Panduan Sewa Bus Murah Jakarta dan Jenis Armada yang Tersedia

Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan bersama rombongan, sewa bus murah Jakarta menjadi solusi yang andal untuk kebutuhan transportasi Anda nantinya. Karena dibandingkan dengan moda transportasi lainnya, menyewa bus akan terasa jauh lebih efisien dan praktis, serta hemat biaya. Apalagi, selain melayani sewa bus pariwisata di Jakarta, Anda juga bisa memilih armada seperti Elf dan Hiace jika rombongan perjalanan Anda lebih sedikit. Jadi, biaya transportasinya nanti akan tetap terasa enteng di kantong, kan?

Nah, sebelum Anda memutuskan rental bus pariwisata Jakarta yang akan Anda pilih sebagai partner perjalanan Anda nantinya, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis armada yang biasanya ditawarkan. Dengan begitu, setidaknya Anda sekarang sudah bisa membekali diri dengan bayangan seperti apa jenis armada bus yang paling tepat untuk kebutuhan Anda nantinya.

Simak ulasan mengenai jenis-jenis armada bus pariwisata berikut ini dan selamat membaca, ya!

Jenis Armada Bus Pariwisata

1.  Big bus double glass.

andarabus jakarta 41

 

Jenis armada bus yang satu ini sebenarnya termasuk ke dalam kategori single deck, tapi merupakan seri terbaru yang diproduksi oleh para perusahaan karoseri bus di Indonesia. Contoh bus double glass misalnya SR 2 Prime, SHD atau HDD, Avante, dan lainnya. Total kapasitas jenis armada bus double glass adalah 47 penumpang untuk konfigurasi kursi 2-2, atau 59 penumpang untuk konfigurasi kursi 2-3.

Dari segi interiornya sendiri, sebenarnya armada bus double glass tidak terlalu berbeda ketika dibandingkan dengan jenis armada bus lainnya. Hanya saja, karena armada ini memang relatif paling baru, desain interiornya pun terkesan lebih baru dan modern, sehingga harga sewa bus Jakarta yang satu ini juga lebih tinggi.

2. Big bus executive.

Mau Bepergian dengan Bus di Malam Hari? Ikuti 5 Tip Ini Supaya Tetap Nyaman!

 

Dibandingkan big bus double glass, big bus executive memang tidak sebaru seri tersebut. Meski demikian, masih banyak perusahaan sewa bus pariwisata, termasuk sewa bus murah Jakarta, yang masih memilih desain ini bahkan untuk armada terbaru mereka. Pasalnya, desain bus executive tetap terhitung baru dan modern sehingga interiornya tak kalah nyaman dan menarik. Sementara itu, harga sewanya pun bisa lebih murah dibandingkan armada bus double glass.

Beberapa contoh tipe bus yang termasuk ke dalam kategori ini misalnya New Setra (Jetbus 2 atau Jetbus 3), Legacy, dan Zeppelin. Kapasitas penumpang big bus executive sama seperti big bus double glass.

3. Big bus executive limited edition.

Berbagai Jenis Kapasitas Bus Pariwisata di Jakarta dan Keuntungan Menyewanya

Jenis armada yang satu ini merupakan pengembangan dari jenis armada big bus executive. Hanya saja, big bus executive limited edition ini telah dimodifikasi secara khusus demi meningkatkan aspek kenyamanan penumpang. Hal ini ditunjukkan dengan adanya sofa dan ruang interior bus yang terasa lebih lega, yang dilakukan dengan mengurangi jumlah kapasitas penumpang.

Big bus executive limited edition sendiri daoat menampung total 25 sampai 28 penumpang dengan konfigurasi kursi 2-1, atau 22 orang penumpang dengan konfigurasi kursi 2-2 plus sofa. Di samping itu, masih ada tambahan fasilitas lain di dalam bus seperti pantry yang membuatnya berbeda dan lebih mewah serta nyaman.

4. Bus pariwisata medium.

 

Apabila rombongan Anda hanya berkisar antara 20 orang dan maksimal 30 orang, sebaiknya Anda memilih untuk menyewa bus pariwisata medium saja. Apalagi, harga sewa bus medium memang lebih murah dibandingkan harga sewa armada big bus sehingga biayanya jelas akan lebih terjangkau untuk rombongan Anda.

Kapasitas penumpang bus pariwisata medium berkisar antara 27, 29, atau 31 orang dengan konfigurasi kursi 2-2. Sementara itu, dari segi fasilitas maupun interiornya, bus pariwisata medium tidak memiliki perbedaan yang terlalu mencolok. Jadi, pilihan ini akan sangat pas bagi Anda yang akan melakukan perjalanan dengan rombongan yang jumlah kepalanya lebih sedikit.

5. Bus pariwisata medium long edition.

sewa bus jakarta andarabus11

 

Secara garis besar, jenis armada bus pariwisata medium long edition ini memiliki tambahan sasis yang membuat armada mampu menambah beberapa baris kursi untuk meningkatkan kapasitas penumpang. Dengan begitu, armada ini pun mampu menampung jumlah penumpang sampai dengan 35 orang dengan konfigurasi tempat duduk 2-2. Jadi, jika jumlah rombongan Anda di atas 30 orang tapi Anda tidak terlalu membutuhkan big bus yang kapasitasnya mencapai 47 hingga 59, tentu jenis yang satu ini bisa jadi pilihan yang ideal, kan? Apalagi, kapasitas armada bus pariwisata medium long edition yang satu ini sebenarnya bisa mencapai 39 orang, lho!

6. Bus pariwisata medium executive limited edition.

andarabus 34

Kebingungan dengan nama yang digunakan untuk jenis armada bus pariwisata yang satu ini? Tenang saja, karena sebenarnya bus ini merupakan bus pariwisata medium, namun didesain dengan konfigurasi kursi penumpang 2-1 untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi penumpang lewat ruang yang terasa sangat lega. Karena itu, kategori bus pariwisata yang satu ini hanya bisa menampung jumlah penumpang yang lebih sedikit, yaitu hanya 16 orang.

7. Bus Elf atau Hiace.

 

Kedua jenis armada ini paling pas jika Anda hanya akan bepergian bersama dengan rombongan dalam jumlah yang jauh lebih kecil. Selain disewakan oleh perusahaan sewa bus/mobil, armada Elf atau Hiace juga sering dimanfaatkan oleh para pengusaha travel untuk perjalanan darat jarak jauh dalam satu pulau.

Dari segi kapasitas, baik armada Elf maupun Hiace hanya dapat menampung belasan penumpang. Untuk jenis Elf Long, kapasitasnya bahkan bisa ditambahjadi 20 orang penumpang. Karena kapasitas penumpang yang lebih kecil, tak heran kan jika harga sewa Elf pariwisata maupun sewa Hiace murah Jakarta jelas jauh di bawah harga sewa bus? Nah, dengan mempertimbangkan harga sewa Elf di Jakarta maupun harga sewa Hiace, tentu opsi yang satu ini jauh lebih efisien dan ekonomis untuk perjalanan rombongan yang lebih kecil, seperti rombongan keluarga atau teman.

Lalu, Pilih yang Mana?

sewa bus pariwisata jakarta andara

Secara garis besar, pemilihan armada bus yang tepat dari perusahaan rental bus pariwisata Jakarta perlu dilakukan dengan mengutamakan aspek kebutuhan terlebih dahulu. Pastinya, Anda perlu memperhitungkan berapa jumlah orang yang akan melakukan perjalanan. Untuk rombongan besar, tentu jenis armada big bus adalah pilihan yang tepat. Anda juga bisa mengombinasikan dua jenis armada sesuai kebutuhan. Misalnya, untuk rombongan sebanyak 60-70 orang, Anda bisa pilih menyewa dua armada bus pariwisata medium, atau menyewa satu armada big bus plus satu armada Elf atau Hiace.

Setelah kebutuhan Anda diidentifikasi, Anda bisa tentukan pilihan dengan mempertimbangkan harga sewa bus pariwisata murah. Hanya saja, Anda perlu mencatat bahwa memilih sewa bus yang murah bukan berarti memilih yang harganya paling rendah. Sebab, Anda sebaiknya sewa bus Jakarta murah berdasarkan kebutuhan Anda. Di samping itu, pertimbangkan pula faktor kualitas layanan, riwayat perusahaan jasa sewa bus murah Jakarta yang akan Anda pilih, serta rute perjalanan.

 

Tinggalkan Balasan