Liburan Dapat Memperpanjang Usia

Ketika melihat kalender dan ada tanggal merah, apa yang terbesit di otak anda? Pasti liburan dong. Ya nyatanya liburan menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian orang, karena dengan liburan suasana hati dan otak yang tadinya berantakan karena pekerjaan atau karena urusan asmara menjadi lebih baik. Namun siapa sangka bahwa liburan menjadi salah satu alternatif untuk menyembuhkan penyakit hingga memperpanjang usia. Penasaran seperti apa fakta menarik mengenai liburan? Bersama andara kita akan membahas beberapa manfaat liburan.

  • Meningkatkan kemampuan kognitif

Siapa yang menyangka bahwa dengan berlibur saja bisa meningkatkan kemampuan kognitif anda.. Perjalanan ke tempat baru akan mempertemukan Anda dengan lingkungan baru dan berbagai pengalaman yang baru. Hal ini akan merangsang otak untuk membangun ketahanan sel yang dapat menunda kemunculan penyakit degeneratif. Pengalaman bertemu dengan orang baru, lingkungan baru, budaya baru, dan situasi yang baru ini dapat membantu meningkatkan memori dan konsentrasi seseorang. Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa liburan dapat membuat seseorang menjadi lebih kreatif.

 

  • Menurunkan tingkat Stress

Perjalanan akhir pekan Anda akan memberi Anda waktu luang yang sangat Anda butuhkan. Waktu senggang telah lama dikaitkan dengan berkurangnya depresi, emosi positif, dan peningkatan kepuasan. Sebuah survei yang dilakukan oleh Mind-Body Center University of Pittsburgh meninjau statistik kesehatan dari 1.400 peserta selama periode waktu senggang yang mereka laporkan. Apa yang diungkapkan hasilnya lebih dari memuaskan: kadar hormon stres mereka rendah, demikian juga tekanan darah mereka. Mungkin karena fakta bahwa para peserta menemukan lebih banyak kepuasan dan makna dalam hidup selama waktu santai mereka. Studi lain menunjukkan bahwa pergi ke gunung dan hutan juga dapat mengurangi tingkat stres.

 

  • Meningkatkan sistem imun

Meningkatnya sistem imun tubuh juga adalah salah satu manfaat liburan bagi kesehatan. Adanya antibodi adalah untuk melindungi tubuh dari patogen. Ketika melakukan perjalanan, tubuh akan beradaptasi dengan lingkungan baru dan kemungkinan akan bertemu dengan berbagai macam bakteri baru yang mungkin dapat berbahaya bagi tubuh. Tubuh yang terus beradaptasi ternyata tidak membuat antibodi semakin lemah, justru sebaliknya antibodi dapat semakin kuat dalam melawan berbagai patogen. Hal ini lah yang membuat orang yang sering melakukan perjalanan tidak mudah terserang penyakit.

  • Mengurangi resiko penyakit Kardiovaskular

Benarkah menurunkan risiko penyakit kardiovaskular merupakan salah satu manfaat liburan? Dilansir dari Forbes, Dr. Mehmet Oz menyatakan bahwa liburan dapat menurunkan sebanyak 32% angka kematian yang diakibatkan penyakit kardiovaskular pada pria. Kurangnya liburan juga dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular pada wanita. Hal ini juga dibuktikan dengan bukti lainnya. Seperti yang dilansir The Chopra Center, terdapat informasi yang ditampung oleh Framingham Heart Study, salah satu penelitian menunjukan bahwa wanita yang liburan setiap enam tahun atau lebih jarang memiliki risiko penyakit kardiovaskulat delapan kali lebih tinggi. Manfaat liburan untuk mencegah penyakit jantung ini diyakini karena pada darasnya berlibur dapat meningkatkan aktivitas fisik seseorang. Jika kita melakukan aktivitas fisik lebih banyak, tentunya masih pada batas normal, maka kesehatan jantung juga semakin meningkat.

 

  • Mencegah depresi

Manfaat liburan untuk mencegah dan mengatasi stres tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Menjalani rutinitas yang sama setiap hari sangat mungkin membuat Anda bosan dan merasa tertekan. Maka dari itu, Anda membutuhkan liburan. Berlibur dapat membuat seseorang lebih bahagia, lebih tenang, dan terhindar dari depresi.

 

  • Menginspirasi kreativitas

Saat Anda bepergian, Anda mendatangi lingkungan yang benar-benar baru, Anda memiliki berbagai pengalaman yang berbeda dan menghadapi serangkaian tantangan unik. Semua ini membantu mengubah otak Anda dengan cara-cara inovatif untuk melihat kehidupan dan masalah. Sebuah studi yang dilakukan di University of Utah di kalangan backpacker menemukan bahwa perjalanan hiking selama empat hari meningkatkan kreativitas mereka sebesar 50 persen. Sepanjang hari ini mereka jauh dari semua perangkat. Barbara Fredrickson, yang menulis buku Positivity, berpendapat bahwa emosi positif yang terkait dengan liburan tanpa beban dapat membuat kita berpikir secara inovatif.

 

  • Membuat tubuh lebih bugar

Disadari atau tidak, manfaat liburan bagi kesehatan juga dapat menjaga kebugaran. Sepeti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa liburan mengharuskan kita untuk beraktivitas fisik lebih banyak. Tentunya Anda tidak ingin perjalanan Anda menjadi sia-sia, sehingga Anda merasa penasaran dengan berbagai kegiatan yang mungkin bisa dilakukan di tempat yang dikunjungi. Aktivitas fisik yang dilakukan bisa beragam mulai dari jalan kaki menelusuri kota, melakukan olahraga ekstrim, berenang, hiking, dan masih banyak kegiatan lainnya. Misalnya anda pergi ke puncak, Bogor. Anda bisa melakukan kegiatan jalan-jalan menyusuri kebun teh atau sekedar mengelilingi vila sembari menikmati hawa sejuk, pasti menyenangkan. Nah untuk anda yang ingin mencoba suasana berlibur ke Bogor, anda bisa menggunakan sewa bus pariwisata Bogor dari Andarabus. Tak perlu khawatir masalah harga, sangat ramah di kantong dan fasilitasnya pun sangat nyaman.

 

  • Membuat umur panjang

Bagaimana liburan bisa membuat umur seseorang lebih panjang? Ternyata, manfaat liburan bagi kesehatan bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular yang merupakan penyakit yang banyak menyebabkan kematian. Selain itu, liburan dapat meningkatkan sistem imun dan menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit. Liburan juga sangat baik untuk kesehatan mental Anda. Semua manfaat tersebutlah yang membuat liburan dipercaya dapat membuat seseorang lebih panjang.

 

Bagaimana? Sangat banyak sekali kan manfaat dari berlibur. Yuk mulai atur jadwal anda untuk dapat menikmati manfaat dari berlibur seperti yang andara bus sampaikan tadi. Apabila anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kami, dapat langsung mengunjungi website kami andarabus.com atau dapat melalui via whatsapp di nomor 081276714995 atau 02122976944 dapat juga melalui email kami [email protected]. Lokasi kantor kami ada di jl. Raya Gandul No12, RT 007/RW 008, Cinere,Depok, 16512

Tinggalkan Balasan