wisata kota tua Jakarta

Wisata Kota Tua Jakarta yang Wajib dikunjungi Warga Ibukota

Berada di Ibukota kurang rasanya jika tidak mengunjungi objek wisata. Berikut informasi tentang wisata kota tua Jakarta.

Wisata kota tua Jakarta merupakan tempat wisata iconic yang sering dirujuk oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Kawasan wisata kota tua Jakarta ini adalah distrik bersejarah tempat bangunan kolonial belanda. Di kota tua ini pengunjung dapat menemukan objek-objek wisata yang cocok untuk dikunjungi. Tempat-tempat tersebut tentunya merupakan tempat bersejarah. Berikut informasi mengenai wisata apa saja yang terdapat di kota tua Jakarta.

1. Museum Fatahillah

wisata kota tua Jakarta

Rekomendasi pertama wisata kota tua Jakarta yang wajib dikunjungi adalah museum fatahillah kota tua. Museum ini memiliki rating bintang 4,6 dari 500an ulasan pencarian gmaps menunjukkan kepuasan pengunjung yang datang ke museum. Museum fatahillah terletak di Jl. Pintu Besar Utara No.27, RT.7/RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110. Jam operasional dari museum fatahillah ini dari pukul 08.00 sampai dengan 22.00 WIB.

Museum fatahillah merupakan museum dengan bangunan bergaya kolonial memiliki arsitektur dengan material-material di masa jaman penjajahan. Tempat ini cocok untuk dikunjungi apabila anda penyuka tempat vintage.

2. Museum Bank Indonesia

wisata kota tua Jakarta

Rekomendasi kedua wisata kota tua Jakarta yang wajib dikunjungi yaitu museum bank Indonesia. museum ini memiliki rating bintang 4,7 dari 9600an ulasan pencarian gmaps menunjukkan kepuasan pengunjung yang datang ke museum bank Indonesia. museum bank Indonesia berlokasikan di Jl. Pintu Besar Utara No.3, RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110. Jam operasional dari museum bank Indonesia ini dari pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB setiap hari kecuali hari senin.

Museum bank Indonesia merupakan museum yang menampilkan sejarah perbankan lokal termasuk mata uang antic dan uang kertas internasional. Untuk memasuki kawasan museum bank Indonesia, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya karena gratis. Museum bank Indonesia adalah cagar budaya peninggalan sejarah yang cocok untuk dikunjungi.

3. Museum Wayang

wisata kota tua Jakarta

Rekomendasi ketiga wisata kota tua Jakarta yang wajib dikunjungi adalah museum wayang. Museum wayang ini memiliki rating bintang 4,5 dari 4300an ulasan pencarian gmaps menunjukkan kepuasan pengunjung yang datang ke lokasi. Museum wayang berada di Jalan Pintu Besar Utara No.27 Pinangsia, RT.3/RW.6, Kota Tua, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110 beroperasi dari pukul 09.00 sampai dengan 15.00 setiap hari kecuali hari senin.

Museum wayang ini museum seni yang menyediakan pameran menampilkan koleksi wayang jawa, jenis wayang, boneka, patung, dan lukisan. Tiket masuk kawasan museum wayang cukup terjangkau dibawah 10 ribu rupiah pengunjung dapat menikmati peninggalan sejarah dan melihat macam-macam jenis wayang yang terdapat di Indonesia.

4. Museum Seni Rupa dan Keramik

wisata kota tua Jakarta

Rekomendasi keempat wisata kota tua Jakarta yang wajib dikunjungi yaitu museum seni rupa dan keramik. Museum ini memiliki rating bintang 4,4 dari 3100an ulasan pencarian gmaps menunjukkan kepuasan pengunjung yang datang ke lokasi. Museum seni rupa dan keramik berlokasikan di Jl. Pos Kota No.2, RT.9/RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110. Museum ini beroperasi dari pukul 09.00 sampai dengan 15.00 setiap hari kecuali hari senin.

Museum seni rupa dan keramik adalah museum yang menampilkan kerajinan Indonesia dalam Gedung istana sejak abad ke 19. Untuk memasuki kawasan museum seni rupa dan keramik pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya 5 ribu rupiah pengunjung dapat melihat koleksi lukisan, batik, patung, totem kayu, dan keramik dari masa kerajaan dan keramik dari negeri seberang. Tempat ini cocok apabila anda penyuka tempat bersejarah.

5. Magic Art 3D Museum Jakarta

wisata kota tua Jakarta

Rekomendasi tempat wisata kota tua Jakarta yang waji dikunjungi adalah magic art 3D museum. Museum ini memiliki rating bintang 4,7 dari 1600an ulasan pencarian gmaps. Letak museum ini berada di Jl. Kali Besar Tim., RT.3/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110. Museum magic art beroperasi dari pukul 10.00 sampai dengan 18.00 WIB.

Magic art 3D merupakan museum 3D hasil kolaborasi warga Indonesia dan korea sejak tahun 2018. Museum ini menarik dikunjungi bersama anak-anak. Di museum ini anda akan menemukan banyak lukisan 3D layak seperti aslinya. Tiket masuk kawasan magic art 3D sekitar 60 ribu sampai dengan 80 ribu rupiah. Ketika memasuki kawasan ini juga pengunjung diwajibkan memakai kaos kaki, jadi jangan lupa untuk membawanya.

6. Museum Bahari

wisata kota tua Jakarta

Rekomendasi keenam tempat wisata kota tua Jakarta adalah museum bahari. Museum ini memiliki rating bintang 4,5 dari 2700an ulasan pencarian gmaps menunjukkan kepuasan pengunjung. Museum bahari berlokasikan di Jl. Ps. Ikan No.1, RT.11/RW.4, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14440 memiliki jam operasional dari pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB buka setiap hari kecuali hari senin.

Museum bahari merupakan museum kelautan warisan pelayaran Indonesia. museum ini menjadi tempat bersejarah karena menurut penuturan guide dahulunya adalah Gudang rempah VOC. Di museum bahari terdapat benda-benda koleksi terkait kelautan seperti perahu, jangkar, alat navigasi, dan lain-lain. Tempat ini cocok apabila ingin mengajak anak berwisata sekaligus belajar sejarah. Ketika berkunjung di museum bahari lebih baik menggunakan jasa guide agar lebih paham mengenai tempat bersejarah tersebut.

Demikian informasi mengenai wisata kota tua Jakarta yang wajib dikunjungi ketika berada di Jakarta. Semoga dari informasi yang diberikan dapat menambah wawasan anda tentang wisata bersejarah yang terdapat di Jakarta.

Baca juga: 7 Tempat Staycation Jakarta Instagramble

Scroll to Top
Chat Admin Disini