Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu Pantai Cantik Yang Wajib Dikunjungi

Pergi berwisata di Sukabumi kurang afdol jika tidak mengunjungi Pantai Pelabuhan Ratu. Pantai yang terkenal dengan kisah mistis yang sangat sering menjadi bahan pembicaraan khalayak ramai, ternyata juga memiliki banyak keindahan yang unik daripada tempat lain.

Mengapa keindahan yang ada termasuk unik? Sebab kombinasi pantai yang curam dan lembut. Selain itu, terdapat cagar alam yang berupa hutan dan gunung serta tebing yang agak terjal.

Pantai Pelabuhan Ratu hampir selalu menjadi favorit wisatawan di akhir pekan dan hari libur, yang berdomisili di Jawa Barat dan Jakarta. Destinasi wisata satu ini memang tidak pernah sepi. Selain keindahannya, sejarah misterius, yang memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang penasaran akan hal tersebut.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Pelabuhan Rute

Pantai ini berlokasi di Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43364. Jalan menuju pantai  tersebut tergolong sangat mudah. Karena objek wisata laut ini sudah sangat terkenal oleh masyarakat sekitar. Lokasinya sekitar 60 km sebelah selatan dari pusat Kota Sukabumi, serta jalan masuknya sudah beraspal dan memiliki akses jalaan yang mudah oleh semua kendaraan termasuk bus besar yang sering digunakan rombongan untuk berwisata.

Tiket dan Jam Buka Pantai Pelabuhan Rute

Pantai ini termasuk pantai yang gratis pada tiket masuknya, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli tiket, melainkan cuma perlu mengeluarkan untuk membayar parkir jika membawa kendaraan pribadi. Selanjutnya, Pantai Pelabuhan Ratu beroperasi 24/7, maksudnya 24 jam Senin hingga Minggu nonstop. Hal tersebut menarik bukan? Jarang-jarang ada pantai yang indah namun tetap gratis dan buka 24 jam.

Fasilitas Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu

Fasilitas yang tersedia di area wisata Pantai Pelabuhan Ratu termasuk sangat lengkap, hal itu dapat anda lihat pada informasi di bawah ini:

  • Area parkir yang luas
  • Pusat informasi wisata
  • Restoran seafood
  • Masjid
  • Penyewaan alat surfing
  • Penginapan yang dekat dengan tempat wisata
  • Life Guard

Misteri di Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu terletak di kawasan Pelabuhan Ratu,  kawasan tersebut terdapat beberapa pantai yang masing-masing memiliki cerita tersendiri. Salah satunya adalah pantai Karang Hawu, yang dianggap sebagai pintu gerbang atau pintu masuk ke kerajaan magis Nyi Roro Kidul, Penguasa Lautan. Hal ini mengundang banyak pengunjung yang bertujuan untuk menemui Nyi Roro Kidul dengan cara bermeditasi di tempat tersebut, mereka memiliki maksud untuk menyembuhkan penyakit medis maupun non medis.

Sejarah mistis Pantai yang ada telah berkembang dari mulut ke mulut sejak dahulu kala. Terdapat mitos yang sangat terkenal yaitu larangan penggunaan pakaian berwarna hijau, hal ini diyakini sebagai warna kesukaan Nyi Roro Kidul, sehingga bagi para wisatawan yang berpakaian hijau akan hilang atau hanyut untuk menjadi pasukan ghoib Nyi Roro Kidul.

Hal tersebut juga dapat dibuktikan secara ilmiah, hal ini nampak pada warna air yang cenderung berwarna hijau laut. Dengan demikian jika terdapat wisatawan yang hanyut, akan lebih sulit untuk ditemukan oleh tim SAR, sebab warna yang berkamuflase dengan warna air laut.

Semua itu kembali kepada kepercayaan masing-masing individu, namun alangkah baiknya tidak mencoba mengusik larangan-larangan yang ada sebab hal tersebut pasti ada maksud baiknya.

Kegiatan Wisata Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu menawarkan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Selain itu, ketika anda berwisata bersama keluarga atau teman di lingkungan, ada beberapa wisata yang tersedia di Pantai Pelabuhan Ratu, antara lain:

1. Menikmati Sunset Dan Sunrise

Pergi ke pantai wajib untuk mendapatkan momen sunset atau sunrise, sebab tuhan menciptakan keindahan ini untuk dinikmati oleh para makhluknya. Anda bisa duduk di pantai berpasir yang luas atau duduk di atas batu karang yang menjorok ke laut, menunggu panorama indah yang tercipta oleh perubahan alam. Abadikan keindahan Pantai Pelabuhan Ratu, apalagi saat warna alamnya berubah menjadi orange yang indah.

2. Menikmati Deburan Ombak

Kegiatan selanjutnya yang wajib dilakukan adalah menikmati deburan ombak pinggir pantai yang terkenal sangat kencang. Ombak Pantai Selatan dikenal sangat cepat dan bagus untuk berselancar. Ada banyak tempat selancar terbaik di sekitar Pelabuhan Ratu. Tempat tersebut antara lain Pantai Ujung Gentang, Ombak Tujuh, Cimaja, Karang Haji, dan lain-lain.

3. Bermain di Pinggir Pantai

Bermain air atau pasir saat berada di pantai merupakan salah satu jenis wisata favorit para pengunjung. Apalagi jika Anda bepergian dengan anak-anak. Pantai tersebut tertutup dengan pasir coklat lembut dan beberapa daerah memiliki hiasan dengan batu karang. Anda bisa menikmati suara deburan ombak dan bermain bersama anak-anak di pasir, yang cukup menarik perhatian.

4. Menginap Di Hotel Bersejarah

Menurut catatan sejarah, hotel berbintang itu bernama Inna Samudera Beach Hotel dan telah berdiri dengan dana dari pemerintah Jepang untuk mengimbangi penjajahan Indonesia. Menurut sejarah pembangunan Hotel ini bersamaan dengan pembangunan Hotel Indonesia di Jakarta, Hotel Inna Grand Bali Beach dan masih banyak lagi kawasan lainnya. Tiap hotel memiliki desain yang hampir sama. Keistimewaan lain dari Inna Samudera Beach Hotel Pelabuhan Ratu adalah memiliki kamar yang mendapatkan julukan Kamar Ratu Laut Selatan. Kamar tersebut merupakan kamar 308, yang berisi lukisan Nyi Roro Kidul, karya Basuki Abdullah.

5. Menyaksikan Pesta Laut

Pantai ini terkenal dengan adat dan ritual yang selalu terlaksana pada hari-hari tertentu masih tetap ada. Misalnya, Pesat Laut, yang diadakan sebagai tanda terima kasih kepada para dewa atas ikan yang ditangkap. Berbagai seni lokal dan sosialisasi masyarakat ikut memeriahkan kegiatan festival bahari. Selain itu festival bahari juga biasanya terlaksana pada bulan April dan berlangsung dua hari berturut-turut.

Demikian informasi tentang wisata Pantai Pelabuhan Ratu, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi Anda. Selanjutnya ketika ingin melakukan kunjungan, gunakanlah armada transportasi oleh Andara Bus yang sudah pasti teruji keamanan dan kenyamanannya. Kunjungi website Andara Bus atau sewa bus pariwisata Jakarta untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Have A Nice Day 😊

Scroll to Top
Chat Admin Disini