Pantai Santolo Garut

Pantai Santolo Pantai Eksotis Di Garut

Saat berada di Kota Garut tak ada salahnya jika anda mencoba untuk menjelajahi kota ini. Ada banyak destinasi wisata yang bisa anda eksplor labih dalam lagi. Kota Garut memiliki destinasi wisata andalan yang bisa anda coba saat singgah di kota ini, Pantai Santolo Garut namanya. Pantai dengan hamparan pasir dan deburan ombak yang cantik sangat pas untuk liburan anda.

Tentang Pantai Santolo

Pantai Santolo ini masih termasuk ke dalam jajaran Pantai selatan yang sangat khas dengan deburan ombaknya yang ganas. Namun, dibalik itu Pantai Selatan memiliki pemandangan yang indah dan airnya yang jernih. Begitupun dengan Pantai Santolo juga memiliki keindahan wisata alam bahari yang bisa membuat siapa saja berdecak kagum.

Pantai ini merupakan hilir dari sungai Cilauteurun, yang memiliki garis tepi pantai yang panjang. Selain bisa menyaksikan luasnya lautan, anda juga bisa melihat pemandangan perbukitan hijau yang mengelilingi pantai.

Dulunya pantai ini berama Cilauteureun, namun saat itu bangsa Eropa kesulitan menyebut nama tersebut. Lalu mereka menyebutnya dengan pantai Zon Tulu yang bersal dari bahasa Belanda. Nama tersebut memiliki arti matahari tenggelam. Karena pantai ini menjadi tempat yang pas buat menikmati sunset. Pantai Sontolu ini menjad incara wsatawan saat berada di Kota Garut. Tak hanya wisatawan domestik, pantai ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Mengupas Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Santolo

Tentunya Pantai Santolo Garut memiliki daya tarik sendiri untuk memikat wisatawa. Daya tarik pantai ini tak hanya dari pemandangannya yang indah, tetapi juga berbagai macam kegiatan asik yang ada di sana.

Mitos seputar Pantai Santolo

Berbicara mengenai pantai tentunya tidak terlepas dengan yang namanya mito. Begitu juga dengan Pantai Santolo yang dipercaya masyarakat sekitar memiliki cerita mistis. Masyarakat sekitar percaya jika pantai ini masih berada di kekuasaan Nyai Roro Kidul. Dengan adanya mitos tersebut, akhirnya muncul larangan bagi wisatawan yaitu tidak boleh mengenakan pakaian berwarna hijau. Selain itu wisatwan juga tidak boleh berenang atau bermain air saat dua pekan sebelum dan sesudah bulan ramadhan. Mitos ini masih dipercaya masyarakat hingga saat ini. Namun hal tersebut kembali kepada kepercayaan masing-masing.

Memiliki pemandangan pantai yang mempesona

Pantai dengan garis tepi yang panjang ini memiliki pasir berwarna putih. Di sana anda bisa melihat pantai yang terdiri dari kumpulan batu besar dengan air laut yang biru. Saat air laut surut anda bisa melihat karang-karang di sepanjang pantai. Di tepi pantai anda bisa menjumpai Taman Alam Santolo yang ada binatang-binatang laut.

Banyak perahu nelayan

Pantai ini menjadi tempat perahu nelayan berlabuh setelah berlayar menangkap ikan. Kumpulan perahu layar di tepi pantai ini menyajikan pemandangan khas pantai Santolo yang indah. Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai spot foto dengan background perahu-perahu nelayan.

Memiliki hamparan atol yang cantik

Pemandangan pantai ini semakin cantik dengan adanya hamparan atol seluas 35 hektar. Gugusan karang hitam setinggi 3 meter ini membuat Pantai Santolo mirip dengan Tanah Lot Bali. Batu karang yang menonojol ini dikenal dengan sebutan Karang Kukus. Bentuknya menyerupai suatu pulau bisa terlihat dari kejauhan. Daratan atol ini selalu tergenang dengan air sehingga membuatnya seperti terpisah dari daratan utamanya. Meskipun sebenarnya pulai ini terpisah oleh sungai kecil yang kini menjadi pelabuhan Cilauteureun dan mura yang terpisahkan dengan jembatan gantung.

Menjadi tempat peluncuran LAPAN

Jika anda beruntung, anda bisa menyaksikan peluncuran roket LAPAN atau Lembaga Penerbangan Antariska Nasional. Tentunya ini bakal menjadi peristiwa langka yang tidak bisa anda dapatka di tempat wisata lainnya. Dengan adanya stasiun LAPAN ini menjadi daftar panjang daya tarik yang Pantai Santolo miliki.

Muara Sungai Cilauteureun

Di tempat ini anda bisa melihat fenomena langka di mana air dari laut yang pasang mengalir ke sungai. Peristiwa aneh ini terjadi karena posisi hilir sungai lebih rendah dari bibir pantai. Pemandangan yang aneh ini tentunya hanya bisa anda lihat di Pantai Santolo.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Santolo

Selain bisa menikmati pemandangan yang tersaji, anda juga bisa melakukan kegiatan menarik dan asik di Pantai Santolo. Anda bisa menikmati pantai dengan berkeliling menggunakan perahu yang ada di sana. Ada beberapa pulau kecil di Pantai ini yang bisa anda eksplor dengan perahu ini. tentunya dengn deburan ombak pantai selatan ini akan membuat perjalanan anda lebih seru dan menantang. Pantai Santolo juga memiliki wahana permainan seperti banana boat yang menjadi favorit para pengunjung. Menjadi pantai tempat nelayanmencari ikan tentunya anda bisa dengan mudah berburu kuliner hasil laut di sini. Segala hasil laut mulai dari cumi, gurita, hingga udang bisa anda nikmati sembari menikmati keindangan pantai.

Lokasi Pantai Santolo

Pantai Santolo berada di Kecamatan Cikelet, kabupaten Garut, Jawa Barat. Untuk bisa sampai di Pantai ini anda perlu menempuh jarak sekitar 88 km dari Kota Garut. Jaraknya yang lumayan jauh dari pusat Kota, tentunya membutuhkan waktu tempuh yang lebih lama. Oleh karena itu, disarankan buat anda untuk menggunakan transportasi yang aman dan nyaman. Apalagi ditambah dengan kemacetan yangs ering terjadi, bisa membuat waktu perjalanan anda menjadi lebih lama. Namun anda tak perlu khawatir, transporasi yang aman dan tentunya aman bisa anda dapatkan di Sewa Bus Pariwisata Jakarta.

Scroll to Top
Chat Admin Disini