oleh-oleh khas Surabaya

11 Oleh-oleh Khas Surabaya yang Membuat Ketagihan

Anda liburan ke Surabaya kurang rasanya jika belum membeli oleh-oleh. Berikut informasi oleh-oleh khas Surabaya.

Mengenal kota Surabaya yang menjadi ibukota provinsi Jawa timur. Surabaya ini merupakan kota metropolitan di jawa timur memiliki objek wisata dan beberapa makanan khas yang cocok untuk dicoba. Jika anda sedang berada di Surabaya untuk berlibur tentunya hal wajib untuk membawa buah tangan untuk keluarga di rumah. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya.

1. Almond crispy

oleh-oleh khas Surabaya

Rekomendasi pertama oleh-oleh khas Surabaya adalah almond crispy. Almond crispy ini merupakan camilan khas Surabaya yang menjadi primadona karena banyak digemari oleh semua kalangan. Cemilan Almond crispy ini terbuat dari telur, tepung, gula, susu bubuk, keju, dan almond sebagai topping. Almond crispy memiliki rasa yang manis sekaligus gurih dan crispy. Cemilan ini bertekstur tipis, lembut, serta kriuk di mulut. Almond crispy cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh ketika pulang dari Surabaya. Harga dari almond crispy dibanderol sekitar 55 ribu rupiah.

2. Sambal bu Rudy

oleh-oleh khas Surabaya

Rekomendasi kedua oleh-oleh khas Surabaya oleh sambal bu rudy. Sambal bu rudy ini memiliki rasa yang nikmat dan cita rasa pedas yang tiada duanya. Oleh-oleh khas surabaya yaitu Sambal bu rudy memiliki banyak varian dengan harga beragam. Sambal bu rudy ini sangat nikmat apalagi dinikmati dengan nasi hangat. Macam dari sambal bu rudy adalah sambal bawang, sambal udang, dan sambal-sambal lainnya. harga dari sambal bu Rudy di banderol dari harga 26 ribu rupiah.

3. Lapis Kukus Pahlawan

oleh-oleh khas Surabaya

Rekomendasi ketiga oleh-oleh khas Surabaya oleh lapis kukus pahlawan. Lapis kukus pahlawan merupakan kue lapis Surabaya yang memiliki cita rasa khas. Lapis kukus pahlawan berbeda dengan lapis kukus daerah lainnya karena terbuat dari tepung singkong dan tepung terigu sehingga menciptakan citarasa khas. Tekstur kue yang lembut dengan proses pembuatan dikukus menciptakan cita rasa nikmat dan lembut. Lapis kukus pahlawan ini telah mendapatkan predikat the best di ajang jawapos culinary award 2017 dan 2018. Harga dari lapis kukus sekitar 27 ribu rupiah sampai dengan 45 ribu rupiah.

4. Spikoe resep kuno

oleh-oleh khas Surabaya

Rekomendasi keempat oleh-oleh khas Surabaya yaitu spikoe resep kuno. Spikoe resep kuno adalah makanan lezat dengan cita rasa Indonesia. spikoe resep kuno ini jenis kue yang memiliki rasa manis, gurih, enak, empuk, lembut, dan tentunya wangi khas kue nikmat. Spikoe resep kuno terdapat jenisnya yaitu spikoe kismis, tanpa kismi, plum, prunes, regular, dan spesial. Harga dari spikoe kuno sekitar 90 ribu sampai dengan 310 ribu rupiah.

5. Kerupuk Ikan Kenjeran

oleh-oleh khas Surabaya

Rekomendasi kelima oleh-oleh khas Surabaya oleh kerupuk ikan kenjeran. Di Surabaya terdapat kawasan sentra ikan yang menjualkan berbagai olahan hasil laut seperti ikan-ikan segar dan makanan olahan seperti kerupuk. Dari sinilah di Surabaya dikenal dengan makanan khas kerupuk ikan kenjeran. Kerupuk ini memiliki aroma khas ikan dan tekstur yang renyah. Harga dari kerupuk ikan kenjeran ini beragam seitar 75 ribu rupiah per kilogramnya.

6. Guna-Guna Snack

oleh-oleh khas Surabaya

Rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya keenam oleh guna-guna snack. Guna-guna snack menyediakan menu camilan snack dari mulai cookies hingga makanan basah. Guna-guna snack adalah olahan yang dibuat dengan cita rasa alami menggunakan bahan-bahan berkualitas. Beberapa makanan yang tersedia seperti cookies, kue jadul, dan lain-lain. Makanan dari guna-guna snack cocok untuk dibawa sebagai buah tangan keluarga dirumah apabila berkunjung ke Surabaya.

7. Surabaya Patata

oleh-oleh khas Surabaya

Rekomendasi ketujuh oleh-oleh khas Surabaya adalah patata. Patata Surabaya ini merupakan sejenis cake yang memiliki rasa manis legit dan nikmat. Patata memiliki tekstur lembut dan menggoyangkan lidah. Kue kekiniian ini milik artis oki setiana dewi dan ria ricis. Rasa nikmat dan lembut patata karena terbuat dari kentang dan memiliki berbagai pilihan topping isian yang disukai oleh berbagai kalangan. Beberapa topping pilihan patata seperti keju, oreo, green tea, tiramisu, nutela, dan lain-lain. Harga satu kue patata ini dibanderol dengan harga mulai dari 68 ribu rupiah.

8. Abon sapi

oleh-oleh khas Surabaya

Rekomendasi kedelapan oleh-oleh khas Surabaya oleh abon sapi. Abon sapi merupakan olahan daging sapi yang dimasak dengan menggunakan rempah-rempah. makanan khas surabaya Abon sapi ini memiliki cita rasa manis dan lembut dilidah. Abon sapi khas Surabaya memiliki cita rasa krispi manis dan pedas. Makanan ini cocok disantap dengan nasi hangat atau hanya dijadikan cemilan biasa. Harga abon sapi ini dibanderol dengan harga 60 ribu rupiah per 250 gramnya.

9. Sirup Mangrove

oleh-oleh khas Surabaya

Rekomendasi kesembilan oleh-oleh khas Surabaya adalah sirup mangrove. Sirup mangrove merupakan sirup segar dengan rasa manis sesuai dilidah. Sirup mangrove ini terbuat dari tanaman mangrove yang hidup di sekitaran rungkut Surabaya. Cita rasa sirup mangrove selain manis juga terdapat rasa masamnya. Sirup ini cocok diminum ketika cuaca sedang panas. Selain itu, sirup mangrove juga mengandung vitamin A dan C. harga dari sirup mangrove ini dibanderol dari 20 ribu rupiah.

10. Kopi Bandrek

oleh-oleh khas Surabaya

Rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya yaitu kopi bandrek. Bagi penyuka kopi, kopi bandrek merupakan jenis kopi yang unik. Cita rasa kopi ini memiliki sensasi hangat karena terbuat dari rempah-rempah alami yang dicampurkan dalam kopi. kopi bandrek terbuat dari kopi, gula putih, gula palem, jahe, kayu manis, dan rempah-rempah pilihan lainnya. kopi bandrek ini diperjualkan dalam kemasan praktis sehingga pembeli dapat langsung menyeduhnya dengan air panas. Harga dari kopi bandrek ini dibanderol dengan harga 25 ribu rupiah saja per kemasan.

11. Cakue Peneleh

oleh-oleh khas Surabaya

Rekomendasi terakhir oleh-oleh khas Surabaya adalah cakue peneleh. Cakue peneleh adalah makanan cemilan dengan cita rasa nikmat khas Surabaya. Ketika berkunjung ke Surabaya kurang rasanya apabila tidak membeli cakue peneleh. Cakue peneleh adalah sejenis gorengan. Menarik dari cakue peneleh, cakue ini terdapat isian udang. beberapa makanan di cakue peneleh terdapat variasi lainnya seperti gorengan ote-ote ayam, babi, roti goreng, singkong Thailand, otak-otak, dan lain-lain. Harga dari cakue ini dibanderol 6 ribu rupiah per pcsnya.

Demikian informasi mengenai oleh-oleh khas Surabaya. Semoga dari informasi yang diberikan dapat memberikan wawasan kepada anda mengenai buah tangan yang harus dibawa untuk keluarga ketika berkunjung di Surabaya.

Baca Juga: 9+ Makanan Khas Surabaya, Panganane Arek Suroboyo

Scroll to Top
Chat Admin Disini