11 Makanan Khas Sukabumi Populer dan Ikonik

Anda sedang mencari rekomendasi makanan khas Sukabumi? Tepat sekali anda berkunjung ke artikel ini karena akan membahas makanan lezat.

Kota Sukabumi seringkali disebut dengan Kota Santri. Selain terkenal dengan kota Santrinya Jawa Barat. Kota ini juga memiliki berbagai makanan khas yang patut anda coba di kota saat berkunjung, yang tidak ada di kota lain.

Berikut Daftar Makanan Khas Sukabumi :

1. Geco

makanan-khas-sukabumi-9-Sportourism

Rekomendasi pertama yang patut anda coba jika berwisata kuliner di Sukabumi adalah makanan bernama Geco. geco ini berbahan dasar tahu, tauge, kentang, telur rebus, ketupat, mie aci, dengan tambahan bumbu cuka lahang, kecap manis, dan cabai sebagai penggugah selera. Secara sekilas memang bahannya mirip dengan kupat tahu, tetapi yang menjadi ciri khas nya yaitu menggunakan saus sebagai toppingnya yaitu saus tauco.

2. Nasi Uduk Ungu

makanan khas Sukabumi

Nasi uduk merupakan salah satu makanan khas Sukabumi memiliki ciri khas yaitu beras yang menggunakan warna ungu dari buah bit, bukan karena menggunakan beras merah. Makanan khas nasi ini disajikan dengan berbagai lauk pauk pendukung lainnya layaknya nasi uduk pada umumnya, seperti sambel goreng kentang, telur, abon, kering tempe, dll.

3. Sagon bakar

makanan khas Sukabumi

Makanan khas Sukabumi yang satu ini terbuat dari campuran adonan aci dan kelapa parut yang cara memasaknya dengan cara pembakaran agar lebih awet sehingga tektur akhir sagon ini kering sehingga tidak mudah basi yang dapat bertahan hingga beberapa bulan. Sehingga makanan ini sangat cocok untuk camilan oleh-oleh bagi keluarga anda yang di rumah. Warna dari sagon ini pada umumnya warna putih kecoklatan dengan cita rasa gurih, manis, dan tentunya renyah. Anda dapat menikmati berbagai varian rasa yang mereka produksi.

4. Bandros

 

Makanan khas Sukabumi ini bentuknya mirip kue pancong atau jika di jawa menyebutnya kue pukis. Bandros ini memiliki varian rasa seperti original, keju, cokelat, dan vanila. Tekstur dari bandros ini lembut, manis, dengan bahan utama tepung terigu dan campuran perasa cokelat. Kue inni sangat cocok anda nikmati dengan temannya yaitu kopi maupun teh sebagai pelengkap.

5. Roti Jahe

makanan khas Sukabumi

Meskipun ada di beberapa daerah, di Sukabumi ini roti jahe menjadi makanan khas Sukabumi karena roti jahe ini sudah turun temurun dari nenek moyang sudah ada. Sesuai dengan namanya, roti ini berbahan dasar jahe sehingga saat di makan akan menimbulkan rasa hangat atau panas pada tubuh sehingga bagi anda yang berada di ketinggian atau merasa dingin sangat direkomendasi untuk makan roti jahe ini.

6. Surabi Sukabumi

makanan khas Sukabumi

Makanan khas Sukabumi lainnya yang perlu anda cicipi selanjutnya yaitu Surabi yang khas dengan bentuknya lingkaran dan memiliki pori-pori kecil di atas permukaannya itu. Biasanya dibungkus menggulung menggunakan pisang. Ciri khas lainnya cara memasaknya menggunakan wajan dan anglo yang mini menggunakan arang sehingga memiliki aroma yang khas. Surabi ini tentunya memiliki berbagai varian rasa dan topping seperti nangka dan keju yang membalut tebal pada surabi ini.

7. Nasi Tutug Oncom

makanan khas Sukabumi

Rekomendasi makanan khas Sukabumi yang berikutnya yaitu Nasi Tutug Oncom yang terdiri dari nasi putih yang menggunakan bumbu dapur sehingga memiliki aroma dan warna yang khas dengan pelengkapnya yaitu ikan teri, oncom, sambel, tempe goreng, telur dan timun.

8. Roti Priangan

makanan khas Sukabumi

Roti Priangan menjadi salah satu makanan khas Sukabumi karena sangat mudah dan banyak ditemukan di Sukabumi sentral pembuatannya. Bentuk roti ini yang besar sehingga jika anda makan satu potong roti ini sudah cukup kenyang seperti makan nasi. Tak lupa isian dari roti ini sangatlah lumer dengan berbagai varian isian seperti pisang, coklat, keju, gula halus maupun gula pasir.

9. Sekoteng

makanan khas Sukabumi

Sekoteng memang jenis minuman tetai sekoteng makanan khas Sukabumi beda dari yang lain karena memiliki topping seperti roti tawar, kacang hijau, mutiara, dan tape. Makanan ini sangat cocok saat musim hujan untuk menghangatkan tubuh. Tidak hanya sembarang minuman biasa jarena terdapat isian sehingga tentunya mengenyangkan.

10. Bubur Ayam Bu Nutmakanan khas Sukabumi

Rekomendasi berikutnya makanan khas Sukabumi yaitu Bubur Ayam. Kenapa bubur ayam? kan dimana-mana juga ada. Eitss tentunya beda dong. Jika bubur ayam di Sukabumi ini memiliki topping tambahan berupa risoles. Jika komposisi bahan yang lain tetap sama seperti bahan utamanya beras putih yang dimasak hingga halus, suiran ayam, telur goreng yang diiris-iris, kacang goreng, kerupuk, emping, dengan kuah kuningnya.

11. Mochi

makanan khas Sukabumi

Mochi yang identik dengan bentuknya yang mungil bulat ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh makanan khas Sukabumi. tekstur mochi ini sangat lembut, kenyal karena terbuat dari tepung tapioka, tepung maizena, atau bisa juga yang lebih mahal dari tepung beras ketan. Makanan khas mochi ini memiliki berbagai varian rasa dan isian, tetapi yang sangat khas yaitu ada gula halus putih di luarnya dan umumnya isiannya dari kacang hijau.

Demikian rekomendasi 11 makanan khas Sukabumi yang tentunya bintang 5 sangat recomended karena sudah mendapat testimoni dari para pengunjung. Anda akan menyesal jika tidak mencicipi berbagai makanan Sukabumi itu, karena terkadang kesempatan tidak datang 2 kali. Bagi anda yang suka liburan tentunya patut untuk berwisata kuliner.

Scroll to Top
Chat Admin Disini