Tips dan trik acara studi banding

Ketika anda di bangku sekolah pasti sering mendengar kata studi banding. Ya kegiatan studi banding sudah menjadi kegiatan yang rutin dilakukan oleh suatu instansi baik itu instandi pendidikan hingga ke berbagai perusahaan. Tujuan diadakannya studi banding tak lain dan tak bukan yakni untuk menambah wawasan dan pengetahuan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Nah kali ini andara bus akan membahas mengenai tips dan trik membuat acara studi banding agar terlihat tidak membosankan. Penasaran? Yuk simak dibawah ini

 

Mengenal Arti Studi Banding

Sebelum masuk kedalam pembahasan utama, anda harus tau terlebih dahulu apa itu studi banding. Studi banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Kegiatan seperti ini tentunya sangat bagus bagi perkembangan suatu kebutuhan yang diharapkan sebagaimana mestinya. Kegiatan studi banding dilakukan oleh kelompok kepentingan untuk mengunjungi atau menemui obyek tertentu yang sudah disiapkan dan berlangsung dalam waktu relatif singkat. Intinya adalah untuk membandingkan kondisi obyek studi di tempat lain dengan kondisi yang ada di tempat sendiri. Hasilnya berupa pengumpulan data dan informasi sebagai bahan acuan dalam perumusan konsep yang diinginkan.

 

Tujuan Studi Banding

Tujuan utama melakukan studi banding nantinya adalah menggali sebanyak mungkin informasi yang bisa didapat scara teknis real dan empiris. Untuk dijadikan barometer dan pembanding yang kemudian masuk untuk menemukan sebuah pembaharuan yang aplikatif, baik untuk plan ke depan dalam jangka pendek dan jangka panjang secara futuristik. Jadi dengan kata lain tujuan dari studi banding tersebut adalah :

  1. menambah wawasan kita tentang tempat lain
  2. menimba pengalaman baru di ditempat lain
  3. membandingkan tempat kita dengan tempat lain
  4. menambah cakrawala berfikir kita

Tips Mengadakan Studi banding agar tidak membosankan

Setelah memahami pengertian dan tujuan dari study banding itu sendiri, kini saatnya anda yang bekerja yakni membuat bagaimana studi banding nanti tidak membosankan. Berikut tips dan triknya

 

  • Tentukan goals studi banding

Nah langkah pertama yang harus kamu tentukan da pastikan adalah goals dari studi banding. Goal utama studi banding sebaiknya mencakup satu divisi, agar proses studi banding bisa lebih fokus dan mendalam. Sebaiknya tentukan terlebih dahulu goal apa yang ingin dicapai institusi setelah perjalanan studi banding dilakukan. Karena dengan adanya goal yang jelas, semua proses perencanaan haruslah mengarah kepada tercapainya goal tersebut. Panitia penyelenggara studi banding dapat dengan mudah melakukan evaluasi apakah hasil studi banding berdampak sesuai harapan atau tidak. Setelah goal jelas, barulah Anda dapat menentukan tujuan studi banding yang sejalan dengan goal tersebut. Kebanyakan kegiatan studi banding tidak berjalan lancar bukan semata karena kesalahan teknis di lapangan, tapi juga kelengahan Anda sebagai panitia yang tidak merumuskan goal yang jelas.

 

  • Memilih lokasi studi banding yang tepat

Pemilihan lokasi untuk studi banding sangat berkaitan lo. Usahakan anda memilih lokasi studi banding yang memiliki track record yang bagus serta hasil usaha yang nyata. Karena ada beberapa orang yang asal memilih tempat karena terpatok dengan budget. Selain itu juga anda harus rajin-rajin untuk mencari lokasi yang tepat sesuai dengan goals anda

 

  • Perkiraan waktu tempuh perjalanan

Tips selanjutnya yang harus difikirkan sebelum mengadakan studi banding adalah dengan menghitung estimasi waktu yang dibutuhkan. Cobalah membuat perkiraan atau bertanya kepada orang yang pernah melakukan studi banding sebelumnya. Berapa lama waktu tempuh untuk menuju tempat tersebut dan juga berapa lama total waktu yang dibutuhkan hingga peserta studi banding kembali ke tempat asal. Dengan memperkirakan waktu tempuh, Anda dapat mengantisipasi keterlambatan akibat trafik perjalanan yang padat. Manfaat lainnya dengan memperkirakan waktu tempuh adalah Anda dapat lebih efisiensi memperhitungkan budget makan selama perjalanan. Apakah selama dalam perjalanan harus ada jam makan siang atau tidak.

 

  • Pembicara yang humble dan seru

Ini nih yang memegang peranan penting saat sedang studi banding, yakni pembicara. Pembicara disini bertugas untuk memberikan informasi mengenai apa saja yang menjadi topik bahasan saat itu, misalkan anda studi banding ke kebun raya Bogor. Otomatis si pembicara akan membahas mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan kebun raya Bogor. Nah sebisa mungkin anda memilih pembicara yang humble dan seru, seru disini diartikan dapat membangun suasana sehingga apa yang disampaikan nanti dapat diserap serta diterima oleh rombongan anda.

 

  • Transportasi yang nyaman

Last but not least adalah transportasi yang nyaman? Apa hubungannya? Kita lebih banyak menghabiskan waktu di dalam kendaraan dengan rekan-rekan kita. Nah bila pemilihan armada tidak tepat maka akan mempengaruhi kenyamanan anda dan rombongan. Maka bila anda akan studi banding ke lokasi yang menempuh jarak cukup jauh, maka lebih baik sewa lah kendaraan yang memiliki fasilitas nyaman dan tentunya ramah di kantong seperti di andara bus. Andara bus menyediakan beragam alat transportasi seperti sewa bus pariwisata, sewa hiace, sewa elf dan masih banyak lagi.

 

Nah itu tadi beberapa tips dan trik membuat acara studi banding agar tidak membosankan. Untuk anda yang akan studi banding ke luar kota seperti bogor, kami dari andara bus menyediakan sewa bus pariwisata Bogor. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kami, dapat langsung mengunjungi website kami andarabus.com atau dapat melalui via whatsapp di nomor 081276714995 atau 02122976944 dapat juga melalui email kami [email protected]. Lokasi kantor kami ada di jl. Raya Gandul No12, RT 007/RW 008, Cinere,Depok, 16512

Tinggalkan Balasan