umbul manten klaten

Umbul Manten Klaten, Wisata Dengan Banyak Legenda

Apakah anda pernah datang ke umbul manten? Berikut informasi tempat wisata serta legenda dibalik umbul manten klaten.

umbul manten klaten

Mengenal Umbul Manten Klaten

Salah satu destinasi wisata terkenal di Klaten adalah Umbul Manten. Tempat ini berlokasikan di Jalan Janti Boto, Boto, Wunut, Kec. Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57482. Umbul klaten merupakan taman rekreasi air dengan mata air alami berair jernih yang dikelilingi oleh pepohonan tinggi dan pemandangan yang mempesona.

Wisata umbul manten terkenal oleh masyarakat sekitar. Hal ini ditunjukkan dengan rating bintang pencarian dari gmaps yang menunjukkan bintang 4,4 dari kurang lebih 8000 ulasan pada tahun 2022. Untuk memasuki kawasan umbul manten, pengunjung dikenakan biaya masuk 6 ribu rupiah cukup murah bukan.

Wisata umbul manten beroperasi dari pukul 06.00 sampai dengan 18.00 WIB sehingga pengunjung akan puas menikmati bermain air di tempat ini.

Pesona Umbul Manten

Umbul manten merupakan kawasan dengan sumber mata air asri yang sangat jernih dan menyegarkan. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati tempat rekreasi alami. Umbul manten memberikan pesona alam seperti pepohonan besar nan rindang sehingga ketika ingin berenang pengunjung terhindar dari paparan matahari langsung.

Di umbul klaten terdapat wisata berenang air jernih dengan 3 spot yaitu kolam utama yang memiliki kedalaman sampai dengan 1,5 meter, kolam anak, dan kolam dengan aliran sungai yang dangkal.

Pada kolam utama pengunjung akan menikmati kolam dengan air tidak bisa keruh. Hal ini dikarenakan pada kolam utama memiliki dasar bebatuan. Selain itu, kola manak yang memiliki tinggi sepinggang orang dewasa, serta yang aliran sungai dangkal, pengunjung dapat menikmati kesejukan air dari sumber alami.

Legenda Umbul Manten

Nama umbul manten konon katanya berasal dari kisah sepasang pengantin yang hilang secara misterius. Kata manten berasal dari bahasa Jawa yang berarti Pengantin. Kisah legenda Umbul manten menjadi kisah turun temurun warga sekitar.

Mitos umbul manten berawal dari jaman dahulu terdapat pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan. Pasangan tersebut tiba-tiba hilang layaknya ditelan bumi. Hilangnya pasangan pengantin ini atas dugaan bahwa pengantin melanggar wejangan atau perintah orang tua mereka untuk tidak keluar rumah bersama selama 40 hari pasca menikah. Larangan ini berlaku petang hari setelah maghrib.

Pengantin yang setelah melangsungkan pernikahannya tersebut mengalami kebosanan hingga pada akhirnya keluar rumah sebelum maghrib tiba. Ketika mereka berdua berada diluar rumah suami mendahului istri kemudian ketika ditengok ternyata si istri telah hilang begitupun terjadi pada sang istri. Pasangan suami istri tersebut melanggar wejangan orang tua sehingga pasangan pengantin tiba-tiba menghilang.

Lokasi menghilangnya pasangan tersebut berada di kolam sumber mata air. Oleh sebab itu, sejarah nama umbul maten sebagai nama yang menjadi sumber mata air pengantin hingga saat ini.

Dilain sisi terdapat versi cerita umbul manten yang konon air kolam bersumber dari umbul peteng atau gelap dan umbul pelem mangga. Umbul Peteng sebagai sumber mata air laki-laki sedangkan umbul pelem dikenal dengan sumber mata air perempuan. karena kedua sumber air menyatu di lokasiyang sama oleh sebab iu muncul nama manten.

Rute Umbul Manten

Umbul Manten berada di klaten, pengunjung untuk datang ke lokasi tidak akan merasa kesulitan karena dapat datang dari arah jogja maupun solo. Ketika berada dari arah jogja pengunjung dapat berkendara menuju klaten di jalan jogja solo. Kemudian pengunjung akan menemukan 2 jalur yaitu jalan pemuda kemudian belok kiri di jalan sensan sadikin.

Untuk jalur kedua pengunjung dapat lewat jalan jogja-solo lurus hingga ketemu samsat Delanggu kemudian belok kiri di pertigaan samsat Delanggu Jl. Tegalgondo-Janti.

Selain itu, jika pengunjung dari arah Solo tinggal mengikuti jalan sampai pasar Desa Tegal Gondo kemudian belok kanan di pertigaan setelahnya dan jalan lurus melalui Jl. Tegalgondo-Janti. Jika sudah melalui kolam pemancingan Dewi Anjar maka dapat dengan mudah menemukan umbul manten.

Apa Saja yang terdapat di Umbul Manten?

Umbul manten merupakan objek wisata populer dan favorit di klaten di wisata ini pengunjung dapat menemukan beberapa hal menarik sebagai berikut.

1. Kolam pemandian dengan air jernih

Pengunjung yang datang ke lokasi dapat menemukan 3 kolam jenis kolam air yang jernih. Kolam ini cocok untuk melakukan aktivitas berenang. Air yang segar menambah kenyamanan ketika berenang di umbul manten.

2. Terapi ikan

Pengunjung yang datang ke lokasi umbul manten dapat menikmati terapi ikan. Terapi ikan merupakan terapi yang menggunakan ikan untuk menghilangkan toksin dalam tubuh. Ikan-ikan ketika proses terapi ikan akan menggigit bagian tubuh yang berada di dalam air. Tentunya ikan yang menggigit memiliki ukuran kecil dan tidak membuat sakit.

3. Fasilitas Lengkap

Pengunjung yang datang ke umbul manten tidak perlu kawatir dengan fasilitas yang disediakan. Beberapa fasilitas lengkap seperti mushola untuk ibadah, gazebo untuk istirahat, penyewaan alat berenang, kamar mandi yang bersih, warung wisata, dan tempat parkir yang luas.

4. Spot foto menarik

Di umbul manten pengunjung juga dapat mengabadikan foto di spot-spot menarik tentunya mempesona pemandangan.

Demikian informasi mengenai wisata umbul manten klaten. Semoga informasi yang diberikan dapat menambah spot wisata yang dikunjungi ketika berada di klaten.

Scroll to Top
Chat Admin Disini