umbul pelem klaten

Umbul Pelem Klaten, Wisata Air Bagi Anak-Anak

Anda membutuhkan rekomendasi tempat wisata? Berikut umbul pelem klaten cocok untuk berwisata bersama anak.

umbul pelem klaten

Umbul Pelem Klaten

Mengenal umbul pelem klaten merupakan tempat wisata di klaten dikenal dengan taman rekreasi air cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Umbul pelem ini dahulunya hanya sekedar kolam kecil. Seiring berjalannya waktu, umbul pelem direnovasi besar-besaran hingga saat ini berdiri menjadi sebuah tempat wisata yang ramai dikunjungi.

Umbul pelem ini tempat wisata dengan sumber mata air alami. Di tempat ini pengunjung dapat menemukan kolam renang yang cocok untuk menghabiskan waktu luang melepas penat. Umbul pelem menyediakan beberapa kolam yang sangat dangkal hingga dalam sehingga membuat nyaman untuk berenang bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Lokasi Umbul Pelem

Umbul Pelem berlokasikan di Jl. Tegalgondo – Janti, Dukuh, Wunut, Kec. Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57482. Operasional umbul pelen dari pukul 05.00 sampai dengan 16.00 WIB setiap harinya. Umbul pelem ini memiliki rating bintang pencarian gmaps 4,4 dari 3 ribuan ulasan menunjukkan kepuasan pengunjung yang datang ke lokasi.

Memasuki kawasan umbul pelem pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya 5 ribu rupiah untuk menikmati segarnya air kolam renang yang berasal dari mata air di klaten. Dengan biaya murah, pengunjung dapat berendam dan berenang sepuasnya di umbul pelem.

Rute menuju Umbul Pelem

Wisata umbul pelem berada di tempat yang stategis. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan lokasinya. Jalan menuju umbul pelem juga cukup mudah dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi dan angkutan umum.

Untuk sampai ke umbul pelem pengunjung dapat melewati rute dari pertigaan pasar tegalgondo di Jalan Raya Solo-Yogyakarta. Apabila anda datang dari aral Solo maka lokasi pertigaan Pasar Tegalgondo ada di sebelah kanan jalan berada 550 meter setelah Tugu selamat datang kabupaten sleman. Sedangkan jika dari arah jogja anda dapat emnemukan pasar tegalgondo berada di sebelah kiri sekitar 900 meter dari perempatan pakis, kecamatan wonosari, klaten.

Setelah sampai di pertigaan pasar Tegalgondo anda dapat menuju arah barat mengikuti jalan tegalgondo-jati sampai 6,5 km. jika sudah sampai pertigaan janti anda akan sampai di desa wunut. Umbul pelem berada di sebelah kiri jalan dekat dengan umbul manten.

Fakta Menarik Umbul Pelem

Jika anda mengunjungi umbul pelem, anda akan menemukan fakta menarik dari objek wisata ini. berikut fakta dari umbul pelem.

1. Terdapat beberapa kolam

Menariknya dari umbul pelem memiliki 4 buah kolam dan terdapat 1 kebun cenil atau selada air. Empat kolam di umbul pelem memiliki keistimewaan masing-masing. Kolam di umbul pelem memiliki nuansa tradisional yaitu hanya beralaskan batu dan pasir serta terdapat 1 kolam renang utama.

2. Umbul Pelem selalu ramai dikunjungi

Objek wisata air umbul pelem selalu dipadati pengunjung terlebih hari weekend dan hari libur nasional. Pegunjung yang datang pun dari berbagai daerah sekitaran klaten. Setiap harinya pengunjung yang datang ke lokasi sekitar 300 bahkan dapat mencapai 2000 an pengunjung. Tempat ini selalu ramai pengunjung karena di umbul pelem masih terjaga keasrian dan kesejukan air. Hal ini karena air kolam umbul pelem berasal dari sumber mata air.

3. Kolam terhindar dari kaporit

Kolam renang biasanya didapati kaporit untuk menjaga kejernihan air. Namun di umbul pelem air kolam terhindar dari kaporti karena menggunakan mata air alami. Walaupun tanpa kaporit, air kolam di umbul pelem selalu jernih dan menyegarkan bahkan tidak membuat pedih mata meskipun sudah lama berenang.

4. Terdapat perosotan keramik

Jika bosan berendam pengunjung dapat menikmati perosotan keramik yang disediakan di umbul pelem. Perosotan keramik ini akan menghubungkan kolam-kolam kecil disekitar kolam utama umbul pelem.

5. Terdapat ikan-ikan

Di umbul pelem pengunjung dengan mudah menemukan ikan kecil kecil yang terbiasa hidup di sungai. Nama ikan tersebut adalah ikan cethul.

6. Fasilitas lengkap

Bagi pengunjung yang datang ke umbul pelem tidak perlu kawatir dengan tempat ibadah dan kamar mandi karena di tempat ini fasilitasnya sangat lengkap mulai dari mushola, parkir luas, kamar ganti dan kamar mandi yang bersih, gazebo untuk istirahat  bahkan warung-warung penjual makanan di sekitaran kolam.

7. Persewaan alat renang

Jika anda tidak membawa alat untuk berenang seperti ban dan pelampung, pengunjung dapat menyewa ban dan pelampung sehingga pengunjung dapat menikmati segarnya air kolam renang umbul pelem. Pengunjung akan menikmati sensasi berenang di persawahan tanpa takut tenggelam.

8. Terdapat wahana permainan

Di umbul pelem pengunjung dapat mengelilingi kebun cenil atau selada air dengan rafting sungai. Rafting merupakan aktivitas susur sungai yang mengacu adrenalin namun tetap menjaga safety. Selain rafting, beberapa wahana seperti flying fox dan taman bermain. Akan tetapi anda harus sabar jika datang pada waktu dekat ini karena wahana permainan masih dalam proses perampungan.

Demikian informasi mengenai tempat wisata umbul pelem. Semoga dari informasi yang diberikan membuat anda tertarik mengunjungi umbul pelem klaten. Wisata umbul pelem ini cocok untuk didatangi bersama dengan anak-anak karena anak akan dapat berenang bebas di kolam-kolam yang tersedia dengan kenyamanan dan keamanan yang terjaga.

Scroll to Top
Chat Admin Disini