Mengulik Keindahan Tempat Wisata Dieng Wonosobo

Siapa yang tak mengenal Dieng ? dikenal dengan sebutan negeri diatas awan ini berlokasi di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, Untuk berkunjung kesini disarankan dari Wonosobo atau Purwokerto karena lebih dekat. Berjarak sekitar 25km dari pusat kota Wonosobo dengan jarak tempuh hingga 1 jam. Dieng terletak pada ketinggian 2093 mdpl, membuat dataran tinggi dieng memiliki udara yang sejuk, berkabut dan beragam panorama keindahan alam yang dapat memikat mata.

Menurut sejarah yang beredar di masyarakat, dataran tinggi dieng merupakan tempat tinggal para dewa-dewi. Pemilihan nama dieng berasal dari kata “di” yang bermakna sebuah tempat atau gunung dan “hyang” artinya dewa.

Lokasi dieng memang sangat tepat untuk dijadikan tempat refresing atau sekedar melepaskan penat dari dunia perkotaan, karena tak hanya menyuguhkan panorama alam, namun juga wisata budaya seperti candi-candi, agrowisata, wisata goa dan masih banyak lagi. Berikut beberapa lokasi tempat wisata yang wajib dikunjungi bila berada di negeri atas awan.

Tempat Wisata Dieng Wonosobo

Kawah Sikidang

Wisata Dieng Wonosobo memiliki banyak sekali kawah-kawah, kawah sikidang merupakan kawah yang sangat fenomenal di kalangan wisatawan. Terletak di sebelah selatan Kawasan Wisata Dieng Wonosobo, Sekitar 800 meter dari Obyek Wisata Telaga Warna, atau sekitar 1,5 KM dari Lokasi Wisata Obyek Wisata Candi Arjuna.

Wisata Dieng Wonosobo
Sumber Gambar: Kompas.com

Kawah Sikidang terbentuk akibat aktifitas gunung berapi di Dataran Tinggi Dieng. Sikidang menawarkan panorama yang sangat cantik terlebih saat dilihat dari puncak bukit, kawah ini sangat aman untuk dikunjungi wisatawan, hanya saja bau menyengat dari belerang sering kali tercium.

Kawah Candradimuka

Selain menyuguhkan panorama yang indah, kawah ini memiliki mitos yang melegenda di masyarakat Dieng. Konon kawah ini dijadikan tempat untuk tokoh pewayangan Gatotkaca memperoleh kesaktiannya dengan cara direbus didalam kawah, kesaktian itu lah yang membuat Gatotkaca menang melawan musuh-musuhnya dan mendapat julukan otot kawat balung wesi.

wisata dieng wonosobo
Sumber Gambar: Kompas.com

Wisata alam kawah candradimuka memang sering di lewatkan oleh wisatawan di karenakan kondisi jalan / akses menuju lokasi tersebut memang masih sulit namun, bagi para petualang tempat wisata yang satu ini bisa di lalui dengan berjalan kaki atau trekking dari desa pekasiran dengan durasi 1 jam dari pos masuk objek wisata.

Lokasi kawah candradimuka bisa di akses ketika baru berkunjung ke kawah sileri melewati desa Kepakisan, Pekasiran. Lanjut menuju kawah dengan berjalan kaki atau memakai jasa sewa ojek wisata jalatunda, untuk memudahkan kunjungan wisata bisa menggunakan jasa pemandu lokal dieng agar tujuan wisata anda berjalan nyaman dan aman. Terlepas dari mitos yang meleganda tersebut, kawah ini menyuguhkan keindahan panorama yang tak kalah menarik dengan kawah-kawah lainnya, sehingga patut dikunjungi.

Telaga Warna

Destinasi wisata selanjutnya yang tak kalah populer dan menjadi landmarak nya dieng adalah telaga warna. Terletak bersebalahan dengan telaga Pangilon, Telaga Warna berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, dan dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi yang menambah pesona keindahan alam sekitarnya.

wisata dieng
Telaga Warna Sumber Gambar: Kompas.com

Telaga ini memiliki keunikan tersendiri yaitu dapat berubah-ubah warna, dari warna hijau, merah, putih hingga biru. Konon menurut legenda, warna tersebut merupakan perhiasan milik para bangsawan yang jatuh didalam telaga tersebut. Namun secara ilmiah warna tersebut muncul karena adanya pembiasan cahaya dari endapan belerang di dasar telaga.

Waktu yang paling di rekomendasikan untuk mengunjungi telaga warna adalah pada waktu pagi hingga siang hari, karena warna dari telaga akan muncul dan bersinar. Untuk akses menuju telaga warna pun sangat mudah untuk di jangkau menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi.

Telaga Pangilon

Telaga Pangilon terletak tak jauh dari telaga warna, meskipun bersebalahan dengan telaga warna namun telaga ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan telaga warna.

wisata dieng
Sumber Gambar : Kompas.com

Yang membedakan adalah warna dari telaga pangilon lebih jernih dan tak menimbulkan bias dari cahaya. Lokasi telaga ini berada di kejajar, Kabupaten Wonosobo. Dari pintu masuk, hanya berjarak 300 meter dengan akses jalan setapak, letaknya di bagian Dieng Wetan, berjarak 1 km dari objek wisata Candi Dieng.

Bukit Sikunir

Bila anda ingin menimati matahari terbit maka bukit Sikunir adalah lokasi yang tepat. Bukit ini terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dari lokasi Desa Sembungan, tinggal mencari arah ke arah Bukit Sikunir.

Bukit Sikunir Wisata Dieng
Sumber Gambar : Kompas.com

Sebelum ke bukit itu, wisatawan disuguhkan dengan eloknya panorama hamparan air berupa Telaga Terong. Setelah puas, barulah mendaki untuk melihat sunrise. Bila ingin start dari kawasan Wisata Dieng Wonosobo, maka dibutuhkan waktu sekitar limabelas hingga tigapuluh menitan menggunakan kendaraan (waktu perjalanan sangat dipengaruhi kondisi dan rute jalan yang dilalui ) untuk mencapai desa Sembungan untuk kemudian dilanjutkan pendakian ke puncak Sikunir yang kurang lebih memakan waktu setengah jam. Bukit ini memiliki ketinggian 2200 mdpl, akses jalannya pun sangat mudah untuk ditempuh.

Gunung Prau

Bila anda senang mendaki gunung, maka jangan lewatkan untuk mendaki gunung Prau yang berada di Dieng. Gunung ini memiliki ketinggian 2565 Mdpl dan berlokasi di Batang, Kendal, Wonosobo.

wisata dieng wonosobo
Sumber Gambar : Kompas.com

Gunung ini memiliki panorama yang tak kalah menarik dari saudara-saudaranya yakni gunung Sindoro, gunung Sumbing, dan gunung merapi. Dari gunung Prau kita dapat melihat awan-awan putih bak gumpalan kapas. Dari atas, pengunjung juga bisa menikmati keindahan lain berupa puncak seribu bukit dan bukit teletubies.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi gunung ini saat matahari tenggelam dan terbit, karena anda dapat melihat negeri diatas awan yang sesungguhnya.

Batu Pandang Ratapan Angin

Destinasi wisata yang tak luput untuk dikunjungi para wisatawan yakni Batu Pandang Ratapan Angin. Objek wisata ini berlokasi di antara Telaga Warna serta Dieng Planteau. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini terletak di puncak bukit, memang membutuhkan tenaga ekstra untuk menuju kesana.

wisata dieng wonosobo
Sumber Gambar : Kompas.com

Namun akan terbayarkan dengan panorama yang bisa dilihat di puncak yakni pemandangan hamparan hijau yang dapat menyegarkan mata. Konon pemberian nama batu pandang ratapan angin memiliki cerita yang unik yaitu ketika ada angin yang melewatinya, batu ini akan bersuara seperti ratapan seseorang.

Air Terjun Sirawe

Destinasi ini belum banyak yang mengenali, namun patut anda kunjungi. Air Terjun Ini berada di lereng gunung Prau dan tidak hanya menawarkan 1 grojogan saja, namun 4 grojogan sekaligus. Curug Sirawe merupakan air terjun yang ada di dataran tinggi Dieng dengan ketinggian sekitar 80 meter.

wisata dieng wonosobo
Sumber Gambar : Kompas.com

Lokasi Curug Sirawe yaitu berada di Dusun Bitingan, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Letak air terjun Sirawe tepatnya berada di area perbatasan antara Banjarnegara dan Wonosobo. Sehingga banyak orang yang mengenal bahwa Curug Sirawe merupakan air terjun yang ada di Wonosobo.

Tidak heran jika akses jalan menuju lokasi tidak dapat dikatakan mudah. Anda akan melewati jalan yang menantang dengan medan yang cukup terjal. Meskipun medan yang akan dilalui cukup menantang, namun Anda dapat menggunakan transportasi roda dua maupun roda empat. Jalan yang akan Anda lalui belum beraspal sehingga perjalanan kan memerlukan perjuangan. Anda juga harus melewati jalan setapak di dalam hutan yang rimbun.

Itulah wisata wisata yang ada di tempat wisata dieng wonosobo, jika anda membutuhkan transportasi seperti bus pariwisata anda dapat memesan dan menyewanya di jasa sewa bus pariwisata jakarta dari Andara Bus.

Tinggalkan Balasan