Sejarah Perkembangan Bus Pariwisata

Tahun 1905 merupakan awal mula kemunculan ide untuk membuat bus  yang diinisasi dengan adanya kendaraan bermotor yang mengantikan kuda sebagai alat transportasi. Jika saat ini kita mengenal istilah omnibus, maka pada saat itu hingga saat ini di Prancis dan Inggris masih menggunakan istilah autobus untuk kendaraan omnibus bermotor. Tahun 1827 omnibus mulai dioperasikan di Amerika Serikat melalui pelintasan di Kota New York lebih tepatnya di Jalan Broadway. Pemilik pertama bisnis omnibus ialah bernama Abraham Brower.

sewa bus pariwisata jakarta

Mobil jalanan merupakan bentuk dari kemajuan yang paling penting dalam sejarah omnibus. Sebelumnya, mobil jalanan ditarik dengan kuda sedangkan mobil jalanan yang sudah lebih maju tersebut adalah adanya rel terbuat dari baja yang terletak di tengah jalan. Selain rel yang terbuat dari baja, roda untuk mobil jalanan juga terbuat dari baja. Pertama kali mobil jalanan yang berhasil beroperasi ialah buatan John Stephenson, seorang keturunan Irlandia dan kemudian mobil jalanan tersebut menjadi hak milik John Manson. Mobil jalanan tersebut pertama kali dioperasikan di New York tepatnya di Jalan Browery.

Perkembangan Model Bus

Mulai tahun 1830-an, bus dengan tenaga uap sudah mulai dibuat dan dioperasikan sekaligus secara perlahan mulai menggantikan bus yang ditarik oleh kuda. Kemudian di perkembangan berikutnya mulai terdapat bus yang bertenaga mesin konvensional. Ini merupakan penemuan bus dengan troli elektronik yang dapat berfungsi dengan adanya seperangkat kabel dengan jumlah yang banyak. Bus pertama kali muncul seiring dengan perkembangan mobil. Bus bertenaga mesin pertama kali diluncurkan pada tahun 1895 yang kemudian mulai terdapat pengembangan model bus di tahun 1900-an.

Bus Pariwisata
Sumber Gambar : Wikimedia.org

Kemudian perkembangan demi perkembangan model bus terus dilakukan hingga pada tahun 1950-an terbentuklah bus secara utuh. Perang Dunia ke-II juga menjadi momen bersejarah dalam pengembangan bus karena di awal abad 20 itulah bus menjadi solusi untuk mengangkut penumpang karena jika menggunakan mobil pribadi sangat tidak efisien di kondisi dan situasi saat itu.

Saat ini kita sudah banyak mengenal bus yang ada di Indonesia dengan berbagai ukuran serta fasilitas yang berbeda-beda. Di Indonesia, bus dibedakan dengan kategori-kategori tertentu seperti ukuran bus, kelas, jenis serta jarak. Jenis bus dibedakan menjadi 3 jika didasarkan pada ukurannya yaitu bus besar (big bus), bus sedang (medium bus) hingga bus kecil atau yang sering disebut sebagai bis mini/mini bus.

Jika didasarkan pada kelasnya, bus di Indonesia dibagi menjadi bus dengan kelas ekonomi, bus kelas bisnis rs, bus bisnis ac, bus eksekutif, dan super eksekutif. Bus dengan berbagai kelas tersebut dibedakan oleh jenis-jenis fasilitas yang diberikan.

Selain bus diatas yang biasanya dipegang oleh perusahaan bus pariwisata, terdapat pula jenis bus antarkota antarprovinsi atau sering disebut bus AKAP. Bus AKAP didesain untuk memenuhi kebutuhan penumpang atau masyarakat untuk melakukan perjalanan antar kota hingga provinsi. Biasanya, bus-bus tersebut terikat pada trayek. Sehingga kita tidak bisa melakukan request seperti saat menggunak bus pariwisata yang sudah disewa.

Bus AKAP selalu mengikuti trayek yang sudah tersedia. Selain bus AKAP, ada pula bus yang terikat dengan trayek juga akan tetapi beroperasi di satu daerah atau satu kabupaten/kota saja. Contohnya ialah metromini, bus kota, patas dan bus pedesaan lainnya.

Jenis Coach/Motorcoach

Sumber Gambar : Wikimedia.org

Bus biasa juga memiliki model yang digunakan untuk berpergian jarak jauh dan biasa disebut dengan coach atau motorcoach. Bus dengan layanan ini sebenarnya hampir sama dengan bus lainnya, yaitu mengangkut penumpang dengan jumlah tertentu (lebih banyak dari kendaraan pribadi), namun bedanya pada sewa bus ini terdapat fasilitas yang dibuat sedemikian rupa agar penumpang dapat dengan nyaman melakukan perjalanan jarak jauh. Adapun fasilitas yang dimaksud ialah seperti kursi yang lebih nyaman, tempat bagais, mesin lebih besar, dilengkapi dengan AC sekaligus toilet serta adanya sistem audio/video yang berguna untuk menghilangkan kebosanan penumpang.

Mesin dibuat lebih besar sekaligus lebih baik karena bus jenis ini biasanya digunakan sebagai jasa sewa bus seperti sewa bus jakarta untuk melakukan perjalanan jarak jauh yang diinginkan penumpang dengan tujuan tertentu. Tujuan penumpang tersebut tidak dapat diprediksi bagaimana keadaan jalannya sehingga mesin yang lebih akan berguna jika ternyata trayek yang harus dilalui cukup berat medannya.

Bus Tingkat

Sumber Gambar : wikimedia.org

Bus tingkat merupakan bus yang dibuat dengan desain seperti rumah tingkat namun kali ini yang dibuat tingkat adalah bus. Bus dirancang dengan dua lantai sehingga dapat memuat penumpang yang lebih banyak. Bus wisata dengan desain tingkat seperti ini dapat dengann mudah kita temui di Jakarta dan berbagai kota besar di luar Negeri seperti London, California dan lain-lain.

Bus Sekolah

bus sekolah

Kita pasti sering melihat bus sekolah, sesuai namanya bus yang satu ini memiliki fungsi utama untuk mengantar anak sekolah dari rumah hingga ke sekolahnya masing-masing. Amerika Serikat merupakan salah satu Negara yang menerapkan adanya bus sekolah dimana bus-nya memiliki ciri khusus yaitu warnanya kuning serta dilengkapi pula dengan peringatan lalu lintas. Selain itu, bus sekolah juga memiliki perlengkapan pengaman yang digunakan ketika para penumpang naik atau turun dari bus.

Bus sekolah biasanya dioperasikan oleh kewenangan sekolah masing-masing atau distrik sekolah, serta ada juga yang dioperasikan oleh penyedia jasa bus sekolah yang sudah dikontrak baik oleh pemerintah atau oleh distrik sekolah. Sedangkan di Indonesia sendiri, bus sekolah biasanya dikelola oleh pihak sekolah masing-masing. Banyak sekolah swasta yang memanfaatkan program bus sekolah untuk mempermudah siswa-siswinya menempuh perjalanan dari rumah ke sekolah atau sebaliknya.

Bus Belajar

Kita sering melihat mobil yang dibelakang atau depan bagian mobil diberi tulisan “Latihan” bukan? Hal ini menandakan bahwa mobil yang sedang dioperasikan tersebut sedang digunakan untuk latihan oleh pengemudinya. Hal ini berfungsi, agar kita sebagai pengguna jalan yang lain lebih berhati-hati ketika berada di dekat mobil tersebut. Hal itu tidak hanya berlaku pada mobil saja, driver bus juga perlu melakukan latihan agar bisa menjadi driver untuk mengemudi bus dengan benar.

Oleh karena itu, jasa sewa bus atau perusahaan bus biasanya menyediakan program bus belajar dimana bus tersebut digunakan untuk belajar atau latihan. Baik oleh masyarakat umum atau driver baru di perusahaan sewa bus tersebut.

Operator Bus di Indonesia

Jika kita berpapasan dengan bus-bus di jalan atau kita sedang berada di terminal bus, pasti kita seringkali melihat tulisan PO. PO merupakan kepanjangan dari Perusahaan Otobus. Perusahaan Otobus atau Operator Bus merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan jasa sewa bus contohnya adalah sewa bus pariwisata Jakarta atau jasa angkutan bus untuk penumpang hingga barang. Adapun contoh-contoh operator bus di Indonesia ialah Smber Kencono, RAYA, EKA-MIRA dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan