wisata goa jepang majalengka

Wisata Goa Jepang Majalengka

Goa Jepang menjadi salah satu saksi bisu pada masa penjajahan di Majalengka Jawa Barat. Dahulu tempat ini bernama Bunker Jepang sebelum dikenal sebagai Wisata Goa Jepang Majalengka.

Terdiri dari sebuah bangunan yang didirikan oleh kolonial Belanda dan digunakan oleh pemerintahan Jepang. Bangunan yang berdiri dengan arsitektur khas belanda ini menjadi salah satu tempat bersejarah yang saat ini semakin populer di kalangan masyarakat.

Telah berdiri sejak bertahun-tahun yang lalu Goa Jepang ini sempat terbengkalai dan kurang perawatan. Namun, saat ini Goa Jepang sudah direnovasi kembali sehingga tidak nampak menyeramkan.

Goa ini memiliki daya tarik sendiri untuk anda kunjungi saat di Majalengka. Dengan bangunan bergaya Belanda dan terkesan kuno ini bisa menjadi spot yang pas untuk mengambil gambar. Sehingga tak heran jika saat hari libur tiba banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini.

Daya Tarik Goa Jepang

Tempat bersejaran ini tentunya tidak terlepas dengan hal-hal misteri di dalamnya. Goa Jepang ini dibangun oleh pemerintahan Belanda pada tahun 1923 di atas tanah seluas 69 ribu meter persegi. Tentunya tempat ini menyimpan banyak sejarah dan menjadi saksi bisu di masa penjajahan yang harus dijaga dan dilestarikan. Sehingga tak heran, jika Goa Jepang ini telah terdaftar sebagai situs bersejarah di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. Selain itu, Goa yang berada di Majalengka ini juga menjadi Cagar Budaya Provinsi Jawa Barat dan dilindungi Undang Undang No. 11 Tahun 2012.

Ingin tahu daya tarik Wisata Goa Jepang Majalengka ini? Simak ulasan berikut!

Goa Jepang Sebuah Bunker

Meskipun bernama Goa Jepang, tempat ini tidak sepeti guo pada umumnya yang terdiri dari bebatuan. Melainkan, sebuah bunker yang berfungsi untuk mengawasi aktivitas probumi di Majalengka pada saat itu.

Pada masa penjajahan Jepang  Goa ini digunakan sebagai tempat untuk menyimpan senjata, keperluan logistik, tempat berlidung, bersembunyi, hingga tempat penawanan perang. Dari situlah masyarakat setempat menyebutnya dengan Goa Jepang.

Goa Jepang Sempat Terbengkalai

Wisata Goa Jepang Majalengka ini sempat terbengkalai karena kurangnya perhatian dari masyarakat. Dahulu banyak lumut dan rumput yang tumbuh liar di Goa ini. Hingga akhirnya pada tahun 2016 mulai melakukan perawatan dan renovasi tempat bersejarah ini oleh Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BLPH). BLPH juga melakukan renovasi pada bagian pintu masuk goa dengan ornamen batu alam. Selain itu, juga terdapat taman di sekitar pintu masuk Goa yang membuat suasana Goa menjadi lebih asri. Kini Goa Jepang ini terlihat lebih bersih dan terawat.

Menyimpan Banyak Hal Mistis

Wisata Goa Jepang Majalengka ini menyimpan banyak cerita mistis yang berkembang di masyarakat. Konon di Goa ini banyak penunggunya yaitu arwah tentara jepang hingga arwah tahanan yang dibunuh dan disiksa di dalam Goa ini. Selain itu, terdapat kepercayaan masyarakat setempat yaitu pantangan menyebut kata “lada” saat berada di Goa ini. Konon jika menyebut kata tersebut akan membuat orang kesurupan dan dapat melihat sosok-sosok yang ada di sana.

Memiliki lorong yang Saling Terhubung

Wisata Goa Jepang Majalengka ini memiliki 2 bangunan bunker dengan 4 pintu. Setiap bunker memiliki 2 pintu yang terbuat dari plat besi berukuran 2 x 1.5 meter. Setiap pintunya terhubung satu sama lain, sehingga wistawan bisa keluar masuk dari semua pintu. Lorong goa ini tidak terlalu panjang, meskipun begitu tempatnya yang gelap cukup bisa menguji nyali anda.

Memiliki Pesona Alam

Wisata Goa Jepang berada di alam terbuka dengan pemandangan khas Majalengka. Sehingga tak heran jika tempat ini memiliki pemandangan alam yang asri dan indah. Di sekeliling Goa wisatawan anda akan melihat pepohonan yang membuat uadara menjadi lebih sejuk dan teduh. Selain itu, ada pula taman dengan bunganya yang berwarna-warni yang mempercantik temapt ini.

Menyimpan Banyak Bangunan Unik

Saat anda memasuki Goa Jepang ini, anda akan melihat banyak bangunan unik. Bangunan yang tersebar di setiap sudut goa ini menyimpan banyak cerita sejarah. Terdapat beberapa bangunan peninggalan yang dilestarikan dan ada juga bangunan baru.

Pra wisatawan yang berkunjung banyak menjadikannya sebagai spot berfoto. Salah satu spot foto favorit wisatawan yaitu jembatan kecil yang ada di sudut goa.

Memiliki Banyak Replika

Saat anda menjelajah Goa, anda akan menemukan banyak replika atau patung. Bentuknya pun bermacam-macam mulai dari sepeda, wajah orang, senjata, dan lainnya. Replika ini tersebar di setiap sudut goa yang bisa anda gunakan untuk mengabadikan momen.

Lokasi dan tiket masuk Goa Jepang

Wisata Goa Jepang Majalengka ini terletak di Jalan Raya K.H. Abdul Halim No 403 Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Lokasi wisata ini sangat mudah anda temukan. Letaknya yang di pinggir jalan, akses menuju Goa ini bisa anda tempuh dengan semua jenis kendaraan darat seperti Sewa Bus Pariwisata Jakarta, elf, mobil, dan motor. Untuk bisa berwisata di Goa Jepang ini, anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp.10.000 saja.

Anda bisa mengajak rombongan keluarga atau teman-teman untuk mengunjungi Wisata Goa Jepang Majalengka ini. Jangan lupa untuk menyiapkan trasportasi untuk menuju ke sana. Untuk anda yang ingin berwisata ke Majalengka anda bisa menggunakan jasa Sewa Bus Pariwisata Jakarta. Penyedia jasa sewa transportasi murah, mudah, dan terpercaya hanya di Sewa Bus Pariwisata Jakarta.

Scroll to Top
Chat Admin Disini