wisata kawah ijen

Suka dengan Pegunungan? Kunjungi Saja Wisata Kawah Ijen

Anda berada di Jawa timur dan suka dengan spot pegunungan? Berikut informasi mengenai wisata kawah ijen yang dapat anda kunjungi.

Kawah Ijen

Salah satu spot pegunungan di Jawa Timur yang hits dan cocok untuk anda pecinta alam pegunungan adalah kawah ijen. Kawah Ijen atau terkenal dengan Gunung Ijen beradai di Banyuwangi. Ijen merupakan spot objek wisata yang populer bagi kalangan wisatawan lokal maupun manca saat musim liburan. Kawasan ijen merupakan pegunungan yang berada pada ketinggian 2.386 mdpl tidak jauh dari gunung Merapi. Ijen pernah Meletus pada tahun 1999. Ijen adalah salah satu gunung aktif yang hingga saat ini menjadi tempat wisata pegunungan favorit masyarakat karena selalu ramai pengunjung.

Kawah Ijen atau sering dikenal dengan gunung Ijen merupakan gunung berapi di Jawa Timur. Gunung ini memiliki area kawah seperti danau kawah yang memiliki tingkat keasaman berada di Puncak Gunung Ijen dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5.466 hektar. Kawah ijen ini dikenal dengan danau air asam terbesar di dunia. Saat ini tempat ini menjadi salah satu wilayah cagar alam taman wisata Ijen yang berada di Banyuwangi.

Ijen memiliki daya tarik bagi wisatawan yakni memiliki fenomena blue fire yang mungkin menjadi fenomena beda dari gunung-gunung lainnya. Di Ijen selain dapat melihat fenomena blue fire, anda dapat memperoleh pengalaman mendaki,dan melihat panorama pemandangan yang dilihat dari ketinggian gunung yang mungkin berbeda dari wilayah lainnya.

Saat mengunjungi kawah ijen beberapa titik rute yang dapat anda lewati dengan naik kereta dari arah banyuwangi kota. Kemudian dari arah Surabaya dapat mengambil arah tol menuju probolinggo, dan rute pendakian anda dapat dari paltuding. Tiket masuk untuk memasuki kawasan ijen juga cukup terjangkau karena hanya perlu membayar sebesar 5 ribu rupiah untuk hari senin hingga jumat dan 7,5 ribu rupiah untuk sabtu-minggu. Wisatawan turis asing akan dikenakan tarif sekitar 100 ribu hingga 150 ribu rupiah.

untuk apa saja yang dapat dinikmati dari kawasan wisata ijen sebagai berikut ini penjelasannya.

1. Indahnya Fenomena Blue Fire

wisata kawah ijen

Fenomena Blue Fire merupakan fenomea eternal api biru abadi yang berada di kawah ijen. Blue fire ini dapat dilihat oleh mata manusia saat tidak ada cahaya. Oleh sebab itu, waktu ideal untuk dapat melihat blue fire tepat jam 2 hingga 4 dini hari. Menjadi spot favorit wisatawan blue fire ini hanya ada di Kawah Ijen dan di Islandia.

Terjadinya Blue fire sebagai reaksi gas dari gunung belerang dan bercampur dengan oksigen sehingga mampu bentuk lidah api biru. Apabila anda tertarik untuk melihat blue fire silahkan datang ke kawasan kawah ijen. Untuk menikmati blue fire disarankan untuk datang pada bulan juli hingga September karena pada bulan bulan tersebut api biru tampak lebih jelas dan besar dari bulan-bulan lainnya.

2. Sunrise di Kawah Ijen

wisata kawah ijen

Selain fenomena blue fire, Kawah ijen juga menjadi spot objek wisata favorit wisatawan karena pengunjung dapat menikmati sunrise yang muncul di kawasan kawah ijen. Waktu terbaik untuk mengunjungi kawah ijen adalah bulan agustus karena saat itu posisi matahari tampak jelas. Setelah melihat fenomena blue fire anda akan disuguhkan sunrise yang begitu indah. Tidak heran banyak wisatawan yang datang ke kawah ijen.

3. Pemandangan yang indah

wisata kawah ijen

Selain spot wisata, pemandangan kawasan kawah ijen sangatlah indah yang cocok untuk dijadikan spot prewedding bersama pasangan atau hanya sebagai koleksi foto biasa. Pemandangan kawasan ijen sangat cantik terlebih ketika memotret saat matahari sudah bersinar terang. Kawah sekitaran ijen akan tampak berwarna tosca atau hijau kebiruan ditampah dengan kepulan asap belerang menjadikan foto anda terlihat sangat unik.

4. Pohon Cemara dan bunga edelweiss

wisata kawah ijen

Selain spot foto, anda juga disuguhkan kawasan yang ditumbuhi oleh bunga edelweiss atau bunga keabadian dan pohon-pohon cemara. Pohon manisrejo yang berwarna kemerahan juga disuguhkan di kawasan ini sehingga tampak asri alam yang disuguhkan untuk para wisatawan. Namun apabila anda berkunjung di kawasan kawah ijen tidak disarankan untuk memetik tanaman disana.

5. Penginapan

wisata kawah ijen

Apabila anda tertarik untuk ke kawah ijen, anda tidak perlu cemas mengenai penginapan. Beberapa penginapan dengan tarif terjangkau ada di sekitaran kawah ijen. Berikut ini beberapa penginapan di kawasan ijen seperti Ijen Majestic B&B. penginapan ini memiliki tarif murah sekitar 140 hingga 165 ribu rupiah dengan fasilitas kebersihan dan makanan yang dapat anda nikmati. Kemudian terdapat backpacker kawah ijen dengan harga 117 ribu hingga 165 per malam dengan fasilitas penginapan suasana asri. Selanjutnya tropical paradiso homestay, betah homestay, dan penginapan lainnya dengan tarif yang bervariasi.

6. Terdapat air terjun

wisata kawah ijen

Selain area kawah dan gunung, tempat yang tidak kalah menarik di kawasan ijen adalah air terjun yang cocok untuk dikunjungi. Beberapa air terjun yang dapat dikunjungi di Ijen seperti air terjung kampung anyar, air terjun Jagir, sumber pawon, bidadari, kalibendo, blawan, dan lain-lain yang memiliki keunikan masing-masing.

Demikian informasi mengenai kawasan ijen yang cocok untuk anda kunjungi bersama orang-orang tersayang untuk healing melepaskan penat. Semoga informasi yang diberikan dapat membantu untuk memilih ijen sebagai tempat wisata selanjutnya yang anda kunjungi.

Baca Juga : 5+ Rekomendasi Wisata Boyolali Terindah

Scroll to Top
Chat Admin Disini