curug cilember bogor

Wisata Curug Cilember Puncak Bogor

Bogor yang terkenal sebagai kota hujan memang tak kalah menariknya untuk dikunjungi sebagai tempat berlibur. Khususnya bagi masyarakat sekitar Jakarta, Puncak Bogor menjadi tujuan tempat wisata untuk menghabiskan waktu liburannya. Ada banyak destinasi wisata yang bisa anda temui seperti Curug Cilember Bogor.

Curug Cilember memiliki pesona alam yang luar biasa. Wisata alam Curug Cilember Bogor memiliki 7 curug sekaligus dalam satu lokasi. Tak hanya itu saja, ada juga taman burung dan taman kupu-kupu sebagai destinasi wisata lainnya.

Ingin tahu lebih lanjut lagi tentang pesona Curug Cilember? Mari kita simak dalam ulasan artikel berikut ini.

Sekilas tentang Curug Cilember

Dari sekian banyakanya tempat wisata du Kota Bogor, keberadaan Curug Cilember Bogor memang tidak bisa diabaikan. Meskipun bukan destinasi wisata baru, Curug ini tetap populer di kalangan masyarakat hingga saat ini. Menjadi salah satu destinasi andalan Kota Bogor sejak tahun 1990 dan resmi menjadi tempat wisata tahun 2000. Curug ini dikelola oleh Perhutani secara langsung, sehingga kelestariannya tetap terjaga.

Terletak di kawasan seluas 5,9 hektar, curug ini berada di ketinggian 900 mdpl. Tak heran jika udara di tempat ini sangat sejuk dan dingin. Rata-rata suhunya bisa mencapai 18 sampai 23 derajat. Dinginnya udara di sini sangat cocok untuk anda yang ingin menghilangkan penat dari segala aktivitas.

Daya Tarik Curug Cilember

Mitos Curug Cilember

Sebelum kita mengupas daya tarik Curug Cilember, kita ketahui dulu asal muasal dari curug ini. Nama Cilember ini berasal dari gabungan dari dua kata yaitu Ci dan Lember. Ci atau cai memiliki arti air, sedangkan Lember artinya jamur. Jadi arti nama Cilember yaitu lokasi tumbuhnya jamur.

Bukan hanya namanya yang unik, mitos yang terdapat di tempat ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Konon penduduk setempat percaya jika air terjun ini menjadi tempat pemandian para putri dari kerajaan Siliwangi. Mereka juga percaya jika Raja Siliwangi masih menjaga curug ini sampai sekarang. Selain itu, juga beredar kepercayaan jika membasuh muka dengan air Curug Cilember anda akan awet muda, mendapat kekuatan dan jodoh. Benar tidaknya mitos tersebut kembali lagi pada kepercayaan kita masing-masing. Sehingga tak heran, jika anda berkunjung ke tempat ini, anda akan menemui banyak wisatawan yang mandi atau sekedar cuci muka di curug tersebut.

Memiliki 7 Curug

Uniknya, Curug ini memiliki 7 curug yang bisa anda kunjungi. Setiap curugnya memiliki daya tarik masing-masing. Semakin tinggi letaknya, medan yang perku dilewati juga semakin sulit. Namun, semua itu akan terbayar dengan keindahan yang bisa anda nikmati. Curug 7 menjadi curug yang paling dekat dan tentunya paling banyak pengunjungnya. Semantara curug 1 yang merupakan curug tertinggi membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan untuk mencapai puncak curug.

Inilah mengapa kebanyakan pengunjung hanya sampai curug no 5 saja. Namun, tak sedikit juga yang hingga mencapai curug no 1, biasanya mereka yang sudah berpengalaman treking. Sementara wisatawan awam biasanya mengunjungi curug 7 selain mudah ditempuh, curug ini juga sudah memiliki fasilitas dan sarana yang lengkap.

Sebagai curug pertama, curug 7 ini memiliki dua air terjun yang berdampingan. Meskipun berdampingan, kedua air terjun ini mempunyai kontur yang berbeda. Air terjun yang pertama berundak dengan lekukan yang menawan. Dengan vegetasi alami yang tumbuh di sekitar tebing membuat air terjun ini menjadi lebih eksotis.

Aliran air yang jatuh dari ketinggian menghantam bebatuan sungai di bawahnya menimbulkan suara gemricik yang menenangkan.  Arus airnya yang tidak terlalu deras dan dangkal curug 7 ini sangat aman buat bermain air maupun berenang.

Meskipun perlu menempuh perjalanan yang lumayan panjang, anda tak perlu khawatir tersesat. Karena sepanjang jalan telah dilengkapi dengan petunjuk jalan dan juga peta. Selama di perjalanan menuju curug anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang tak kalah indah, sehingga ada tidak merasa bosan dan cepat lelah.

Aliran air curug ini sangatlah jernih dan segar yang akan memikat siapa saja untuk menyelaminya. Anda bisa berenang di sana ataupun sekedar bermain air. Sensasi airnya yang dingin dan  segar dengan suara gemricik air bisa menenangkan hati dan pikiran anda.

Lokasi Curug Cilember

Curug yang indah nan cantik ini berada di desa Cilember, Bogor, Jawa Barat. Untuk bisa ke curug ini anda harus menuju Jl. Raya Puncak KM 15, Cisarua, Megamendung. Anda bisa dengan mudah menemukan lokasi ini, karena telah ada petunjuk jalannya. Akses jalan menuju lokasinya pun telah memadai dan bisa dilewati dengan berbagai jenis kendaraan. Anda bisa menggunakan jasa Sewa Bus Pariwisata Jakarta untuk berlibur ke Curug Cilember.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Agar bisa menikmati keindahan curug ini anda harus mengeluarkan uang sebesar 25 ribu untuk wisatawan lokal. Sedangkan wisatawan asing harus membayar sebesar 75 ribu. Jam operasional curug ini buka mulai jam 06.00 hingga jam 17.00 WIB dan buka setiap hari. Waktu yang pas buat mengunjungi curug ini yaitu di pagi hari dan selain weekend. Karena saat hari libur curug ini sangat ramai dan penuh wisatawan.

baca juga :

Scroll to Top
Chat Admin Disini