umbul ponggok klaten

Umbul Ponggok Klaten: Harga Tiket, Jam Buka, dan Lokasi

Anda sedang berada di klaten dan membutuhkan rekomendasi tempat wisata? Berikut wisata alam umbul ponggok klaten.

umbul ponggok klaten

Mengenal Umbul Ponggok Klaten

Salah satu objek wisata air yang berada di klaten adalah umbul ponggok. Tempat ini merupakan salah satu wisata yang sedang hits di kalangan masyarakat klaten. Umbul Ponggok memiliki sumber mata air alami yang berbentuk kolam. Tempat ini kemudian berkembang menjadi tempat wisata yang keren dan terkenal oleh masyarakat luas.

Sejarah umbul ponggok dahulunya merupakan sumber irigasi warga klaten dan sekitarnya untuk mengairi sawah dan area perkebunan. Mata air yang terdapat pada umbul ponggok menjadi salah satu sumber air yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan air.

Saat ini umbul ponggok dikenal dengan wahana air pertama di Indonesia yang memberikan sensasi snorkeling dan diving di kolam mata air alami yang dingin dan menyegarkan. Jika mengunjungi umbul ponggok, kurang rasanya jika tidak mengabadikan video atau foto underwater.

Harga Tiket Umbul Ponggok

Memasuki kawasan umbul ponggok, pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya yang cukup murah. Pada hari senin-jumat pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah. Sedangkan untuk hari weekend, sabtu-minggu, dan hari libur nasional pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah.

Selain itu, di umbul ponggok menyewakan beberapa peralatan seperti perlengkapan renang dan snorkeling. Untuk Snorkle mask dapat disewa dengan harga 15 ribu rupiah/ pax. Pelampung dengan harga sewa 10 ribu rupiah/ pax, dan kaki katak dengan harga 10 ribu rupiah / pax.

Jam Buka Umbul Ponggok

Objek wisata umbul ponggok merupakan taman rekreasi air dengan rating bintang 4,4 dari kurang lebih 19 ribuan ulasan pencarian gmaps menunjukkan kepuasan. Umbul ponggok ini memiliki jam operasional dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Selain itu, pelayanan dan informasi dapat menghubungi kontak 085878870003.

Lokasi Umbul Ponggok klaten

Umbul ponggok klaten berlokasikan di Jl. Delanggu- Polanharjo, Jeblogan, Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Pengunjung yang datang ke lokasi umbul ponggok dapat melakukan perjalanan dari rute arah barat, arah utara, timur, dan selatan. Berikut rute-rute yang memudahkan anda jika ingin mengunjungi umbul ponggok.

1. Arah Barat

Jika anda dari arah barat yaitu dari wilayah kabupaten Boyolali, anda dapat melalui jalan Raya Jatinom Boyolali (ke timur ikuti arah jalan Nangka Gumulan) kemudian belok kanan mengikuti arah jalan Raya Jatinom sampai ke Majegan belok kiri ikuti jalan Majegan Jeblog belok kiri kea rah jalan Delanggu Polanharjo.

2. Arah Utara

Jika anda dari arah utara yaitu jalan tol Solo-Semarang anda dapat keluar pintu tol Boyolali-arah ke selatan sampai jalan Raya Solo Boyolali kemudian belok kiri ke arah jalan Randusari Klate sampai lapangan Kopen-belok kiri mengikuti arah jalan Kopen Janti-belok kanan ikuti arah jalan Tegalgondo Janti sampai ke Cokro belok kanan mengikuti jalan Cokro Tulung sampai lapangan Karanglo belok kanan ke arah jalan Delanggu Polanharjo.

3. Arah Timur

Jika anda berada dari arah kota Solo Kartosura anda dapat ambil arah ke kiri mengikuti jalan Raya Klaten Solo sampai Delanggu kemudian belok kanan ke arah jalan Delanggu Polanharjo sampai Ponggok

4. Arah Selatan

Jika anda ingin mengunjungi umbul ponggok dari arah arah selatan yaitu Yogyakarta anda dapat mengikuti jalan Raya Yogyakarta Solo sampai pertigaan Penggung-belok kiri ke arah jalan Penggung Jatinom sampai pertigaan Karanganom kemudian belok kanan ke arah jalan Jalan Karanganom sampai Ponggok.

Apa Saja yang terdapat di Umbul Ponggok?

Wisata ponggok merupakan tempat liburan yang berada di desa Ponggok menawarkan beberapa pilihan aktivitas petualangan yang menarik tentunya. Di umbul ponggok terdapat hal-hal yang menarik seperti spot-spot yang hits dan instagramable. Berikut ini apa saja yang dapat ditemukan di tempat wisata ini.

1. Foto Underwater

Kawasan wisata ponggok merupakan objek wisata yang menyuguhkan kenyamanan dan kesejukan air jernih serta dingin. Pengunjung yang datang ke ponggok dapat menikmati foto underwater. Di wisata ponggok tersedia persewaan kamera underwater beserta dengan operatornya.

Selain itu, pengunjung juga dapat memilih objek foto yang digunakan untuk berfoto. Beberapa objek yang disediakan seperti sepeda motor N-MAX, sepeda motor H, kotak G, Vespa, Sepeda ontel, Natural, set laptop, dan kursi. Tarif sewa untuk foto underwater memerlukan biaya antara 100 ribu rupiah sampai dengan 200 ribu rupiah dengan durasi 60 menit untuk 4 hingga 7 orang.

2. Diving

Selain foto underwater, di umbul ponggok pengunjung dapat menikmati diving. Tidak perlu kawatir karena tersedia persewaan paket untuk diving lengkap berupa tabung oksigen, kaki katak (fin), wet suit dan googles serta tersedia juga paket underwater walker dive.

3. Snorkling

Pada wisata umbul ponggok pengunjung dapat menikmati snorkling. Pengunjung tidak perlu kawatir karena di umbul ponggok klaten tersedia alat persewaan untuk snorkling yang berupa pelampung life jacket, kaki katak (fin), dan masker snorkel.

Demikian informasi mengenai umbul ponggok klaten. Semoga dari informasi yang diberikan dapat memudahkan untuk datang ke lokasi umbul ponggok dalam menghabiskan waktu liburan bersama keluarga maupun orang terkasih.

 

Scroll to Top
Chat Admin Disini