mesien diesel

Mengapa Bus Selalu Memakai Mesin Diesel ?

Dalam artikel kali ini, sewa bus Jakarta akan membahas tentang kendaraan bus yang memakai mesin diesel, kenapa ya? a Bus adalah kendaraan niaga yang umumnya di pakai untuk usaha atau berbinis bagi kalangan pengusaha dan berfokus untuk mendapatkan keutangan. Bus juga kerap kali membawa beban yang begitu berat, bahkan muatannya sampai puluhan ton. Lalu, mengapa Bus selalu memakai mesin diesel?  Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak penjelasan tentang mengapa bus selalu memakai mesin diesel berikut!

Faktor Efesiensi

Mesin diesel menghasilkan efisiensi yang lebih baik di bandingkan dengan mesin bensin. Karena diesel mempunyai langkah hisap yang hanya menghisap udara kemudian di teruskan dengan bahan udara dengan tingkat kompresi yang sangat tinggi dan di teruskan melalui semburan dengan bahan bakar diesel sehingga akan meledak-ledak lalu di buang keknalpot. Sistem kerja dari mesin diesel ini yang menyemburkan BBM hanya pada saat langkah kerja dan menghasilkan tingkat efesiensi yang lebih baik.

Faktor Daya Putar atau Torsi

Seperti Bus membutuhkan torsi dari pada tenaga, karena beban yang di bawa oleh bus biasanya bisa mencapai  puluhan ton dengan muatan yang begitu penuh. Salah satu yang menjadi alasan mengapa bus rata-rata lemot. Jika bus memakai bahan bensin maka akan kesusahan di jalanan yang menanjak karena torsi dari mesin bensin kurang, jadi bus rata-rata menggunakan mesin diesel agar perjalanannya minim kecelakaan.

Torsi dari mesin diesel lebih tinggi karena kompresi di ruang bakar hanya menggunakan udara dan hasilnya menghasilakn torsi yang tinggi di putaran yang sangat rendah. Karena kompresi dari mesin diesel jauh lebih tinggi. Dengan kompresi yang lebih tinggi juga dinding mesin dibuat sangat tebal, sehingga berat mesin diesel akan jauh lebih berat di bandingkan dengan mesin bensin. Mesin diesel mempunyai keunggulan torsi yang mampu bekerja yang dapat di capai pada putaran mesin yang rendah jadi mesin diesel ini mampu bekerja lebih keras. Ada beberapa faktor mesin diesel dapat menghasilkan torsi yang besar yaitu rasio kompresi, laju pembakaranj, turbo, densitas energy, dan panjang stroke. semakin tinggi kompresinya maka akan semakin besar juga torsi yang bisa hasilkan.

 

Faktor Ketangguhan

Pasti kalian pernah melihat video-video bus yang menerjang banjir dengan mudah, pasti kalian bertanya mengapa ya? Karena mesin diesel mempunyai ketangguhan yang baik dan mesin diesel sendiri tidak menggunakan busi seperti kendaran bermontor dan bermobil sehingga bus mampu menerjang banjir dengan mudah apalagi mesin diesel lawas yang masih memakai teknologi konveksional. Oleh sebab itu, dindingnya yang lebih tebal, jika dirawat dengan baik mesin diesel akan lebih awet ketimbang mesin bensin catatan jika dirawat dengan baik rata-rata mesin diesel akan lebih tangguh dan awet dibandingkan dengan mesin bensin. Perawatan rutin dari mesin iesel ini tergolong murah, karena mesin diesel tidak membutuhkan perawatan sebanyak mesin bensin. Dan mesin diesel ini membutuhkan filter bahan bakar jika di hitung-hitung biayanya akan lebih murah di bandingkan dengan mesin bensin.

Lebih Minim Masalah

Mesin diesel senditi tidak memakai sistem mengapian seperti busi, maka masalah kegagalan pun semakin minim. Selama udara lancar dan injector nyemprot solar dan kompresi ada, temperature juga normal dan gas buang normal maka mesin diesel pada bus akan terus menyala sehingga akan minim terjadinya masalah pada mesin.

Lebih Ramah Lingkungan

Jika di bandingkan dengan gas pembuangan dari mesin bensin maka kandungan racun pada pembuangan mesin diesel lebih sedikit di bandingkan bensin. Asap yang tedapat dari kendaraan Bus  di mesin diesel ini menghasilkan kebulan asap hitam. tu ialah karbon seperti arang yang melayang diudara dan akan jatuh ketanah.

Mesin lebih Awet

Alasan lain bus menggunakan mesin diesel karena mesin ini lebih mudah dalam perawatannya dan minim masalah pada mesinnya dan pastinya tahan banting. Oleh sebab itu, material yang di gunakan mesin ini terbuat dari bahan yang sangat kuat seperti baja. Karena mesin diesel ini harus menahan kompresi dan suhu yang sangat tinggi dan dapat di operasikan lebih lama. Mesin diesel ini tidak terlalu memiliki banyak masalah di karenakan tidak menggunakan pengapian seperti busi sehingga minim kegagalan pembakaran saat bekerja. Itu akan membuat penggunaan diesel jadi lebih aman apabila melewati jalan yang menanjak, ekstrim, asal udara dan solar harus setiap hari di cek secara rutin.

Irit Bahan Bakar

Alasan lainnya bus memakai mesin diesel karena irit bahan bakar, mesin ini biasanya menggunakan bahan bakar solar sebagai bahan bakarnya dan juga berputar tidak terlalu tinggi. Hal ini membuat konsumsi bahan bakar menjadi irit di bandingkan menggunakan mesin bensin. Dan bahan bakar solar juga relatif lebih murah di bandingkan dengan bahan bakar mesin besin.

Inilah beberapa penjelasan tentang mengapa bus yang menggunakan mesin diesel di bandingkan dengan mesin bensin yang dapat kami sampaikan kepada anda. Jika anda membutuhkan layanan sewa bus Jakarta, anda bisa menghubungi kami di Andarabus.com.

 

Scroll to Top
Chat Admin Disini