umbul sigedang klaten

Umbul Sigedang Klaten, Penyegar Hati Dikala Sibuk

Anda berada di Klaten membutuhkan rekomendasi tempat wisata? Berikut umbul sigedang klaten cocok untuk penyegar hati dikala sibuk.

umbul sigedang klaten

Umbul Sigedang Klaten

Salah satu objek wisata yang berada di klaten adalah umbul sigedang. Tempat ini merupakan wisata dengan mata air yang mengaliri taman rekreasi dengan kolam renang alami. Umbul sigedang kalten selaly ramai dikunjungi karena tempat ini memiliki keindahan yang begitu mempesona hingga memberikan sensasi berbeda dari objek wisata lainnya yang berada di klaten.

Kata umbul di klaten dikenal sebagai tempat pemandian dengan sumber air alami. Mata air yang berada di umbul sigedang ini sangat jernih. Umbul sigedang selalu ramai dikunjungi karena terkenal dengan wahana tirta, tempat untuk foto prewedding, dan bahkan kegiatan bermain air.

Nama umbul sigedang ramai dikalangan masyarakat klaten menyediakan suasana wisata yang begitu asri, pepohonan yang rindang, serta beragam fauna perairan dengan warna-warni yang beragam.

Sejarah Umbul Sigedang

Umbul sigedang dulunya dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mandi. Seiring berjalannya waktu tempat ini menjadi salah satu wisata hits dengan pesona keindahan alam yang menjadi daya tarik wisatawan. Selain itu, banyak wisatawan yang menghabiskan waktu weekend di umbul sigedang dengan menikmati air jernih membuat hati menjadi segar dikala sibuk.

Umbul sigedang terkenal dengan sejarahnya yaitu mitos pada jaman kerajaan. Mitos dari umbul sigedang adalah sebagai tempat pemandian para putri kerajaan. Di umbul sigedang terdapat bagian dasar kolam renang yang masih terbuat dari batu dan tanah.

Tempat ini juga dekat dengan sumber mata air yang menurut masyarakat sekitar sumber mata air tersebut dijadikan sebagai air minum warga. Suasana yang diberikan disekitaran umbul sigedang masih asri dan rindang karena disekitaran umbul terdapat pepohonan beringin dengan bebatuan menjepit pohon. Selain itu, hawa yang segar nan menyehatkan tubuh sehingga tak heran banyak wisatawan yang ingin berlama-lama di umbul sigedang.

Dimana Umbul Sigedang?

Umbul sigedang berlokasikan di Dk, Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, Klaten Regency, Central Java 57474. Tempat ini memiliki rating bintang pencarian gmaps 4,6 dari 3 ribuan ulasan pencarian yang menunjukkan kepuasan pengunjung. Umbul sigedang memiliki jam operasional dari pukul 08.00 sampai engan 16.00 WIB setiap harinya.

Pengunjung yang datang ke lokasi umbul gedang dapat menikmati segarnya air dari sumber mata air dengan merogoh kocek sebesar 8 ribu rupiah. Selain itu, pengunjung juga dapat berbasah-basahan menikmati air. Di wisata umbul tidak perlu kawatir jika tidak bisa berenang karena terdapat penyewaan pelampung ban dan pelampung badan dengan harga mulai dari 5 ribu rupiah. Pengunjung juga sepuasnya untuk menggunakan alat seperti ban tanpa batas waktu.

Apa saja yang menarik di umbul sigedang?

Pengunjung yang datang ke umbul sigedang dapat menikmati air jernih, pemandangan yang mempesona dan berenang. Selain itu, beberapa hal yang dapat anda nikmati selama di umbul sigedang klaten.

1. Terapi ikan

Di tempat wisata umbul sigedang pengunjung dapat menikmati terapi ikan yang terdapat pada kolam. Pengunjung akan berenang dengan ikan-ikan kecil yang juga dapat digunakan sebagai terapi. Ikan-ikan kecil akan digigit ikan-ikan kecil sebagai terapi.

2. Mata air yang belum tercemar limbah

Umbul sigedang memiliki air kolam yang sangat jernih tidak heran banyak wisatawan yang datang ketempat ini untuk berlama-lama berenang. Pada faktanya air jernih pada umbul sigedang ini dikarenakan belum pernah sama sekali tercemar limbah pabrik maupun limbah-limbah lain.

Walaupun umbul sigedang seringkali dijadikan wisatawan berendam dan mandi, air di umbul sigedang masih tetap jernih tidak sama sekali keruh bahkan airnya masih alami dan segar.

3. Wisatawan dapat melakukan aktivitas berenang

Pengunjung yang datang ke umbul sigedang dapat berenang sepuasnya. Masyarakat sekitar percaya jika berenang di umbul sigedang dapat menyehatkan dan menyegarkan tubuh. Hal ini dikarenakan umbul sigedang memiliki sumber mata air yang masih asri terbebas dari bahan kimia yang membahayakan kulit. Bahkan sumber mata air ini dapat diminum secara bebas.

Jika anda tertarik untuk berenang di umbul sigedang, anda dapat menyiapkan peralatan berenang, baju ganti, dan lain-lain. Apabila lupa tidak perlu kawatir karena disekitaran umbul terdapat penjual yang menyediakan kebutuhan berenang.

4. Pengunjung dapat berfoto di spot-spot menarik

Umbul sigedang memiliki pemandangan yang indah. Kurang rasanya jika tidak mengabadikan momen di umbul sigedang. Wisatawan dapat melakukan swa foto di beberapa spot-spot yang menarik tentunya juga dengan panorama alam yang indah.

Spot foto yang ditawarkan di umbul sigedang adalah foto underwater bersama ikan-ikan. Pengunjung dapat menyewa kamera underwater untuk mengabadikan momen dengan ikan-ikan yang cantik di dalam air.

5. Fasilitas yang lengkap

Di umbul sigedang pengunjung tidak perlu kawatir akan fasilitas yang disediakan. Pengunjung dapat menemukan mushola, kamar mandi, dan tempat parkir yang luas. Kebersihan dan beberapa fasilitas di umbul sigedang dirawat dengan baik oleh pengelola sehingga pengunjung tidak akan kecewa.

Selain itu, fasilitas untuk istirahat jika pengunjung tidak ingin berenang, dapat menempati gazebo yang ada disekitaran untuk menikmati pemandangan indah umbul.

Demikian informasi mengenai umbul sigedang klaten yang cocok dikunjungi jika berada di klaten. Semoga informasi yang diberikan dapat memberikan rekomendasi tempat wisata dengan pemandangan alam indah.

Scroll to Top
Chat Admin Disini