tempat wisata sentul

7 Tempat Wisata Sentul yang Lagi Hits

Area sentul memang terkenal dengan sirkuit balapannya. Hampir seluruh Indonesia mengenal sentul dari adanya sirkuit tersebut. Tetapi sentul sebenarnya masih banyak sekali lokasi – lokasi lain yang  dapat dikunjungi di area Sentul. Tempat wisata Sentul sangat digemari masyarakat utamanya dari wilayah Jabodetabek. Salah satu alasannya karena  jarak yang tidak terlampau jauh apabila dari ibukota.

Sentul sendiri terletak pada sebuah kawasan di Bogor yang mana memang identik dengan beragamnya tempat wisata. Alam yang asri dipadu dengan akses jalan yang mudah membuat Sentul menjadi salah satu pilihan  liburan di akhir pekan. Untuk anda yang penasaran tempat wisata Sentul, berikut ini kami berikan rekomendasi lokasi wisata Sentul yang bisa anda kunjungi dengan keluarga maupun kolega di akhir pekan:

Rekomendasi Tempat Wisata Sentul

Taman Fathan Hambalang

Tempat wisata Sentul yang pertama kita bahas adalah Taman Fathan Hambalang.  Taman Fathan Hambalang merupakan kafe dan tempat nongkrong hits terbaru dari Kabupaten Bogor. Lokasinya berada di Desa Hambalang, Kecamatan Citeureup. Tidak terlalu jauh dari destinasi wisata Villa Bukit Hambalang dan kawasan Sentul, Bogor.

Taman Fathan sebenarnya tempat makan yang ditata layaknya sebuah taman. Daya tarik utamanya adalah suasana dan pemandangan alam sekitar. Tempat ini menyajikan panorama Gunung Pangrango yang memukau. Tidak heran jika tempat ini selalu ramai, terutama kalangan anak muda.

Tempat wisata di dataran tinggi biasanya identik dengan akses jalan yang agak sulit. Namun, hal ini tidak berlaku ketika berkunjung kemari. Akses jalannya memang agak menanjak namun dengan kondisi mulus. Hanya ada beberapa titik bagian jalan yang rusak. Lanskap area utama berkonsep seperti halaman rumah. Terdapat beberapa pohon dan ayunan di sejumlah sudut. Jalan setapak dari susunan batu alam mengelilingi seluruh area. Di bagian pinggir, terdapat area duduk gazebo dengan atap peneduh.

Taman Budaya Sentul City

Jika kita membahas tempat wisata Sentul, rasanya ada yang kurang apabila tidak menyertakan Taman Budaya Sentul City. Taman Budaya Sentul City berlokasi di wilayah Sumur Batu, Kecamatan Babakan Madang, Sentul. Jawa Barat. Taman ini dikenal dengan taman “fantastic four”. Hal ini terjadi lantaran Taman Budaya Sentul City ini menyajikan konsep serba berjumlah empat. Dari mulai view utama hingga zona wisata yang memiliki empat kategori.

Taman Budaya Sentul terkenal juga sebagai objek wisata yang memiliki salah-satu spot outbound terbesar di Indonesia. Luas kawasan tersebut sekitar 6 hektar, serta didominasi hamparan rumput hijau. Taman Budaya Sentul sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga di Bogor saat akhir pekan, maupun saat liburan tiba. Selain itu, Taman Budaya Sentul bisa jadi alternatif pilihan tempat wisata bagi masyarakat di Jabodetabek.

Sistem prokes juga diterapkan oleh pihak pengelola, sebagai bagian dari upaya semua pihak untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Jadi, anda tidak perlu khawatir untuk berkunjung ke tempat wisata Sentul satu ini, karena sudah mengikuti anjuran pemerintah.

Hutan Pinus Gunung Pancar

Tempat wisata Sentul satu ini berlokasi di Kampung Ciburial, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul. Gunung Pancar cukup terkenal karena sering digunakan sebagai pilihan untuk tracking bersepeda, jogging, dan salah satu yang sedang populer yaitu berfoto. Disini terdapat pohon – pohon pinus dengan ukuran raksasa yang memiliki tinggi mencapai 5 -10 meter.

Deretan pepohonan ini membuat Hutan Pinus Gunung Pancar sebagai lokasi wisata yang mayoritas digunakan sebagai spot foto pengunjung. Disini anda juga bisa menikmati sejuknya udara dibawah rindangnya pohon pinus. Refreshing murah dan melepas kepenatan dan kemacetan ibukota.

Goa Agung Garunggang

Anda ingin berkunjung atau menikmati kenampakan alam berupa goa? Tenang, anda dapat mengunjungi Goa Agung Garunggang. Tempat wisata Sentul satu ini memang belum banyak diketahui padahal memiliki keunikan dan keindahan yang eksotis.

Goa Agung Garunggang merupakan sebuah goa kecil yang tersembunyi. Goa ini memiliki sebuah pintu masuk yang unik. Pintunya terlihat menganga secara vertikal dan sangat lebar. Goa ini masih sangat jarang fdkunjungi wisatawan, jadi bisa dikatakan goa yang masih alami. Gua Agung Garunggang merupakan sebuah kawasan geopark atau warisan geologi yang sangat unik kawasan ini kurang lebih seluas 6.000 sd 7.000 m2.

Gua Agung Garunggang ini berlokasi di Cigobang, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor. Bagi kamu yang ingin datang ke sini disarankan untuk mengendarai motor saja karena aksesnya terbilang sulit. Tapi jika terpaksa menggunakan roda empat, kamu akan berjalan kaki sekitar 1,5 kilometer dari parkiran. Keunikan Gua Agung Garunggang disini yaitu, pintu masuknya mengangga secara vertical di dalamnya cukup sempit, namun keindahan alam akan terpampang cantik di depan mata. Di Gua ini, kamu tidak hanya menyaksikan pemandangan saja, namun ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan.

Curug Putri Kencana

Untuk anda yang sedang merasa bosan dan tidak tahu kemana pada weekend nanti, anda dapat mengunjungi salah satu tempat wisata Sentul yaitu Curug Putri Kencana. Curug ini berada di Kecamatan Babakan Madang, Bogor. Lokasinya pun tak begitu jauh dari Ibu Kota.

Curug Putri Kencana sendiri memiliki 4 curug berbeda pada lokasi yang berdekatan. Ketika berada di Curug Putri kamu akan mendapati sebuah curug dengan yang indah meskipun tak terlalu tinggi, air di kolam alaminya berwarna hijau toska dan sangat jernih. Alam disekitarnya tampak sangat asri, hal tersebut ditunjukkan dengan masih rindangnya pepohonan yang berderet di sekitar area curug.

Sebelum tiba di Curug Putri Kencana kamu akan menemukan beberapa buah curug dengan ketinggian yang sangat landai, namun banyak pengunjung yang bermain di sekitar kolamnya. Curug Putri Kencana letaknya paling ujung, sehingga butuh tenaga ekstra untuk menuju ke sana. Lokasinya berada di bawah jembatan bambu, jadi untuk berada lebih dekat dengan curug harus menuruni beberapa anak tangga terlebih dahulu.

Curug Leuwi Hejo

Salah satu destinasi yang tidak boleh dilewatkan pada tempat wisata Sentul adalah Curug Leuwi Hejo. Curug ini memiliki kolam air yang begitu jernih yang membuat pengunjung dapat bermain air dan mandi dengan nyaman. Curug Leuwi Hejo terletak di Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor. Lokasi detailnya dapat dicek di Google Maps.

Jika kamu ke sini dengan menggunakan kendaraan roda empat bisa langsung keluar di pintu Tol Sentul lalu ambil ke arah kawasan Jungleland dan jarak ditempuh sekitar 4 jam perjalanan dari Jakarta. Leuwi Hejo memiliki beberapa curug dengan total jumlahnya ada lima. Mulai dari Curug Leuwi Hejo, Curug Leuwi Liek, Curug Leuwi Ciung, Curug Leuwi Cepet dan Curug Baliung. Lokasi antara curug yang satu dengan yang lainnya tidak terlalu jauh. Hanya memerlukan waktu sekitar 5-15 menit dengan perjalanan tracking.

Sentulfresh Farm

Destinasi wisata ramah anak yang baru di area Sentul adalah Sentulfresh Farm. Tempat ini sebenarnya sudah lama ada, tetapi memang baru dibuka untuk wisata edukasi anak-anak TK sampai SMA sejak tahun 2014. Selain itu, tempat wisata ini juga bisa dikunjungi oleh keluarga secara pribadi. Lebih baik jika kita menelepon dulu ke pihak Sentul Fresh Farm sebelum datang agar pengelola dapat mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya guna keselamatan pengunjung dan juga ternak.

Berbeda dengan tempat wisata sejenis di mana dikenakan biaya masuk dan ada biaya terpisah per kegiatan atau mengikuti paket yang sudah ada, di Sentul Fresh Farm ini sekali masuk kita langsung dikenai biaya Rp100.000,-/peserta untuk paket wisata edukasi dan Rp200.000,-/keluarga dengan maksimal 4 orang anggota keluarga untuk paket keluarga. Jika ada kelebihan peserta, akan dikenai biaya tambahan Rp50.000,-/orang. Untuk semua paket ini peserta akan mendapatkan goody bag berisi susu dan yoghurt.

Demikian adalah rekomendasi tempat wisata sentul yang dapat anda kunjungi pada akhir pekan. Jangan khawatir karena lokasi – lokasi diatas sudah mengikuti anjuran pemerintah untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Untuk anda yang berkunjung juga diwajibkan selalu mengikuti aturan yang berlaku saat berkunjung. Sampai jumpa pada rekomendasi lokasi wisata lainnya. Selalu percayakan urusan transportasi Anda di Sewa Bus Pariwisata Jakarta, demi kenyamanan dan keamanan perjalanan.

See You.

baca juga:

Scroll to Top
Chat Admin Disini