Wisata Pantai Indah Kapuk

7 Tempat Wisata Pantai Indah Kapuk yang Keren

Pantai Indah Kapuk (PIK) yang berlokasi di pesisir Jakarta Utara belakangan tengah ramai diperbincangkan di media sosial. Kawasan elit PIK disebut-sebut memiliki beberapa spot rekreasi yang menarik, mulai dari wisata alam, taman bermain, tempat kuliner sampai pusat perbelanjaan mewah. Ternyata menghabiskan liburan atau rekreasi di tengah pandemi Covid-19 tidak perlu jauh-jauh ke luar Jakarta. Ada tempat wisata menarik di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. Anda dapat memboyong keluarga ke tempat wisata di utara Jakarta ini tanpa perlu pikir panjang lagi.

Rekomendasi Tempat Wisata Pantai Indah Kapuk

Hutan Mangrove

Wisata Pantai Indah Kapuk yang pertama adalah Hutan Mangrove Angke Kapuk. Hutan wisata mangrove PIK menawarkan suasana hijau dan sejuk dari Jakarta. Di tempat ini, pengunjung juga bisa mengelilingi hutan bakau dengan perahu sambil menyusuri danau. Kawasan konservasi alam mangrove seluas 99,82 Ha yang dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi alam.

Kawasan yang sempat digarap oleh puluhan penambak liar ini mulai direstorasi tahun 1998. Perubahan kawasan dari hutan menjadi areal tambak ikan tidak hanya menghilangkan pepohonan namun juga merusak alam dan ekosistem mangrove. Berbagai kendala dihadapi untuk mengembalikan kawasan ini ke peruntukkannya semula.

Setelah 12 tahun berjuang untuk membersihkan kawasan dari penggarap illegal dan menanami kembali pepopohonan mangrove yang hilang, akhirnya TWA Angke Kapuk dapat diresmikan pada tgl 25 Januari 2010 oleh Menteri Kehutanan saat itu Bpk. Zulkifli Hasan. Surga hijau seluas 99,82 hektar ini terletak di kelurahan Kamal Muara yang bersebelahan dengan kawasan elit Pantai Indah Kapuk di Jakarta Utara. Lokasinya membuat sangat mudah untuk dikunjungi baik melalui akses Tol dalam kota maupun Tol JORR atau dengan Transportasi Umum seperti Bis TransJakarta.

Pantai Pasir Putih PIK 2

Wisata Pantai Indah Kapuk tentu memiliki wisata pantai, karena menilik dari namanya saja sudah mengandung unsur pantai. Salah satu lokasi wisata di Pantai Indah Kapuk adalah Pantai Pasir Putih PIK 2. Semenjak dibuka pada tahun 2020, pantai ini menjadi salah satu pilihan tempat berlibur dan bersantai untuk wisatawan. Meskipun pada saat ini pantai ini masih belum buka untuk umum, terdapat sejumlah tips dan informasi yang penting diketahui sebelum berkunjung jika pantai tersebut sudah dibuka lagi.

Pantai ini tepatnya berlokasi di Jalan Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Jaraknya 29 kilometer (km) dari Jakarta Pusat dengan lama berkendara sekitar setengah jam. Dari Monumen Nasional, Jakarta Pusat, wisatawan bisa melaju ke Jalan M.H. Thamrin, lalu masuk ke Jalan Gatot Subroto dan Jalan Tol Cawang Grogol. Ikuti jalur tersebut hingga berganti ke Jalan Tol S. Parman. Kemudian lanjutkan perjalanan sampai memasuki Jalan Tol Prof. DR. Sedyatmo sampai Jakarta Outer Ring Road. Setelah menyebrangi Jembatan Pulau D, ikuti jalan sampai mencapai bundaran PIK 2. Lewati jembatan ke Golf Island dan pantai berada di sebelah kanan setelah jembatan.

San Antonio

Wisata Pantai Indah Kapuk (PIK) di Jakarta Utara memiliki spot wisata pantai yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Salah satunya di area Pantai Maju atau disebut juga sebagai San Antonio PIK. Tempat ini merupakan area Pulau Reklamasi yang saat ini tengah dibangun menjadi sebuah kawasan baru di sekitar Jakarta.

Ruangan terbuka dengan pemandangan langsung menuju laut, jadi spot menarik buat Anda yang ingin berfoto. Di kawasan ini juga terdapat lintasan panjang, yang bisa digunakan untuk joging dan bersepeda. Bagi Anda yang tidak membawa sepeda, bisa menyewanya. Ada beberapa penyewa sepeda yang bisa pengunjung manfaatkan. Selain itu, pengunjung yang datang ke Pantai Maju pun tak perlu khawatir lapar dan haus. Terdapat ruko-ruko yang menjual aneka makanan dan minuman.

Pantjoran Chinatown

Kamu pecinta kuliner atau senang berburu spot foto kece atau bahkan keduanya? Aha! Kamu wajib pergi ke Pantjoran Pantai Indah Kapuk ini. Nuansa Pecinan yang begitu kental mulai dari street art, gerbang khas Tiongkok berukuran besar, patung Dewa Kekayaan, hingga aneka kuliner khas Tiongkok akan membuat kamu merasa seperti sudah terbang dari Jakarta dan mendarat di Negeri Tirai Bambu.

Pilihan kuliner yang bisa dicoba di sini sangat beragam, mulai dari yang halal sampai non-halal semua ada. Kamu wajib mencicipi Bakpao Yenpao yang sudah berdiri sejak 1990. Segarkan diri dengan Kopi Es Tak Kie yang legendaris. Selain itu ada juga aneka kuliner legendaris dari beberapa daerah di Indonesia, salah satunya adalah Sate Babi Bawah Pohon yang terkenal di Bali, juga resto hits Holywings yang terkenal dengan sayap ayamnya.

Urban Farm

Tempat wisata Pantai Indah Kapuk juga memiliki lokasi untuk wisata kuliner. Anda dapat mengunjungi Urban Farm PIK. Mengusung konsep rekreasi dan edukasi, tempat yang dibuka pada Desember 2020 ini sarat akan tanaman hijau, memberi kesan sejuk. Lahan seluas 2.300 meter per segi ini juga dibuat berkonsep outdoor, diisi sejumlah kios yang rata-rata menjajakan makanan dan minuman kekinian.

Sedikitnya ada belasan tenant yang menempati area di kawasan elit Golf Island ini. Salah satu kios yang menarik perhatian di Urban Farm adalah Taco Local yang memang sudah punya nama dan gerai pertamanya ada di wilayah Jakarta Selatan.

PIK Avenue Mall

Pantai Indah Kapuk Avenue atau sering disebut dengan PIK Avenue merupakan salah satu pusat perbelanjaan modern terbaru Jakarta Utara. PIK Avenue bisa ditemukan berlokasi Jalan Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara. Pusat perbelanjaan ini sangat menarik karena mampu mengintegrasikan teknologi, inovasi, dan lingkungan dengan menyediakan ruang holistik untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya.

PIK Avenue merupakan pusat perbelanjaan modern yang dibangun, dikembangkan, serta dikelola salah satu grup property bernama Agung Sedayu Group. PIK Avenue sudah mulai beroperasi pada tanggal 7 September 2016. Sebuah bangunan utama dibangun dengan megah yang ditandai dengan 2 tower hotel mewah.

Ada berbagai tenant yang ada di pusat perbelanjaan tersebut antara lain ACE Hardware, The Food Hall, Best Denki, Rockstar Gym, Celebrity Fitness, H&M, hingga Flix Cinema. Selain itu, Anda juga dapat menemukan store pakaian lainnya seperti Uniqlo ataupun Hush Puppies. Di PIK juga menyediakan restoran dengan menu makanan khas Jepang seperti Sushi Go, Don Buri Ichiya, Abura Soba, dan masih banyak lagi lainnya.

Jembatan PIK 2

Jembatan Pantai Indah Kampus (PIK) 2 tengah hits di kalangan pesepeda. Foto-foto di jembatan yang melintasi perbatasan Jakarta dan Tangerang ini bertebaran di media sosial. Banyak yang lantas penasaran dan ingin mencoba bersepeda di sana. Sayangnya banyak juga yang akhirnya kecewa karena ternyata memang tidak semua orang boleh memasuki area tersebut.

Jembatan Pantai Indah Kampus (PIK) 2 tengah hits di kalangan pesepeda. Foto-foto di jembatan yang melintasi perbatasan Jakarta dan Tangerang ini bertebaran di media sosial. Larangan masuk ke jembatan PIK 2 tercantum dalam papan pengumuman di akses menuju ke sana. Beberapa petugas pengamanan berjaga di area tersebut. Jembatan PIK 2 ternyata memang tidak terbuka untuk umum. Hanya orang yang memiliki izin yang diperbolehkan untuk masuk ke jembatan tersebut.

Demikian rekomendasi wisata Pantai Indah Kapuk yang wajib anda kunjungi pada akhir pekan. Lokasi – lokasi tersebut sudah mengikuti aturan pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan bagi para pengunjung. Jadi, jangan khawatir jika ingin berkunjung dengan keluarga anda. Selalu percayakan urusan transportasi Anda di Sewa Bus Pariwisata Jakarta, demi kenyamanan dan keamanan perjalanan.

See You.

Scroll to Top
Chat Admin Disini