desa wisata Jawa Tengah

Indah dan Menarik! Berikut 7 Desa Wisata Jawa Tengah

Ketika liburan tiba seringkali kita bingung mau berlibur dan berwisata kemana bukan? Terlebih bagi anda yang masih memiliki anak kecil dan ingin memberikan memory liburan yang tidak biasa. Ingin liburan bersama anak namun anak bisa tetap mendapatkan edukasi selama liburan? Yuk, liburan ke desa wisata aja! Jangan bingung karena kami memiliki rekomendasi Desa Wisata Jawa Tengah yang cocok buat anda dan keluarga. Yuk, simak ulasan berikut!

1.   Desa Wisata Dieng Kulon

Pertama ada desa wisata Dieng Kulon yang lokasinya berada di ketinggian 2.000 hingga 2.500 mdpl. Ia berada di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Desa wisata ini sangat cocok untuk anda yang ingin melepas penat bersama keluarga. Terdapat wisata alam yang cukup menarik di lokasi ini yaitu adanya “Mengejar Sunrise di Bukit Sinkunir dan Gunung Prau”, anda juga bisa mengunjungi sebuah Kawah Sikidang. Selain itu anda juga bisa mengajak si kecil untuk belajar bertani serta melakukan pembuatan kerajinan atau souvenir daerah. Jika anda berkunjung di waktu yang tepat, anda berkesempatan untuk menyaksikan Dieng Cultue Festival.

2.   Wisata Desa Cikakak

Desa wisata Jawa Tengah kedua yang kami rekomendasikan adalah Desa Cikakak. Sejak tahun 2011 silam, desa ini sudah di tetapkan sebagai desa adat. Sehingga ketika anda berkunjung ke lokasi ini maka anda akan mendapatkan informasi budaya yang cukup luas. Di desa ini terdapat sebuah taman kera dengan jumlah kera yang cukup banyak dan di biarkan untuk tumbuh secara bebas. Meskipun diliarkan, anda tidak perlu takut karena kera-kera tersebut merupakan kera yang jinak serta tidak akan membahayakan pengunjung. Selain itu, anda juga bisa mengunjungi wisata religinya yaitu Masjid Kuno yang memiliki sebuah tangga penyangga yang di beri nama Masjid Soko Tunggal. Lokasi desa ini berada di Jalan Ajibarang Wangon KM 1, Kecamatan Wangon, Banyumas, Jawa Tengah.

3.   Desa Wisata Sangiran

Rekomendasi desa wisata yang satu ini memiliki banyak potensi yang bisa anda dapatkan ketika mengunjunginya. Lokasinya ada di Kabupaten Sragen dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Karanganyar. Potensi yang bisa anda dapatkan ketika di sini adalah anda bisa mengunjungi Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Klikiran di mana lokasi tersebut merupakan visitor center di lokasi ini. Selain itu anda juga bisa mengunjungi sebuah wisata alam di Taman Punden Tingkir atau seringkali di sebut sebagai Pasar Budaya Sangir.

Selain wisata di atas, anda juga menikmati beragam wisata budaya yang ada di desa ini. Beberapa diantaranya ialah terkait pakaian yang mereka gunakan bernama iket yang sering digunakan di acara adat. Rumah mereka pun masih menggunakan rumah tradisional. Anda juga berbagai hidangan khas desa seperti nasi tiwul, gendar pecel dan lain sebagainya.

4.   Wisata Desa Pandanrejo

Kabupaten Purworejo juga memiliki desa wisata yang tak kalah bagus dari desa wisata Jawa Tengah lainnya loh. Desa wisata tersebut bernama Desa Pandanrejo yang berada di kecamatan Kaligesing. Lokasi desa wisata ini berada di kawasan pegunungan sehingga tingginya ada di sekitar angka 820 mdpl. Memiliki potensi wisata yang kuat membuat desa wisata ini menjadi lebih berkembang. Beberapa potensi yang dimiliki adalah kegiatan warga yang cukup unik, wisata alam, edukasi, budaya hingga berpotensi pula pada bidang kuliner.

5.   Desa Wisata Jawa Tengah Sumberbulu

Nomor lima ada desa wisata Jawa Tengah tepatnya desa Sumberbulu yang terletak di Kabupaten Karanganyar. Tema yang di usung pada desa wisata Jawa Tengah ini adalah budaya, eduwisata, agrowisata serta pedesaan dan petualangan. Mereka sudah memiliki beberapa paket-paket wisata bagi anda yang ingin berwisata secara rombongan. Disini anda juga bisa camping bersama rombongan karena mereka memiliki konsep amazing camp dimana anda bisa menikmati kegiatan camping yang bersifat pelatihan mental, cinta lingkungan dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengikuti atraksi live in serta kegiatan outbound dan training. Metode belajar yang digunakan disini adalah mengedepankan unsur wisata serta basis pengalaman.

6.   Wisata Desa Kakilangit Mangunan

Keenam ada desa wisata Jawa Tengah yang bernama Kakilangit Mangunan. Berdasarkan asal namanya, kaki merupakan sebuah bagian tubuh yang berfungsi untuk bergerak dan berpindah tempat. Bahkan jika beban di pundak kita sangat besar, nyatanya kaki harus tetap mampu bergerak dan melangkah. Sedangkan langit adalah sebuah tempat yang memiliki luas tidak terbatas di atas sana. Sehingga ada harapan bahwa desa Kakilangit ini harus bisa menggerakkan masyarakat supaya dapat mencapai tujuannya yaitu menciptakan sebuah peluang untuk mendapatkan sumber pendapatan serta melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Pilihan wisatanya juga cukup banyak mulai dari atraksi budaya, atap langit, rumah adat dan lain-lain.

7.   Desa Wisata Kandri

Terakhir ada desa wisata Kandri yang berada di Kelurahan Kandri, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah. Lokasi ini berada sekitar 40 menit dari pusat Semarang. Desa wisata ini memiliki banyak sekali potensi wisata seperti Goa Kreo, Waduk Jatibarang, wisata agro dan lain-lain.

Itulah informasi yang bisa kami berikan seputar 7 rekomendasi desa wisata Jawa Tengah. Bagi anda yang membutuhkan transportasi berwisata secara rombongan, anda bisa menggunakan jasa Sewa Bus Jakarta.

 

Scroll to Top
Chat Admin Disini