Rekomendasi Wisata Jakarta Murah

Anda warga Jakarta? Berencana untuk liburan namun bingung mau kemana? Keluar Jakarta terlalu jauh sedangkan pekerjaan anda begitu menumpuk? Jangan galau lagi, kami akan memberikan informasi terkait tempat-tempat wisata yang recommended banget buat kamu yang ingin liburan tapi tidak ingin jauh-jauh. Di Jakarta sebenarnya ada banyak sekali objek wisata yang bisa kamu kunjungi bersama orang tersayang dan keluarga tercinta. Yuk, simak ulasan berikut untuk mengetahui lokasi yang murah meriah.

Rekomendasi Wisata Jakarta Murah

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan bisa jadi lokasi wisata yang seru tapi tidak menghabiskan banyak uang loh. Bagaimana tidak? Harga tiketnya saja hanya berkisar sekitar Rp. 4.000/orang. Anda tidak mungkin keberatan bukan? Sesuai namanya yaitu kebun binatang, kebun binatang ragunan ini memiliki beragam fauna yang dapat anda temui. Berjumlah lebih dari 2000 satwa membuat kebun binatang ragunan ini sangat ramai dikunjungi baik bagi para remaja, orang tua terutama anak-anak yang baru belajar mengenal satwa. Mengajak buah hati ke lokasi ini akan menambah pengetahuannya tentang jenis satwa karena selain bisa melihat langsung bentuk hewannya, anak-anak juga dapat mengenal jenisnya melalui papan-papan nama yang ada di lokasi tersebut. Lokasi ini begitu rindang dengan banyaknya pepohonan sehingga anda tidak lagi merasa kepanasan.

Museum Fatahilah

Apakah anda pecinta sejarah? Jika iya, anda bisa menjadikan Museum Fatahilah ini sebagai salah satu tujuan wisata anda. Museum Fatahilah dapat menjadi media edukasi untuk keluarga atau bahkan anak-anak sehingga mereka akan dapat lebih mengenal sejarah. Jika di Yogyakarta ada Museum Dirgantara yang isinya ialah peninggalan benda-benda kedirgantaraan, di Jakarta ada Museum Fatahilah yang terletak di sekitar Kota Tua Jakarta yang menyimpan berbagai peninggalan zaman penjajahan Belanda. Satu hal yang perlu anda tahu bahwa gedung yang saat ini digunakan sebagai Museum Fatahilah ini dulunya adalah markas VOC pada zaman pendudukan Belanda. Museum penuh sejarah ini sangat cocok anda kunjungi apalagi anda gemar mempelajari sejarah. Tiketnya pun tidak dibandrol dengan harga yang tinggi yaitu hanya Rp. 5000/orang sehingga tidak akan merogoh kantong anda terlalu dalam bukan? Tunggu apalag yuk berkegiatan wisata Jakarta dengaan bus pariwisata Jakarta.

Taman Mini Indonesia Indah

TMII atau Taman Mini Indonesia Indah merupakan salah satu objek wisata yang besar dan ramai di kunjungi. Bagaimana tidak? Di TMII inilah kita dapat menjumpai miniatur kebudayaan di Indonesia. Selain kebudayaan, Taman Mini Indonesia Indah juga menyediakan miniatur pulau-pulau Indonesia yang diletakkan disalah satu sisi danau. TMII seringkali menjadi lokasi pertemuan atau kegiatan tertentu yang mengundang banyak pihak bahkan hingga kegiatan Internasional. Jangan heran jika anda menemukan banyak sekali turis mancanegara berkeliaran di TMII karena mereka datang untuk mengedukasi diri dan mengenal lebih dalam tentang Kebudayaan serta Keindonesiaan. Terdapat pula berbagai wahana permainan yang dapat anda coba bersama keluarga. TMII ini buka setiap hari sehingga anda bisa kapan saja berkunjung ke lokasi ini.

Monumen Nasional

Anda pasti sudah familiar dengan nama Monumen Nasional bukan? Jika belum mengenalnya, setidaknya pasti anda sering mendengar kata Monas bukan? Ya, Monumen Nasional di Jakarta ini lebih akrab disapa Monas. Monumen Nasional ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi anda yang hendak berlibur di Jakarta namun tidak mau merogoh kocek terlalu dalam. Uang Rp. 5000 sudah bisa mengantarkan anda berkeliling monas, namun anda juga bisa menikmati pemandangan dari puncak monas dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp. 10.000. Jika anda ingin mengunjungi monas, anda bisa datang mulai jam 8.00 WIB hingga jam 15.00 WIB setiap hari. Monas merupakan monument tertinggi di Indonesia dan keistimewaan lainnya yang ada pada monas ini ialah di puncak monas yang berbentuk kobaran dilapisi dengan emas.

Planetarium Taman Ismail Marzuki

Jika Museum Fatahilah memamerkan benda-benda peninggalan Belanda, ada pula sejenis museum yang memamerkan berbagai bentuk planet, bintang serta benda-benda luar angkasa yang terletak di Planetarium Taman Ismail Marzuki. Objek wisata yang satu ini juga bisa menjadi alternative pilihan bagi anda yang ingin berlibur dengan keluarga serta buah hati anda. Disini anda bisa mengajak buah hati untuk berwisata sekaligus belajar tentang tata surya alam semesta. Anda tidak perlu takut berkunjung ke lokasi ini akan menghabiskan banyak uang karena disini harga tiket per orang hanya dibandrol dengan harga kurang dari Rp. 10.000 untuk orang dewasa sedangkan untuk anak-anak harganya ialah setengah dari harga tiket orang dewasa.

Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta merupakan salah satu objek wisata bernuansa luar Negeri yang ada di Jakarta. Nuansa yang diberikan ialah nuansa kenangan masa lampau dengan berbagai bangunan masa colonial belanda. Di lokasi ini anda bisa berfoto ala-ala luar Negeri dengan ditemani burung merpati yang aktif berkeliaran, memberi makan burung, jalan-jalan, bersepeda, menikmati street art hingga mengunjungi berbagai museum yang ada di sekitar Kota Tua Jakarta.

Taman Situ Lembang

Meskipun dikenal sebagai kota metropolitan yang jauh dari kata keasrian, Jakarta masih memiliki banyak Ruang Terbuka Hijau yang bisa anda jadikan pilihan untuk bersantai ria dari hiruk pikuk kota. Salah satu RTH yang bisa anda kunjungi adalah Taman Situ Lembang di kawasan Menteng. Terdapat berbagai jenis pohon yang menghiasi lokasi ini ditambah dengan danau-danau buatan yang semakin menambah nilai keasrian. Berbagai spot peristirahatan disediakan di taman ini agar para pengunjung yang ingin menikmati bekal dapat beristirahat dengan nyaman.

 

Taman Suropati

Selain Taman Situ Lembang, Jakarta juga memiliki Ruang Terbuka Hijau lain yang memang terus dilakukan pengembangan oleh Pemerintah Kota Jakarta. Hal ini dilakukan agar terjadi keseimbangan antara areal yang digunakan untuk ruang terbuka hijau dengan kawasan industry, perumahan dan lain-lain. Salah satu ruang terbuka hijau di Jakarta yang didesain dalam bentuk taman yang juga menjadi tempat refreshing hits di kalangan anak muda ialah Taman Suropati. Dari segi luas areal sebenarnya taman ini tidak memiliki areal yang luas, namun dengan banyaknya spot foto di taman ini sangat menarik perhatian pengunjung sehingga banyak yang berdatangan di lokasi tersebut. Selain spot foto yang begitu menarik, objek wisata satu ini sangat murah meriah karena anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun untuk dapat mengunjungi lokasi tersebut. Taman ini sangat recommended untuk anda yang ingin refreshing santai bersama keluarga tercinta, sekedar jalan-jalan, menikmati alam atau duduk santai karena di lokasi ini juga tersedia banyak tempat duduk untuk beristirahat.

Museum Tengah Kebun

Museum Tengah Kebun merupakan tempat wisata di Jakarta yang tidak memerlukan biaya untuk dapat mengunjunginya alias gratis. Jika anda ingin mengunjungi tempat ini, anda harus melakukan reservasi atau booking tempat terlebih dahulu dan anda juga harus melakukan wisata secara rombongan paling tidak terdapat 7 hingga 12 orang. Hal ini berhubungan dengan ketersediaan ruangan. Museum ini bisa dikatakan sebagai museum yang unik dan berbeda dengan museum-museum lainnya. Seperti namanya museum ini berada di tengah-tengah kebun sehingga tidak terkesan kaku dan begitu normal. Di museum ini anda bisa menemukan berbagai barang unik yang dipamerkan.

Wisata Angke Kapuk

Suntuk dengan berbagai pekerjaan dan hiruk pikuk kota Jakarta? Ingin berlibur tidak jauh namun tetap merasakan nuansa alam yang natural? Wisata Angke Kapuk menjadi rekomendasi berikutnya untuk anda yang ingin refreshing dan berwisata dengan nuansa alam yang sangat kental. Di lokasi ini anda dapat menjumpai ratusan pohon bakau yang indah dan bagus sebagai spot foto. Selain itu, anda juga dapat berfoto ria di jembatan kayu yang panjang dan sengaja di bangun dengan tata letak serta desain yang indah.

Setu Babakan

Setu Babakan bisa dikatakan sebagai salah satu desa wisata di Indonesia tepatnya desa wisata yang ada di Jakarta. Dengan nuansa kampung betawi, anda bisa berkomunikasi dengan masyarakat asli betawi dan menikmati makanan khas Betawi. Lokasi kampung ini memang berada di perkampungan Betawi yang ada di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Di Kampung ini anda tidak harus berjalan kaki, anda bisa mengelilingi kampung ini dengan menggunakan perahu kayuh yang disediakan oleh masyarakat untuk para pengunjung yang ingin mengelilingi kampung ini. Untuk dapat menaiki perahu kayuh ini, anda hanya perlu membayar sebesar Rp. 10.000/orang hitung-hitung untuk biaya pengelolaan perahu kayuh oleh masyarakat setempat.

Pasar Barang Antik Cikini

Sesuai dengan namanya, pasar barang antic Cikini merupakan sebuah pusat perbelanjaan barang-barang antic yang ada di daerah Cikini tepatnya di Jalan Surabaya. Di pasar ini anda bisa menemukan berbagai barang antik yang unik mulai dari jam tangan, lampu, telfon rumah antic dan berbagai barang antic lainnya. Barang-barang antic tersebut sangat cocok dan memberikan kesan mahal jika digunakan untuk koleksi di rumah meskipun hanya digunakan sebagai pajangan semata. Keperluan tawar-menawar menjadi penting untuk anda yang ingin membeli berbagai barang antic disini agar tidak mendapatkan harga yang begitu mahal. Namun, jika anda tidak ingin membeli barang-barang antic disini anda bisa berfoto ria karena lokasi ini bisa digunakan sebagai spot foto dengan suasananya yang begitu instragamable.

Pecinan Glodok

Lokasi berikutnya yang sangat recommended untuk anda yang ingin berwisata di kota Jakarta ialah Pecinan Glodok. Berlokasi di sekitar kota Tua, Pecinan Glodok ini merupakan tempat berupa bangunan China Town. Di Lokasi ini anda dapat menikmati keindahan bangunan khas China dengan arsitektur dan ornament yang berciri khusus berwarna merah. Selain itu, anda juga bisa mengunjungi vihara serta klenteng yang juga tersedia di lokasi ini.

 

Itulah rekomendasi tempat wisata Jakarta yang dapat anda kunjungi di akhir tahun 2020 ini. Untuk anda yang ingin melakukan kegiatan wisata di Jakarta anda bisa menggunakan bus pariwisata Jakarta untuk menemani perjalanan wisata anda di Kota Jakarta. Yuk, jangan ragu lagi untuk melakukan sewa bus pariwisata Jakarta agar wisata anda lebih berkesan dan tidak harus berlelah ria karena harus mengendarai mobil sendiri.

Tinggalkan Balasan