, anak dan remaja, serta koleksi audio visual.

5. Penjual Souvenir

Apabila berada di kawasan makam bung Karno pengunjung akan menemukan penjual souvenir yang dapat dibawa pulang maupun untuk oleh-oleh seperti gantungan kunci, baju, dan makanan.

Pengunjung yang ingin membeli souvenir di kawasan ini harus pintar – pintar untuk menawar agar tidak mendapatkan harga yang mahal.

Selain itu, pengunjung tidak perlu kawatir dengan fasilitas yang ada di kawasan destinasi tersebut karena lengkap. Beberapa fasilitas yang terseida seperti pendopo, joglo, toilet, dan mushola. Kawasan makamnya pun bersih dan rapi sehingga akan membuat pengunjung merasa nyaman.

Demikian informasi mengenai destinasi makam Bung Karno dari Andarabus. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan bagi para pembaca terkait destinasi yang dapat dikunjungi selama di Blitar.

Anda yang ingin bepergian bersama rombongan dapat menggunakan jasa sewa kendaraan dari Andara bus yang akan mengantarkan Anda beserta rombongan hingga sampai dengan tujuan.

Scroll to Top
Chat Admin Disini