Curug Layung Bandung

Wisata Curug Layung Bandung

Tersiarnya kabar akan aturan dibukanya Kembali lokasi wisata, menjadi angin segar bagi seluruh pekerja pariwisata, begitu juga Curug Layung Bandung. Curug ini semenjak awal pandemiterpaksa ditutup untuk mengikuti aturan pemerintah. Setelah munculnya aturan baru, Curug Layung Bandung dapat Kembali menjadi opsi untuk berlibur dan melepas penat ditengah hiruk pikuk kota dan pembatasan pandemi.

Sector pariwisata Indonesia dua tahun belakangan ini benar – benar seperti mendapati paceklik yang lumayan berat. Tidak sedikit para pengusaha di sector ini gulung tikar dan mencoba beradu nasib dengan peruntungan lainnya. Paceklik yang sedang mereka alami ini disebabkan oleh pandemi dan wabah virus korona yang tidak hanya melanda Indonesia tetapi juga seluruh dunia.

Pemerintah awal dua tahun lalu mengeluarkan kebijakan kepada seluruh destinasi wisata agar ditutup sementara hingga pandemiyang sedang terjadi sudah dapat diatasi dan ditanggulangi. Mau tidak mau pekerja sector wisata harus mengikuti aturan tersebut. Kabar baik yang mereka tunggu akhirnya datang pada beberpa bulan di akhir tahun lalu. Pemerintah mulai membuka Kembali lokasi – lokasi wisata agar bisa dikunjungi oleh masyarakat. Catatan yang harus diperhatikan adalah ada aturan tambahan untuk membuka lokasi wisata dengan mematuhi aturan soal protocol Kesehatan.

Wisata Curug Layung Bandung

Curug dalam bahasa Sunda berarti air terjun. Karena Bandung berada di sebuah cekungan, ada banyak air terjun di dalam dan sekitar wilayah Bandung. Banyaknya mata air yang mengalir di Bandung dengan deras membuat air terjun di kawasan Bandung tidak pernah surut yang mana membuat suasana eksotik terus berlanjut sepanjang musim. Hampir sebagian besar curug yang ada di Bandung dijadikan sebagai tempat wisata. Beberapa curug di Bandung telah dikenal luas seperti halnya Curug Maribaya di Dago Pakar atau Curug Cimahi di Cisarua yang berwarna warni saat malam hari. Salah satu curug yang belum banyak dikunjungi wisatawan adalah Curug Layung.

Lokasi dan Rute Menuju Curug Layung Bandung

Curug Layung Bandung berada di wilayah Cisarua, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Pada awalnya Curug Layung sempat ditutup untuk umum karena masuk dalam area Latihan Kopassus ( Komando Pasukan Khusus ). Curug Layung Bandung tidak terlalu tinggi elevasinya, namun memiliki kolam alami yang cukup besar. Curug ini  biasanya digunakan sebagai area berenang bagi  pengunjung yang dapat menahan dinginnya air Sungai Cimahi yang mengalir dari hulu ke Kawasan Situ Lembang. Jika dilihat dari aliran sungainya, curug ini berada di urutan paling hulu dari Sungai Cimahi.

Jika kamu ingin berkunjung ke Curug Layung Bandung  terdapat dua jalan utama yang bisa dilewati, yakni lewat jalur Komando dan lewat jalur daerah wisata CIC. Untuk kamu yang berasal dari arah Bandung/Lembang, kamu bisa memasuki jalan Kolonel Masturi hingga melewati objek wisata Curug Cimahi lalu masuk ke jalan Komando. Jika dari arah Cimahi, kamu bisa melewati Jalan Kolonel Masturi lalu masuk ke jalan Komando sebelum objek Wisata Curug Cimahi. Ikuti jalur menanjak hingga masuk gerbang wisata Curug Layung. Saat sudah tiba pada gerbang wisata Curug Layung Bandung, kamu bisa memarkirkan kendaraan kamu dan merogoh kocek sebesar 10 ribu untuk masuk ke dalam Kawasan wisata. Setelah itu, kamu bisa menanjak sembari menyusuri hutan pinus di kaki Gunung Burangrang.

Rute Alternatif

Alternatif lain juga tersedia dengan melalui objek wisata CIC (Ciwangun Indah Camp). Objek wisata CIC ini masih berada di dekat pintu gerbang objek wisata Curug Cimahi. Masuk dan ikuti jalur menuju CIC dan membeli tiket seharga 7 ribu saja. Dari areal wisata CIC ini, kamu bisa menuju Curug Layung melewati jalur sungai atau jalur kebun teh. Bagi pengunjung yang hobi mendaki, pasti akan lebih suka memilih lewat jalur CIC. Karena bisa menyusuri Sungai Cimahi sekaligus menikmati Curug Tilu yang mengalir setelah Curug Layung. Selain itu, bisa juga menikmati perkebunan teh Sukawana sebelum masuk ke objek wisata Curug Layung. Dari objek wisata CIC menuju Curug Layung bisa ditempuh dengan waktu 30 menit hingga 1 jam perjalanan jalan kaki menyusuri Sungai Cimahi. Perjalanan ini akan terbayar dengan indahnya pemandangan sepanjang perjalanan dan juga segarnya air di Curug Layung yang masih bersih dan alami.

Karena lokasinya yang berada di hulu Sungai Cimahi, terdapat beberapa curug setelah Curug Layung. Semakin kebawah sesuai urutan nantinya ada Curug Tilu, Curug Bugbrug, Curug Cimahi (Curug Pelangi), Curug Panganten (Curug pasangan), dan Curug Lalay. Jadi bisa dikatakan, kamu bisa mengunjungi curug lain dengan masuk pada 1 curug saja. Memang Jawa Barat memiliki berbagai model curug yang sangat sayang untuk dilewatkan. Dengan pemandangan dan panorama perbukitan, serta perkebunan teh yang terhampar, bisa membuat pikiran lebih tenang dan fresh.

Demikian adalah informasi dan fakta – fakta menarik mengenai Curug Layung Bandung yang layak kamu ketahui. Curug Layung cocok untuk kamu masukkan kedalam list destinasi liburan kamu nantinya. Mari Bersama – sama meningkatkan Kembali ekonomi pada sector pariwisata Indonesia. Selalu percayakan urusan transportasi Anda di Sewa Bus Jakarta, demi kenyamanan dan keamanan perjalanan.

Scroll to Top
Chat Admin Disini