8 Makanan Khas Jakarta yang Terkenal Enak

8 Makanan Khas Jakarta yang Terkenal Enak

Di era banyaknya makanan luar negeri yang masuk ke Indonesia, ternyata makanan khas daerah masih tetap eksis tengah-tengah masyarakat. Salah satunya yaitu makanan khas Jakarta.

Jakarta merupakan kota terbesar sekaligus Ibu Kota negara Indonesia. Tak terhitung, ada berapa banyak produk luar negeri yang telah memasuki wilayah Jakarta ini. 

Meskipun begitu, ternyata produk dalam negeri, seperti makanan khas daerah masih memiliki banyak peminat. 

Indonesia memiliki beragam makanan khas yang berasal dari setiap daerah. Tiap makanan tersebut menjadi ciri khas suatu daerah.

Makanan Khas Jakarta

Jakarta memiliki berbagai macam makanan khas daerah. Beberapa dari makanan tersebut, begitu terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. 

Mengunjungi suatu daerah belum terasa lengkap jika tidak mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Oleh karena itu, jika kamu sedang berkunjung ke Ibu Kota Indonesia ini, cicipilah beberapa makanan khasnya. Berikut ini adalah daftar beberapa makanan khas dari Jakarta yang sudah terkenal enak di kalangan masyarakat.

1. Semur Jengkol

Makanan khas dari Jakarta yang pertama yaitu semur jengkol. Bahan utama dari masakan ini yaitu jengkol. 

Kuliner ini dimasak dengan kuah santan. Biasanya, makanan ini akan menimbulkan minyak di permukaannya. 

Hidangan ini memiliki bau yang lumayan menyengat. Hal tersebut terjadi karena penggunaan jengkol itu sendiri. 

Meskipun memiliki bau menyengat, ternyata masih banyak penggemar yang menyukai semur jengkol ini. Untuk mengurangi bau jengkol yang menyengat tersebut, proses pengolahannya harus tepat. 

Sebelum jengkol direbus, sebaiknya rendam jengkol di dalam campuran air dan bubuk kopi dan diamkan selama satu malam. Setelah satu malam, jengkol bisa melalui proses pengolahan dengan cara direbus dengan kopi, daun salam, serta sereh. Itulah cara untuk mengurangi bau menyengat pada jengkol.

Di Jakarta, kamu bisa menemukan makanan ini di warteg atau rumah makan.

Sumber : Detik Food

2. Soto Betawi

Ada juga kuliner soto betawi yang tak kalah terkenal dari semur jengkol. Dari namanya saja kita pasti sudah tahu jika makanan ini berasal Betawi, salah satu suku yang berasal dari Jakarta. 

Soto betawi merupakan kuliner yang cukup unik. Hidangan ini berbeda dengan soto yang berasal dari daerah lain. 

Biasanya, soto yang berasal dari daerah lain memiliki kuah bening. Sementara, soto betawi ini memiliki kuah yang kental. 

Kuah soto betawi biasanya terbuat dari santan kental yang terasa gurih. Namun, ada juga yang memodifikasi atau mengganti penggunaan santan menjadi susu sapi untuk membuat kuah soto betawi. 

Di dalam satu porsi soto betawi, berisi daging serta jeroan sapi. Biasanya, hidangan ini menggunakan jeroan seperti mata dan torpedo sapi. 

Selain kuah dan isi soto yang unik, penyajian kuliner ini juga lumayan unik. Biasanya, orang-orang menambahkan emping sebagai makanan pendamping soto ini. 

Sumber : Shutterstock

3. Soto Tangkar

Selain soto betawi, Jakarta juga memiliki soto tangkar. Bedanya soto tangkar dan soto betawi terletak pada isi dan bumbunya. 

Soto betawi berisi daging dan jeroan sapi. Sementara, soto tangkar berisi iga sapi. 

Kedua jenis soto ini menggunakan beberapa bumbu yang sama. Namun, bedanya adalah bumbu soto tangkar juga menggunakan jinten dan kapulaga. 

Sama seperti soto betawi, orang-orang menikmati soto tangkar ini dengan emping sebagai menu pendampingnya. 

4. Kerak Telor

Makanan khas selanjutnya yaitu kerak telor. Kuliner ini merupakan kuliner khas Jakarta yang begitu terkenal. 

Bahan dasar kuliner ini yaitu telur ayam atau telur bebek, beras ketan putih, dan serundeng. Kemudian, bahan-bahan tersebut akan melalui proses pengolahan yang unik. 

Pertama-tama, beras ketan mengalami proses pengolahan di atas wajan. Proses memasak tersebut menggunakan tungku arang hingga menghasilkan aron nasi. 

Kemudian, aron nasi dicampur dengan telur ayam atau bebek dan ditambah garam, lada, dan penyedap rasa. Setelah tercampur rata, aron nasi tersebut dibuat lebar agar kerak telor matang dengan sempurna. 

Salah satu keunikan kuliner ini yaitu proses memasaknya dengan cara menghadapkan bagian dalam wajan yang berisi kerak telor ke arah tungku arang. 

Setelah matang, makanan ini disajikan dengan tambahan taburan bawang goreng serta serundeng.

baca juga : Resep Laksa Betawi, Sajian Lezat dengan Kuah Santan yang Menggoda Selera

5. Ketoprak

Makanan khas dari Jakarta selanjutnya yaitu ketoprak. Bahan dasar kuliner ini yaitu ketupat, tahu, bihun, telur rebus, dan timun.

Kemudian, isi tersebut akan disiram dengan bumbu yang terbuat dari saus kacang dan kecap manis. Dengan tambahan taburan bawang merah, hidangan ini akan terasa semakin lezat.  

6. Ayam Sampyok

Ayam sampyok merupakan kuliner dengan cita rasa perpaduan budaya Jakarta dengan Tiongkok. Daging ayam melalui proses memasak sebanyak dua kali. Tujuannya adalah agar bumbu bisa meresap dengan sempurna. 

7. Roti Buaya

Ada juga kuliner khas Jakarta yang bernama roti buaya. Kamu bisa menjumpai roti buaya ini pada upacara adat seperti pernikahan. 

Roti buaya ini bisa menjadi seserahan dalam pernikahan untuk melambangkan kesetiaan. Mengapa disebut lambang kesetiaan? Sebab, buaya hanya kawin sekali sehingga menandakan buaya adalah hewan yang setia. 

Sumber : Wikipedia

8. Tape Uli

Kuliner khas Jakarta selanjutnya yaitu tape uli yang berisi perpaduan tape ketan dengan olahan ketan yang disebut uli. 

Tape ketan terbuat dari campuran beras ketan hitam dan ragi. Kemudian, didiamkan hingga memiliki cita rasa manis, asam, dan sedikit berair. 

Sementara, olahan ketan yang bernama uli terbuat dari beras ketan putih. Beras ketan putih tersebut dikukus hingga matang lalu ditumbuk hingga halus. 

Setelah halus, beras ketan putih tersebut dicampur dengan parutan kelapa. Kemudian, dikukus dan ditumbuk kembali. Setelah itu, kamu bisa mencetak uli dan membungkusnya dengan daun pisang.

Penutup

Itu dia beberapa makanan khas dari Jakarta. Apakah ada makanan yang membuat kamu tertarik mencobanya?

Sumber Foto : Shutterstock

Scroll to Top
Chat Admin Disini