10 Makanan Khas Malang Tempo Dulu Hingga Kekinian

10 Makanan Khas Malang Tempo Dulu Hingga Kekinian

Kota Malang merupakan salah satu kota besar di Jawa Timur setelah kota Surabaya. Jika kamu pergi ke kota ini, kamu akan menemukan banyak makanan khas Malang yang tentunya lezat. 

Malang merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Kota yang dikelilingi pegunungan ini memiliki udara yang begitu sejuk. Tidak heran, banyak orang memilih berlibur di kota ini.

Beberapa destinasi wisata populer di kota ini Jatim Park, Museum Angkut, Batu Night Spectacular, Selecta Malang, dan masih banyak lagi. Selain memiliki objek pariwisata yang menarik, Malang juga memiliki wisata kuliner yang beragam.

Makanan Khas Kota Malang

Penasaran, ada kuliner apa saja di kota yang terkenal karena hawa sejuknya ini? Berikut adalah beberapa daftar kuliner khas kota Malang.

1. Rawon Dengkul

Kuliner khas kota Malang yang pertama yaitu rawon dengkul. Makanan berkuah ini memiliki ciri khas yaitu kuahnya yang berwarna hitam. Kuah berwarna hitam pekat tersebut dihasilkan dari kluwek. 

Di dalam satu porsi rawon dengkul, berisi daging dengkul yang empuk, kecambah, sambal, dan nasi. Kamu bisa merasakan perpaduan gurih dan manis pada setiap suapan rawon dengkul ini.

2. Bakso Malang

Ada juga kuliner khas Malang bernama bakso malang. Perbedaan bakso malang dengan bakso lainnya yaitu bakso malang memiliki isian yang lebih beragam.

Makanan ini berisi bakso, mie kuning, soun, tahu, pangsit goreng, dan siomay. Bakso yang digunakan pun ada berbagai macam. Ada bakso halus atau pentol dan bakso urat atau pentol kasar. 

Makanan ini disajikan dengan kuah kaldu sapi hangat yang cocok dengan hawa dingin Malang. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan lontong. 

Salah satu kedai bakso malang legendaris yaitu Bakso President. Kedai ini telah berdiri sejak tahun 1977. Lokasi kedai ini berada di samping rel kereta aktif Surabaya-Malang.

Sumber : indonesiaoriginalrecipes.blogspot.com

3. Mendol

Selain makanan berat, ada juga makanan ringan khas Malang bernama mendol.

Mendol merupakan makanan khas kota Malang yang terbuat dari tempe. Berbeda dengan tempe yang biasanya berbentuk persegi atau persegi panjang, mendol berbentuk bulat memanjang. 

Cara membuat makanan ini yaitu dengan meremukkan tempe lalu mencampurnya dengan bumbu. Kemudian, adonan tempe tersebut dikepal berbentuk lonjong lalu digoreng. 

Kamu bisa menemukan makanan ini di warung makan yang berada di kota Malang, terutama di warung nasi pecel lele atau rawon.

Sumber : Detik Food

4. Orem-Orem

Kuliner khas Malang selanjutnya yaitu orem-orem. Bahan dasar makanan ini yaitu tempe. 

Tempe ini diiris tipis-tipis lalu digoreng. Selain tempe, hidangan ini juga berisi suwiran daging ayam dan telur asin.

Hidangan berkuah ini memiliki kuah santan kental yang hampir mirip dengan kuah sayur lodeh. Bedanya, kuah orem-orem terasa pedas. 

5. Cwie Mie

Kuliner khas Malang selanjutnya yaitu cwie mie. Bagi pecinta mie, kamu wajib mencoba cwie mie ketika berkunjung ke Malang.

Penampilan cwie mie mirip seperti mie ayam. Bedanya, topping ayam pada cwie mie dicincang halus hingga menyerupai abon. 

Selain berisi mie dan daging ayam, hidangan ini juga memiliki menu pendamping seperti pangsit dan selada. Kuah cwie mie juga berwarna bening dan terasa segar.

cwie mie-makanan khas malang
Sumber : radea.co

6. Sego Goreng Mawut

Makanan selanjutnya yaitu sego goreng mawut. Sego goreng artinya yaitu nasi goreng. 

Yang membedakan sego goreng mawut dengan nasi goreng biasa terletak pada isiannya. Sego goreng mawut menambahkan mie berukuran besar. Kamu juga bisa menambahkan acar untuk hidangan ini.

Sumber : cookpad.com

7. Nasi Pecel Kawi

Selain sego goreng mawut, ada juga makanan berat lainnya, yaitu nasi pecel kawi. 

Di dalam satu porsi nasi pecel kawi, kamu bisa menambahkan peyek kacang atau kerupuk puli yang terbuat dari nasi. Kemudian, hidangan ini akan disajikan dengan disiram bumbu kacang. 

8. Sop Sumsum

Sop merupakan makanan terkenal dan memiliki banyak variasi. Di kota Malang, ada salah satu jenis sop terkenal bernama sop sumsum.

Seperti namanya, sop ini berisikan tulang sapi dengan sumsum yang terasa lezat. Tidak hanya itu, sayuran dan kuah kaldu yang nikmat ini juga bisa kamu dapatkan dalam semangkuk sop sumsum.

9. Nasi Jagung

Kuliner khas kota Malang selanjutnya yaitu nasi jagung. Nasi jagung merupakan kuliner legendaris. Kuliner ini sudah ada sejak zaman Belanda. 

Dari namanya saja kita sudah tahu jika bahan dasar hidangan ini yaitu nasi yang dicampur dengan jagung.

Selain berisi nasi jagung, biasanya hidangan ini disajikan dengan aneka lauk pauk. Misalnya irisan telur dadar, daging ayam, timun, dan sambal goreng tempe.

10. Bakso Bakar

Sebagai penutup kuliner khas Malang, ada makanan bernama bakso bakar.

Siapa yang suka dengan kuliner bakso bakar? Ternyata, kuliner kekinian yang banyak disukai oleh masyarakat ini berasal dari kota Malang, loh. 

Biasanya, kuliner ini menggunakan bakso kasar atau halus. Kemudian, bakso tersebut akan ditusuk menggunakan tusuk sate lalu dibakar dan diolesi bumbu yang terbuat dari campuran kecap, bawang, serta bumbu cabai. 

Penutup

Itu dia beberapa daftar makanan khas kota Malang yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke kota ini. Dengan objek wisata yang menarik, kuliner yang beragam dan lezat, serta suasana kota yang sejuk, Malang cocok kamu jadikan sebagai destinasi wisata untuk melepas penat. 

Sumber Foto : Wisata Malang

Scroll to Top
Chat Admin Disini