Sejarah PO. Bus AKAS|Bus Pariwisata Jakarta

Bus Pariwisata Jakarta sudah banyak dan bisa kita jumpai dimana saja. Namun, sudah tahukah anda tentang sejarah PO AKAS? Ya, PO AKAS merupakan Perusahaan Otobus terbaik di Indonesia. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh fasilitas serta kenyamanan yang diberikan perusahaan kepada setiap penumpang. PO AKAS sebagai PO yang terkenal di Jawa Timur ini memiliki sejarah yang sangat unik, yuk simak ulasan berikut untuk mengetahuinya.

Masyarakat asli Jawa Timur ataupun pendatang pasti sangat familiar dengan PO AKAS karena memang keberadaannya di Jawa Timur sudah sangat terkenal.

Sejarah Bus Akas

Bus Pariwisata Jakarta

PO AKAS memiliki sejarah yang sangat unik dan menarik. Bagaimana tidak? Keberadaan bus AKAS ini tidak terlepas dari sebuah bengkel yang berada di Probolinggo. Bengkel tersebut dimiliki serta didirikan oleh H. Karmat Amat tepatnya pada tahun 1934. Ya, sebelum Indonesia merdeka. Bengkel ini memang didirikan pada saat Indonesia masih dalam masa penjajahan. Salah satu fungsi utama dari bengkel ini sendiri ialah sebagai lokasi perbaikan alat atau senjata para pejuang kemerdekaan.

Setelah melalangbuana sebagai bengkel untuk perbaikan atau dalam kata lain service alat, bengkel ini kemudian merambah bisnisnya ke bidang angkutan darat hingga pada akhirnya tahun 1956 bengkel ini resmi diberi nama PO BUS AKAS dan memiliki legalitas sebagai badan usaha yang berbentuk CV. PO AKAS diberi nama sesuai dengan nama pendirinya dimana AKAS merupakan singkatan dari Amat Karman Ali Sekeluarga.

Seiring berjalannya waktu, PO AKAS terus mengalami perkembangan seperti penambahan armada dan perusahaan inipun diturunkan untuk dikelola oleh putra-putri dari Bapak H. Karman Amat sebagai penerus. Tidak heran jika PO AKAS ini menjadi perusahaan otobus ternama di Jawa Timur.

Armada BUS AKAS

Berbagai armada yang tersedia di PO AKAS ini yaitu PO AKAS I, PO AKAS II, PO AKAS III, serta PO AKAS IV. Setiap armada AKAS ini memiliki tujuan trayek masing-masing dengan menyediakan armada khusus untuk pariwisata.

Salah satu pelayanan yang membuat PO AKAS ini tetap konsisten ialah perawatan yang dilakukan oleh perusahaan ke setiap armadanya sangat rutin. Layanan bus pariwisata serta kelas eksekutif terus diperbarui armadanya untuk meningkatkan pelayanan.  Contoh saja, pada PO AKAS IV layanan untuk pariwisata menjadi konsentrasi yang diunggulkan sehingga unit yang digunakan ialah Gold Edition serta Chrome Edition.

Pelayanan PO Bus AKAS

Di Jawa Timur, PO AKAS ini terkenal sebagai penyedia layanan trayek bus AKAP. Namun, sebenarnya PO AKAS juga memiliki berbagai layanan eksekutif ke berbagai kota di Indonesia. Trayek pariwisata andalan dari PO AKAS ini ialah Surabaya-Denpasar. Selain karena Denpasar menjadi kota yang paling banyak dituju untuk kegiatan touring, armada yang digunakan juga merupakan armada terbaik dengan kualitas eksekutif yaitu Executive 32 yang dikelola oleh PO AKAS IV. Armada tersebut menyediakan berbagai fasilitas seperti AC, musik/MP3, reclining seat, tempat untuk kaki, toilet, TV serta makan (food). Harga tiket untuk PO AKAS kelas tersebut kurang lebih Rp. 204.800 per tiket yang digunakan untuk perjalanan Surabaya-Denpasar. Cukup terjangkau dan sangat nyaman untuk menemani perjalanan anda bersama keluarga atau orang tersayang.

Melihat perkembangannya saat ini, bisa dibilang PO AKAS merupakan perusahaan otobus yang sukses di bidang angkutan darat. Ini sangat worth it karena perjuangan yang dilakukan oleh PO AKAS untuk menuju diatas seperti sekarang ini sangat tidak mudah. Berbagai problematika telah dilalui mulai dari adanya permasalahan sengketa tanah keluarga besar H. Karman Amat ini hingga dugaan-dugaan penimbunan bahan bakar yang sempat ramai beberapa waktu lalu. Berbagai problem tersebut tidak menyurutkan perjuangan PO AKAS ini seingga sampai detik ini bisnisnya masih terus mengalami perkembangan.

Itulah ulasan singkat mengenai sejarah PO AKAS yang dapat anda jadikan referesi. Semoga membantu. Bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan anda dapat mengunakan jasa sewa bus pariwisata Jakarta Andara Bus. Bus Jakarta memiliki berbagai armada yang dapat anda pilih untuk menemani perjalanan anda. Terdapat berbagai jenis bus pariwisata Jakarta yang dapat anda sewa.

Bus Pariwisata Jakarta Andara Bus

Tunggu apa lagi yuk sewa bus pariwisata jakarta di Andara Bus. Andara bus memiliki banyak jenis armada yang dapat anda pilih untuk menemani perjalanan wisata anda. Selain jenis armada yang beragam, benefit lain yang dapat anda peroleh dari menyewa bus di Andara Bus ialah anda dapat menyesuaikan pilihan jenis armada dengan budget yang anda miliki serta kapasitas penumpang yang anda butuhkan.

Tinggalkan Balasan