Sistem Keselamatan dalam Layanan Sewa Bus Pariwisata Depok

Teknologi yang ditanamkan dalam bus semakin maju seiring dengan meningkatnya penggunaan bus. Teknologinya pun sudah cukup canggih sehingga kenyamanan penumpang selama perjalanan sangat terjamin. Tentu dari sistem keamanan pun semakin baik. Agar lebih merasa akan dalam perjalanan, sebaiknya ketahui dulu yuk apa saja sistem keamanan yang tersedia dalam layanan sewa bus pariwisata Depok.

sewa bus pariwisata depok

Sistem Keselamatan Kendaraan untuk Keamanan Perjalanan

Sistem keselamatan dalam sebuah bus merupakan hal yang paling penting disamping kenyamanan. Ada 10 sistem keamanan kendaraan yang berlaku di Indonesia. Sebaiknya Anda mengetahui semua sistem tersebut agar saat melakukan survey bisa mengecek secara langsung. Inilah sistem keamanan yang akan digunakan untuk memaksimalkan perlindungan saat menggunakan layanan sewa bus pariwisata Depok

Electronic Braking System

Sistem keamanan ini bekerja dengan ABS. EB berkerja dengan cara mengontrol tekanan yang bervariasi. Selanjutnya tekanan tersebut akan didistribusikan ke setiap roda dengan memperhatikan kondisi muatan, kecepatan dan lain sebagainya. Sistem ini juga mampu cepat merespon adanya pengereman yang mendadak. EBS akan bekerja dengan meneruskan tekanan pedal secara elektronik sehingga dapat menghemat bahan bakar.

AntiLock Brake System

Sistem satu ini diterapkan pada sistem pengereman. Jika supir melakukan pengereman mendadak, maka ABS akan bekerja dengan optimal. Dengan adanya sistem ini, tidak terjadi penguncian roda sehingga kendaraan lebih aman dari resiko buruk. Kerap kali terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, lalu kendaran terus melaku hingga muncul kecelakaan beruntun.

Lane Departure Warning

Sistem ini dibantu dengan penempatan kamera di bagian depan atau spion bus pariwisata VIP. Kamera bertugas untuk mendeteksi garis marka jalanan. Teknologi ini akan mendeteksi jika bus keluar dari jalur dan akan muncul peringatan. Adanya kamera sangat membantu apabila supir mulai tidak fokus.

Tanda peringatan tersebut berupa suara di panel dashboar. Jika pengemudi mengantuk atau mabuk dan muncul kemungkinan kecelakaan karena keluar jalur, maka sistem membantu pengemudi tersadarkan dan kembali ke jalur yang benar. Sistem LDWS sangat cocok untuk model sewa bus pariwisata Depok yang kerap beroperasi di malam hari.

Active Brake Assist

Sistem ini juga dikenal dengan nama emergency brace assist. Saat sensor sistem mendeteksi adanya potensi tabrakan, maka multi level alarm akan aktif. Jika pengemudi tidak bereaksi terhadap alarm ini, maka rem darurat diaktifkan. Kecelakaan dapat dicegah dengan adanya sistem ini sehingga perjalanan sewa bus pariwisata Depok tetap aman.

Electronic Stability Programme

Sistem satu ini berperan untuk mengontol daya pengereman setiap roda. Dengan adanya sistem ESP maka kejadian slip bisa dikurangi. Disaat yang sama dimana ESP sedang bekerja, maka tenaga mesin juga berkurang. Pengurangan ini terjadi khususnya saat kondisi belokan atau perpindahan jalur yang umumnya kecepatan kendaraan sedang melebihi batas. ESP bekerja hingga kondisi kembali aman. Sistem ini menjadi salah satu standar dalam usaha sewa bus pariwisata Depok.

Adaptive Cruise Control

Sistem satu ini kerap disebut sebagai ACC. Terkadang disebut pula sebagai radar cruise control. Alat ini berfungsi untuk mengatur kecepatan kendaraan secara otomatis. ACC bekerja ketika posisi kendaraan terlalu dekat dengan kendaraan lain. Sistem ini menjadi salah satu kunci bagi teknologi kendaraan masa depan yang sering disebut smart vehicles.

Itulah beberapa sistem pengamanan yang mulai diterapkan pada armada sewa bus pariwisata Depok. Untuk memastikan persiapan perjalanan Anda, sebaiknya Anda memeriksa sistem keamanan apa saja yang disematkan dalam kendaraan. Tidak memiliki waktu untuk memeriksa? Serahkan saja pada Andara Bus Jasa Sewa Bus Pariwisata Jakarta yang akan memastikan kendaraan sesuai dengan prosedur dan siap mengantarkan Anda.