9+ Makanan Khas Surabaya, Panganane Arek Suroboyo

9+ Makanan Khas Surabaya, Panganane Arek Suroboyo

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Surabaya memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Selagi berkunjung ke ibukota Jawa Timur ini, kamu tidak boleh ketinggalan untuk mencicipi makanan khas Surabaya yang begitu beragam.

Makanan Khas Surabaya

Kota yang dijuluki sebagai Kota Pahlawan ini memiliki berbagai makanan khas yang terasa pedas hingga manis. Penasaran ada kuliner apa saja di Surabaya? Simak beberapa daftar makanan khas kota Surabaya berikut ini. 

1. Rawon

Kuliner khas Surabaya yang pertama ini begitu terkenal di Indonesia. Hidangan ini merupakan sup berisi daging sapi. 

Ciri khas makanan ini yaitu terletak pada kuahnya yang berwarna hitam pekat. Kuah berwarna hitam pekat tersebut dihasilkan dari kluwek. 

Selain berisi daging sapi, satu porsi rawon juga berisi tauge, timun, empal goreng, dan kerupuk udang. 

Salah satu rumah makan yang terkenal akan rawonnya yang lezat yaitu Rawon Setan. Rumah makan ini terletak di Jl. Embong Malang.

2. Rujak Cingur

Makanan Surabaya yang tak kalah terkenalnya dengan rawon adalah rujak cingur. Kuliner yang memiliki cita rasa pedas dan asam ini menggunakan bahan yang unik.

Satu porsi rujak cingur berisi kangkung, kacang panjang, tauge, tempe, tahu, lontong, dan bendoyo. Selain itu, bahan dasar utama yang membuat kuliner ini unik adalah penggunaan cingur atau moncong sapi. 

Rujak cingur disajikan dengan tambahan bumbu kacang petis udang. Jika ingin mencicipi kuliner ini, kamu bisa mengunjungi salah satu rumah makan rujak cingur terkenal di Surabaya, yaitu Rujak Cingur Genteng Durasim. 

rujak cingur makanan khas surabaya
Sumber : Tiktak.id

3. Bebek Mercon Surabaya

Jika kamu pecinta makanan pedas, kamu wajib mencoba bebek mercon ketika berkunjung ke Surabaya. Pemilihan nama mercon bertujuan untuk menggambarkan rasa yang sangat pedas dan meledak-ledak. 

Bebek mercon ini dimasak dengan dua cara, yaitu dibakar dan digoreng. Kemudian disajikan dengan sambal nasi, tahu goreng, serta lalapan. 

Salah satu rumah makan yang menjual menu makanan ini yaitu Warung Bebek Mercon Kayun. Warung tersebut terletak di Jl. Kayun No.10, Surabaya.

4. Lontong Balap

Ada juga kuliner khas Surabaya bernama lontong balap. Kuliner satu ini merupakan kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 1956. 

Mengapa dinamakan lontong balap? Sebab, pada awal kemunculan kuliner ini, para pedagang berlari berebut pelanggan sehingga terlihat seperti orang yang sedang balapan. 

Pada satu porsi lontong balap, berisi lontong, tauge, tahu, lentho, kecap, sambal, dan bawang goreng. Nantinya, isian tersebut akan disiram dengan kuah panas yang terdiri dari campuran bawang dan sambal petis. 

Salah satu warung makan penjual lontong balap terkenal di Surabaya yaitu Lontong Balap Pak Gendut Surabaya. Letak warung tersebut berada di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo.

baca juga : Resep Lontong Balap, Nikmat yang Tak Boleh Terlewatkan

5. Lontong Kupang

Makanan selanjutnya yaitu lontong kupang. Dinamakan lontong kupang karena bahan utama hidangan ini adalah kerang kupang. Biasanya, hidangan ini menggunakan kerang kupang berwarna putih berukuran kecil yang kaya akan protein. 

Selain kerang kupang, satu porsi makanan ini juga berisi lontong dan lentho. Kemudian isian tersebut disiram dengan kuah kupang lalu ditambah bumbu petis serta jeruk nipis. 

Salah satu warung yang terkenal akan lontong kupangnya yaitu Warung Lontong Kupang Bu Siti. Warung ini terletak di Jl. Darmo Indah Surabaya. 

Sumber : Lagi Makan

6. Tahu Campur

Tak hanya di Surabaya, tahu campur juga ada di beberapa daerah lain. Namun, tentunya tahu campur di Surabaya memiliki ciri khasnya sendiri. 

Tahu campur Surabaya menggunakan kuah yang terbuat dari campuran soto sapi dengan bumbu petis. Selain itu, hidangan ini juga berisi tahu, mie, kubis, tauge, dan lentho atau perkedel. 

Salah satu rumah makan dengan menu tahu campur yang lezat adalah Tahu Campur Kalasan milik H. Abd. Mahfud. 

7. Tahu Tek

Selain tahu campur, ada juga kuliner khas Surabaya dengan bahan dasar tahu lainnya. Tahu tek atau tahu telor ini memiliki perpaduan rasa pedas, manis, dan gurih yang lezat.

Mengapa disebut tahu tek? Sebab, penjual makanan ini mengeluarkan bunyi tek-tek dari gunting. 

Selain tahu tek, kuliner ini juga disebut tahu telor. Alasannya adalah karena sebelum digoreng, tahu dicelupkan ke dalam telur. 

Satu porsi tahu tek berisi lontong, tahu yang sudah digoreng, kentang, tauge, dan timun. Kemudian isian tersebut disiram dengan campuran bumbu petis, bawang, cabai, serta kacang. 

Untuk mencicipi kuliner ini, salah satu warung yang bisa kamu kunjungi yaitu Warung Tahu Telor Pak Jayen. Lokasinya berada di Jl. Dharmahusada Surabaya. 

8. Sate Klopo

Ada juga kuliner sate klopo. Bahan utama hidangan ini yaitu daging dan jeroan ayam atau sapi. 

Setelah dibakar, sate ini diberi taburan serundeng kelapa yang gurih. Salah satu warung yang menjual sate ini adalah Kedai Sate Klopo Ondomohen yang terletak di Jl. Walikota Mustajab. 

9. Sate Lisidu

Selain sate klopo, ada juga sate lisidu. Bahan dasar sate ini yaitu daging ayam kampung. 

Proses pembakaran sate ini tidak terlalu lama. Sebab, sebelum dibakar, daging sate ini dikukus terlebih dahulu. 

Untuk menikmati seporsi sate lisidu, kamu bisa mengunjungi warung sate lisidu di Jl. Kutai No.53, Wonokromo, Surabaya.

Sumber : tripadvisor.co.id

10. Sate Karak

Ada juga kuliner sate karak khas Surabaya. Sate karak ini terbuat dari daging dan jeroan sapi. 

Salah satu keunikan kuliner ini yaitu penyajiannya bersama karakan atau beras ketan hitam serta parutan kelapa. Salah satu warung sate karak ini terletak di Kawasan Sunan Ampel di Jl. Ampel Lonceng No.60.

11. Almond Crispy

Sebagai penutup makanan khas Surabaya, ada cemilan almond crispy. Camilan ini terlihat seperti keripik yang renyah tetapi dengan cita rasa yang manis sekaligus gurih. 

Kuliner ini juga bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh. Kamu bisa membeli almond crispy di Jl. Jemursari atau Pasar Atum Surabaya tepatnya di Toko Wisata Rasa. 

Sumber : puteramentari.com

Penutup

Itu dia beberapa kuliner khas kota Surabaya. Semoga liburanmu menyenangkan. 

Sumber Foto : cookpad.com

Scroll to Top
Chat Admin Disini