pantai klayar pacitan

Pantai Klayar Pacitan: Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Anda sedang berada di Pacitan? Kurang rasanya apabila tidak berkunjung di Pantai Klayar Pacitan. Berikut informasinya.

Pantai Klayar

Salah satu spot wisata bahari yang terdapat di Pacitan adalah pantai Klayar. Selain pantai klayar beberapa wisata seperti Gua, Pasir putih, dan beberapa pantai terdapat di pacitan. Pacitan sendiri dikenal dengan sebutan kota seribu Gua. Keindahan alam di Pacitan disuguhkan berupa pantai-pantai dengan hamparan pasir putih.

Objek wisata pantai klayar memiliki jarak tempuh perjalanan 40 km dari kota pacitan. Jalan yang disuguhkan dengan liku berkelok karena berada di deretan bukit-bukit serta gua-gua kecil di pinggir jalan. Di pantai klayar sendiri terdapat pepohonan kelapa dan bukit-bukit di pinggir pantai yang dapat didaki oleh wisatawan sehingga wisatawan yang berkunjung dapat melihat indahnya pantai dari atas bukit.

pantai klayar pacitan

Sejarah Pantai Klayar

Pantai Klayar sebagai salah satu Pantai indah di Pacitan memiliki pemandangan yang begitu indah nan elok. Sejarah pantai klayar berasal dari bahasa jawa yaitu kluyar kluyur yang memiliki arti jalan-jalan. Seperti kawasan pantai lainnya pantai klayar memiliki keunikan yang perlu dikunjungi cocok sebagai tempat wisata untuk healing.

Di Pantai klayar sendiri terdapat bebatuan karang yang indah dan sempurna. Menurut konon cerita, karang-karang bebatuan di pantai klayar  adalah hasil pertarungan makluk gaib yang sering terjadi. Bebatuan ini tersambung dengan karang yang ada di pinggir pantai.

Lokasi Pantai Klayar

Pantai klayar yang berada di Pacitan ini merupakan area pantai dengan pasir putih dan batu karang serta tebing-tebing batu yang mengelilingi wilayah pantai ini. klayar sendiri terletak di Pacitan, Jawa timur berbatasan dengan wonogiri jawa tengah. Pantai Klayar berada tepat di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa timur.

Ketika ingin mengunjungi lokasi Pantai Klayar pengunjung perlu menggunakan alat trasportasi pribadi dikarenakan masih belum begitu banyak transportasi umum. Hal ini dikarenakan kawasan pantai klayar masih sedikit susah dijangkau.

Apabila anda ingin menggunakan bus, dapat dengan jalur bus jurusan solo-pacitan kemudian belok kiri pertigaan dadakan. Setelah itu, belok kanan ke pertigaan candi lalu ikuti saja jalan hingga sampai ke lokasi tersebut. Anda dapat pula menggunakan smartphone anda dengan menggunakan google maps untuk menemukan lokasi pantai klayar.

Jika anda berangkat dari Yogyakarta, anda dapat melalui wonosari, pracimantoro, hingga kawasan pacitan. Tidak perlu cemas diperjalanan akan menemui papan yang menunjukkan jalan menuju pantai klayar. Saat perjalanan anda akan disuguhkan pemandangan alam yang membentang indah mempesona mata anda.

Tiket masuk kawasan Pantai Klayar

Pantai Klayar Pacitan adalah salah satu pantai di jawa timur yang menjadi tempat favorit untuk dikunjungi bersama keluarga, pasangan, maupun orang-orang terkasih. Untuk memasuki kawasan pantai ini tidak perlu mengeluarkan budget yang banyak karena pengelola hanya mematok harga sekitar 5 ribu hingga 10 ribu rupiah. Untuk biaya parkir pun juga cukup terjangkau sekitar 2 ribu hingga 5 ribu rupiah. Cukup murah bukan?

Keunikan Pantai Klayar Pacitan

pantai klayar pacitan

Pantai klayar memiliki keunikan yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya. anda dapat menikmati bantai dengan pemandangan batu karang selain di pinggir juga di bagian tengah yang cocok dijadikan spot foto untuk di upload pada media sosial.

Di pantai klayar sendiri terdapat samudera yang bernama seruling samudera. Nama seruling ini merupakan kejadian alam yang selalu ditunggu-tunggu pengunjung. Mengapa disebut dengan seruling karena di lubang batu karang di balik tebing mampu mengeluarkan suara layaknya seruling. Suara tersebut hadir dari hembusan angin yang bersatu dengan air laut menembus lubang batu karang.

Keunikan lainnya yang terdapat di pantai klayar adalah terdapat air mancur alami. Air mancur ini terjadi akibat terjangan ombak yang tinggi mampu menembus karang. Air ombak kemudian mengalir diantara lekukan karang sehingga membentuk air mancur tinggi.

Hal lainnya yang menjadi keunikan pantai klayar adalah terdapat batu sphinx. Sphinx merupakan bebatuan karang yang dapat terlihat lebih dalam mirip dengan patung singa dengan kepala manusia yang terdapat di mesir. Masyarakat sekitar pacitan melihat fenomena ini dengan watu lumbung. Selain itu, di daerah pantai klayar juga terdapat sumur yang dipercaya sebagai pengobatan dan berenang. Konon bagi orang yang percaya sumur ini akan membawa keberkahan hidup.

Tempat wisata di daerah Pantai Klayar

Di pantai klayar pacitan selain pantai klayar sendiri terdapat objek wisata berupa pantai yang berjejeran di area klayar seperti pantai watu karang yang memiliki jarak 3 km dari pantai klayar, pantai kasap, pantai banyu tibo, pantai buyutan, pantai srau, dan gua gong yang dapat anda kunjungi.

Selain pantai-pantai disekitaran anda dapat melakukan bermain air dan berenang di area tepi pantai. Penyewaan ATV juga disediakan apabila anda ingin mengelilingi area pinggiran pantai. Jika anda ingin bermalam di sekitaran pantai klayar pacitan anda tidak perlu kawatir karena disekitaran pantai terdapat penginapan berupa hotel dan villa, dan guesthouse.

Demikian informasi mengenai pantai klayar pacitan. Semoga informasi yang diberikan dapat membantu anda untuk mengenal pantai klayar dan mengetahui harga tiket serta lokasinya.

Baca Juga: Info Lengkap Wisata Tigaras: Lokasi, Spot, Hingga Harga Tiket Masuk

Scroll to Top
Chat Admin Disini