Wisata Pantai Jawa Barat

7 Wisata Pantai di Jawa Barat Yang Wajib Dikunjungi

Jawa Barat memang sudah lama menjadi primadona wisata alam di Indonesia. Jawa Barat memiliki berbagai lokasi wisata yang tersebar di berbagai penjuru. Mulai dari wisata pegunungan, wisata kebun teh, hingga wisata pantai Jawa Barat yang terhampar di pantai utara dan selatan.

Namun, beberapa bulan belakangan ini, lokasi – lokasi tersebut harus ditutup untuk sementara. Hal ini dilakukan untuk mengikuti aturan dari pemerintah guna membatasi mobilitas diluar rumah. Penyebab utamanya adalah pandemi covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia. Jadi, pemerintah berfokus untuk menanggulangi dampak pandemi terlebih dahulu.

Informasi terbaru didapatkan, bahwa beberapa lokasi wisata sudah bisa dibuka kembali untuk umum, dengan catatan pengunjung yang boleh masuk hanya setengah dari kuota biasanya. Juga, seluruh pihak yang berada di lokasi wisata wajib menerapkan dan mengikuti aturan perihal protokol kesehatan. Hal ini tentu menjadi berita baik untuk mereka yang memang memiliki usaha yang terkait dengan pariwisata. Karena sudah dibukanya kembali wisata di Indonesia, berikut ini kami berikan beberapa rekomendasi wisata pantai Jawa Barat untuk anda kunjungi nanti pada libur tahun baru.

Rekomendasi Wisata Pantai Jawa Barat

Pantai Pangandaran

Wisata pantai Jawa Barat yang kami rekomendasikan untuk kamu adalah Pantai Pangandaran. Wisata pantai ini terletak di Kabupaten Pangandaran yang merupakan pemekaran dari kabupaten Ciamis di sebelah tenggara Jawa Barat. tepatnya di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Hingga saat ini objek wisata ini terus dilakukan pemekaran wilayah bahkan fasilitasnya oleh Pemerintah Daerah setempat, untuk meningkatkan daya pikat agar lebih banyak lagi menarik wisatawan baik lokal hingga mancanegara. Pantai Pangandaran sendiri memiliki tiket masuk hanya Rp. 6.000. Dengan harga yang terjangkau tersebut tentu sangat murah apabila dibandingkan dengan keindahan pemandangan yang didapatkan.

Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu

Wisata Pantai Jawa Barat satu ini berada di Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Ombak Pantai Selatan memang terkenal sangat kencang dan asyik untuk melakukan surfing, di sekitar Pelabuhan Ratu sendiri ada sekitar sembilan lokasi terbaik untuk berselancar.

Semua titik surfing tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda, dan yang paling terkenal ialah lokasi Cimaja. Karena disini ketinggian ombaknya mencapai 4 meter. Pantai Pelabuhan Ratu memiliki pasir lembut yang berwarna cokelat, serta hiasan batuan karang di beberapa bagian. Kamu dan anak-anak dapat bermain pasir, sambil menikmati suara deburan ombak yang cukup menjadi pusat perhatian.

Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng merupakan salah satu pantai yang masuk dalam daftar wisata pantai Jawa Barat. Letak pantai ini berada di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Sukabumi. Untuk masuk ke kawasan Pantai Ujung Genteng, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 10.000.

Nama Ujung Genteng sendiri sebenarnya adalah perubahan ejaan dari nama ujung gunting. Dikarenakan daerah ini ada di satu sudut ujung pulau Jawa bagian Barat. Ujung gunting yang berada diatas diberi nama Ujung Kulon dan yang dibawah diberi nama Ujung Genteng.  Walaupun beberapa area Pantai Ujung Genteng berbatasan langsung dengan Laut Selatan, tetapi mayoritas areanya aman dijadikan lokasi berenang karena tidak memiliki ombak yang berbahaya.

Pantai Patimban

Pantai patimban memiliki daya tarik khas pantai yang mempesona. Selain pantai yang mempesona dan eksotis, pantai Patimban juga memiliki daya tarik yang lainnya yaitu masyarakat sekitar yang ramah. Tak hanya itu pantai Patimban merupakan pantai yang landai sehingga, aman untuk anak-anak anda.

Pantai Patimban sendiri adalah salah satu pantai andalan wisata pantai Jawa Barat. Pantai kelapa Patimban merupakan satu-satunya pantai yang memiliki nuansa indah pohon kelapa  di pinggir pantai. Tak hanya itu pantai ini juga memiliki dataran yang luas.

Banyak hal yang bisa kita lakukan disini. Selain dapat memandang keindahan pantai dan tingginya pohon kelapa. Kita juga dapat bermain-main dipantai , dengan landainya pantai kita tak perlu takut untuk bermain di pantai namun tetap hati-hati.

Pantai Tirtamaya

Pantai berpasir putih, bukanlah kata yang tepat untuk menggambarkan Pantai Tirtamaya. Sebaliknya, objek wisata ini memiliki pasir pantai berwarna cokelat tua, bahkan cenderung hitam. Namun, hal tersebut tidak mengganggu keindahan objek wisata ini. Yang justru menarik perhatian dengan kecantikannya sendiri.

Pantai ini juga merupakan wisata pantai Jawa Barat yang sering dikunjungi pada akhir pekan. Objek wisata ini juga memiliki air laut yang jernih. Ombaknya pun tidak tinggi, sehingga aman bermain di lautan lepas. Perahu – perahu berjajar di tepian pantai, berlabuh siap untuk berlayar kembali. Garis pantai yang panjang tanpa halangan karang pun menjadi arena bermain yang luas bagi wisatawan.

Pantai Rancabuaya

Wisata pantai Jawa Barat memang tidak ada habisnya jika dibahas, salah satu pantai yang wajib dikunjungi adalah Pantai Rancabuaya. Pantai Rancabuaya memiliki kombinasi keindahan pantai yang diidamkan wisatawan. Mulai dari pasirnya yang putih dan lembut, air laut yang jernih bergradasi, serta pemandangan indahnya.

Tidak hanya itu, bukit karang dan batuan karang di bibir pantai turut menjadi pelengkap indahnya tempat ini. Wisatawan pun dapat menghabiskan waktu dengan berbagai kegiatan di area pantai. Pantai ini berlokasi di Purbayani, Caringin, Garut. Objek wisata ini tidak menerapkan jam operasional yang ketat. Jika tidak berencana menginap, dapat datang di pagi atau sore hari. Dan sore hari adalah waktu yang terbaik untuk dapat menikmati matahari terbenam.

Pantai Batukaras

Objek wisata yang satu ini merupakan perpaduan nuansa alam antara objek wisata Pangandaran dan Batu Hiu dengan suasana alam yang tenang, gelombang laut yang bersahabat dengan pantainya yang landai membuat pengunjung kerasan tinggal di kawasan ini.

Terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang dengan jarak ± 34 km dari Pangandaran. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang cukup besar dan sering dijadikan arena surfing oleh para surfer baik lokal maupun mancanegara. Tidak heran, Pantai Batukaras banyak direkomendasikan komunitas surfing sebagai arena berselancar yang nyaman untuk para surfer terutama bagi para pemula yang ingin belajar surfing.

Demikian adalah rekomendasi wisata pantai Jawa Barat. Seluruh lokasi tersebut sudah dibuka tetapi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Jadi, kamu jangan khawatir apabila ingin berkunjung kesana. Mari bersama – sama membangkitkan kembali pariwisata Indonesia. Selalu percayakan urusan transportasi Anda di Sewa Bus Pariwisata Jakarta, demi kenyamanan dan keamanan perjalanan.

See You.

Scroll to Top
Chat Admin Disini