10 Makanan Khas Semarang, Enak dan Mantap

10 Makanan Khas Semarang, Enak dan Mantap

KuSemarang merupakan salah satu kota besar sekaligus ibu kota Provinsi Jawa Tengah. Ada banyak makanan khas Semarang yang harus kamu coba ketika bertandang ke kota ini. 

Ketika mengunjungi suatu daerah, tentu tidak akan terasa lengkap jika belum mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Selain lumpia, Semarang memiliki banyak makanan khas lain yang tak kalah lezatnya. 

Apa saja itu? Simak artikel berikut ini, ya.

Makanan Khas Semarang

Tak hanya makanan berat, Semarang juga memiliki berbagai makanan ringan yang tak kalah lezatnya. Berikut ini adalah beberapa makanan khas dari kota Semarang.

1. Tahu Gimbal

Makanan khas dari Semarang yang pertama yaitu tahu gimbal. Kuliner ini berisi tahu dan gimbal. Gimbal sendiri merupakan olahan udang yang mirip seperti bakwan udang.

Selain tahu dan gimbal, dalam seporsi makanan ini juga berisi lontong dan sayuran. Nantinya, makanan ini disajikan dengan bumbu kacang dan petis.

tahu gimbal-makanan khas semarang
Sumber : Sajian Sedap

2. Mie Kopyok

Jika kamu ingin makanan berkuah yang cocok kamu makan saat cuaca dingin, kamu bisa mencoba mie kopyok. Seperti namanya, bahan dasar kuliner ini adalah mie. 

Selain mie, dalam satu porsi mie kopyok juga berisi tetelan daging, tahu, dan kerupuk gendar. Kerupuk gendar merupakan kerupuk dengan bahan dasar nasi yang terasa gurih dan renyah.

Sumber : cookpad.com

3. Soto Bangkong

Selain mie kopyok, ada juga makanan berkuah lainnya di kota Semarang ini. Salah satu contohnya yaitu soto bangkong.

Soto bangkong merupakan soto ayam khas dari Semarang. Penggunaan nama bangkong diambil dari nama daerah pertama kali warung soto ini berdiri.

Soto ini berisi suwiran ayam, tomat, bihun, tauge, dan taburan bawang merah serta bawang putih. Untuk kuahnya, soto bangkong memiliki kuah berwarna agak coklat tetapi bening.

4. Garang Asem

Garang asem merupakan makanan berkuah khas Semarang. Kuliner ini berbahan dasar daging ayam. 

Daging ayam pada olahan ini dimasak dengan kuah santan dengan bumbu belimbing wuluh serta cabai. Kemudian daging ayam dan kuah santan tersebut dibungkus dengan daun pisang lalu dimasak. Daun pisang tersebut akan menambah aroma garang asem agar semakin lezat. 

Ketika memakan kuliner ini, kamu bisa menambahkan nasi hangat, sate jeroan ayam, perkedel, dan tempe goreng.

5. Tahu Petis

Selain makanan berat, ada juga kudapan khas kota Semarang. Misalnya adalah tahu petis. 

Seperti namanya, bahan dasar kuliner ini yaitu tahu. Kuliner ini menggunakan tahu dengan tekstur padat. Itulah mengapa tahu ini cukup mengenyangkan. Nantinya, tahu tersebut disayat dan diberi isian petis.

6. Lumpia Semarang

Rekomendasi makanan selanjutnya merupakan kudapan yang sangat terkenal. Lumpia Semarang terbuat dari adonan tepung berbentuk bundar yang tipis.

Umumnya, lumpia Semarang berisi isian seperti rebung, daging ayam, telur orak-arik, ebi, sayuran, bawang putih, dan kecap. 

Setelah diberi isian, adonan tersebut dilipat lalu digulung. Kemudian, digoreng pada api panas hingga adonan kulit berwarna kekuningan dan renyah.

7. Pisang Plenet

Jika kamu ingin kudapan dengan cita rasa yang manis, kamu bisa mencoba kuliner pisang plenet. Seperti namanya, bahan dasar pembuatan makanan ini yaitu pisang. 

Biasanya kuline ini menggunakan pisang kepok yang sudah matang. Kemudian, pisang tersebut dibakar dengan api kecil hingga agak gosong dan berwarna kecokelat-cokelatan. 

Setelah pisang matang, pisang tersebut dipipihkan dan diberi olesan margarin. Kamu juga bisa menambahkan aneka topping, seperti meses, selai, keju, atau gula bubuk.

8. Kue Moaci

Selain pisang plenet, kudapan khas Semarang dengan rasa yang manis lainnya yaitu kue moaci. 

Bahan dasar kue moaci adalah tepung ketan sebagai luarannya. Sementara untuk isiannya, terbuat dari campuran gula karamel dan kacang. 

Adonan tepung ketan berisi isian tersebut nantinya dibentuk menjadi bulat-bulat.

9. Gandos

Kuliner khas Semarang selanjutnya adalah gandos. Gandos merupakan jajanan tradisional yang saat ini semakin sedikit penjualnya. 

Kudapan ini begitu populer di beberapa daerah dan memiliki nama sebutannya sendiri. Misalnya, gandos ini disebut kue rangin di Surabaya, bandros di Bandung, pancong di Jakarta, tratak jaran di Bojonegoro, dan daluman di Bali.

Jajanan ini terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan garam. Setelah teraduk rata, adonan ini dimasukkan ke dalam cetakan loyang.

Makanan ini memiliki ketebalan kurang lebih 2 cm serta berwarna putih agak kecoklatan. Dalam satu gigitan akan terasa gurih, renyah, sekaligus manis.

10. Wedang Tahu

Rekomendasi makanan khas dari kota Semarang yang terakhir yaitu wedang tahu. Kuliner ini merupakan bentuk akulturasi dengan budaya Tionghoa. 

Wujud kuliner ini hampir sama seperti bubur sumsum. Bedanya, warna putih pada hidangan ini merupakan kembang tahu. 

Apa sih kembang tahu itu? Kembang tahu merupakan produk rebusan sari kedelai.

Pada satu porsi wedang tahu ini, berisi kembang tahu dan kuah air jahe. Kembang tahu yang terasa seperti susu kedelai dalam versi padat ditambah dengan air jahe yang terasa manis dan pedas akan terasa semakin nikmat. 

Saat ini, kuliner wedang tahu masih dijual keliling menggunakan gerobak bahkan dipikul.

wedang tahu-makanan khas semarang
Sumber : iStock

Penutup

Itu dia beberapa daftar makanan khas dari Semarang yang wajib kamu coba ketika mengunjungi ibukota Provinsi Jawa Tengah ini. Selain rasanya yang enak, tentu kuliner-kuliner di atas memiliki harga yang terjangkau pula. Selamat menikmati liburanmu, ya.

Sumber Foto : Sajian Sedap

Scroll to Top
Chat Admin Disini