wisata Jodipan Kampung Warna Warni

Jodipan Kampung Warna Warni: Sejarah, Lokasi, Harga Tiket & Daya Tarik

Apakah Anda sedang berada di Malang? Pergi ke Malang kurang rasanya jika tidak mengunjungi salah satu destinasi wisata Malang. Berikut salah satu destinasi wisata Jodipan Kampung Warna Warni yang berada di Malang.

Jodipan Kampung Warna Warni

Jodipan Kampung Warna Warni, atau yang juga dikenal sebagai Kampung Tridi, terletak di sekitar Sungai Brantas, tepatnya di Jalan Ir. Soekarno, Jodipan, Blimbing, Kota Malang. Kampung ini awalnya hanya merupakan kampung yang biasa-biasa saja, tetapi kemudian diubah menjadi kampung yang penuh warna oleh sebuah yayasan bernama Yayasan Kusuma Husada. Kampung ini sekarang menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Malang.

Saat pertama kali memasuki kampung ini, pengunjung akan disambut oleh jalan-jalan berwarna-warni yang berkelok-kelok dan terasa seperti berada di alam fantasi. Selain itu, terdapat juga banyak mural atau lukisan dinding dengan berbagai motif dan warna yang menarik perhatian pengunjung. Di sini, pengunjung dapat berfoto dan menikmati keindahan seni warna-warni yang begitu unik dan menarik.

Selain mural, pengunjung juga dapat menemukan berbagai instalasi seni dan taman yang mempercantik kampung ini. Ada beberapa spot yang terkenal, seperti “The Love Bridge” yang menampilkan jembatan kecil dengan hiasan lampu-lampu berwarna-warni yang cantik di malam hari. Ada juga “The Rainbow Steps” atau tangga berwarna-warni yang mempercantik kampung ini dan menjadi objek foto yang sangat populer.

Tidak hanya keindahan seni, di kampung ini juga terdapat berbagai kuliner khas Malang yang dapat dicicipi oleh pengunjung. Ada berbagai macam jajanan yang dapat dijadikan oleh-oleh, seperti kue cubit, bakso malang, dan masih banyak lagi.

Sejarah Jodipan Kampung Warna Warni Malang

Bermula pada tahun 2016, ketika program revitalisasi perkampungan di Kota Malang dimulai. Pada saat itu, Jodipan adalah salah satu daerah kumuh yang ada di Kota Malang. Namun, dengan adanya program revitalisasi, Jodipan diubah menjadi sebuah kampung yang indah dengan cat tembok warna-warni yang menarik.

Program revitalisasi ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Kota Malang dengan Universitas Muhammadiyah Malang. Ide untuk membuat Kampung Tridi berasal dari mahasiswa arsitektur yang sedang melakukan kuliah kerja praktik di sana. Mereka menyadari bahwa potensi kampung tersebut sangat besar jika diubah menjadi objek wisata yang menarik.

Mereka kemudian mengajak warga setempat untuk mengubah warna rumah mereka menjadi lebih cerah dan menarik. Warga dengan sukarela ikut berpartisipasi dan hasilnya sangat memuaskan. Kampung Warna Warni akhirnya resmi dibuka untuk umum pada akhir tahun 2016 dan sejak saat itu terus menjadi tujuan wisata yang populer di Kota Malang.

Kampung Warna Warni juga telah menerima berbagai penghargaan, termasuk penghargaan dari Kementerian Pariwisata sebagai Desa Wisata Terbaik di tahun 2018. Hal ini membuktikan bahwa Kampung Warna Warni tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perekonomian dan pariwisata di Kota Malang.

Lokasi Kampung Warna Warni Malang

Kampung warna warni jodipan malang berlokasikan di Jl. Zaenal Zakse Jl. Ir. H. Juanda 6, Jodipan, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Lokasinya berdekatan dengan stasiun kereta api Malang Kota Lama dan juga Alun-alun Kota Malang.

Jodipan Kampung Warna Warni terletak di sebuah kawasan pemukiman yang dihias dengan cat warna-warni yang membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Malang.

Pengunjung yang datang ke lokasi kampung warna warni dapat menggunakan kendaraan seperti motor, mobil, atau bus bersama rombongan.

Untuk kenyamanan selama berwisata, pengunjung juga dapat menggunakan jasa sewa bus yang dapat menampung lebih banyak orang. Salah satu Jasa sewa terpercaya adalah Andara bus yang akan mengantarkan menuju tujuan aman dan nyaman serta menjamin kepuasan bagi para calon penumpang.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Kampung Jodipan

Untuk memasuki kawasan wisata Jodipan Kampung Warna Warni, pengunjung hanya perlu membayar retribusi masuk sebesar Rp 2.000,00 sampai dengan Rp 5.000,00 tergantung dari kategori anak – anak atau dewasa serta tergantung dari hari apa melakukan kunjungan.

Wisata Kampung Jodipan Warna Warni memiliki jam operasional selama 24 jam di hari senin hingga minggu. Perlu diketahui untuk hari weekend maupun hari libur panjang kawasan ini akan ramai oleh pengunjung.

Daya Tarik Wisata Jodipan Kampung Warna Warni

Walaupun kampung Jodipan merupakan kawasan perkampungan warga, namun lokasi ini dijadikan destinasi wisata yang ramai pengunjung. Berikut ini daya tarik dari kampung jodipan.

1. Spot Foto Menarik

Bagi pecinta aktivitas berfoto mengunjungi wisata jodipan kampung warna warni menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Di Jodipan pengunjung akan menemukan rumah – rumah dengan berbeda warna.

Setiap rumah memiliki warna yang berbeda dengan nuansa cerah dan menarik menciptakan suasana ceria. Pengunjung juga dapat menemukan seni mural yang dibuat oleh seniman lokal yang memperindah kampung ini.

Untuk Spot menarik untuk berfoto adalah jembatan di Jodipan karena dapat menikmati pemandangan sekitar yang indah.

2. Kuliner Khas Malang

Bagi para pengunjung tidak perlu cemas akan kelaparan karena di wisata Jodipan kampung Warna Warni pengunjung dapat menemukan berbagai macam kuliner yang wajib untuk dicoba.

3. Toko Souvenir

Pengunjung yang datang ke wisata jodipan juga dapat membeli oleh-oleh khas malang yang dijual di daerah tersebut. Apabila ingin membeli tentunya harus pintar-pintar untuk menego harga.

Demikian informasi mengenai wisata Jodipan Kampung Warna Warni Malang dari Andara bus. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan serta menambah list destinasi liburan saat berada di Malang.

Scroll to Top
Chat Admin Disini