10 Makanan Khas Bandung, Anda Pasti Ketagihan

10 Makanan Khas Bandung, Anda Pasti Ketagihan

Disebut sebagai Paris Van Java, Bandung merupakan kota destinasi wisata yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain kotanya yang menarik, banyak makanan khas Bandung yang akan membuat liburanmu semakin berkesan. 

Ketika membicarakan kuliner Bandung, pasti beberapa makanan khas yang terlintas adalah siomay, cilok, cimol, atau cireng. Kota yang terkenal karena berbagai makanan khasnya yang terbuat dari aci ini ternyata memiliki aneka ragam kuliner menarik lainnya.

Makanan Khas Bandung

Ketika mengunjungi suatu daerah, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Apalagi jika kamu pergi ke kota Bandung yang memiliki beragam kuliner dengan cita rasa manis, asin, hingga pedas. 

Berikut ini adalah beberapa daftar makanan khas dari Bandung yang wajib kamu coba. 

1. Batagor

Kuliner khas kota Bandung yang pertama yaitu batagor. Batagor merupakan singkatan dari baso tahu goreng. Makanan ini sama terkenalnya dengan siomay. 

Batagor terbuat dari adonan ikan dan tepung kanji. Kemudian adonan tersebut dibentuk lalu digoreng sehingga tekstur makanan ini terasa renyah. 

Setelah matang, penjual akan menyiram batagor dengan saus kacang, kecap, dan perasan jeruk limau. 

Jika kamu berkunjung ke Bandung kamu wajib mencoba kuliner ini. Kedai batagor terkenal di Bandung yang selalu ramai oleh pembeli yaitu Batagor Kingsley dan Batagor Riri. 

2. Seblak

Selain batagor ada juga seblak khas Bandung yang tak kalah terkenal. Saat ini, ada begitu banyak pecinta seblak di kalangan masyarakat Indonesia. 

Tidak hanya di Bandung, kamu juga bisa menemukan kuliner ini di daerah lain. Namun, tentu saja seblak khas Bandung akan terasa lebih lezat. 

Ciri khas makanan ini yaitu terletak pada rasanya yang pedas. Selain itu, bahan utama hidangan ini juga unik. 

Seblak terbuat dari kerupuk yang direbus hingga teksturnya menjadi lembek. Kerupuk basah tersebut dimasak dengan racikan bumbu cabai, bawang putih, garam, serta kencur. 

Selain kerupuk basah, biasanya penjual menambahkan isian lain. Misalnya sayuran, potongan daging ayam, ceker, sosis, makaroni, mie, dan masih banyak lagi. 

Ada dua jenis seblak di pasaran, yaitu seblak basah dan seblak kering. 

baca juga : Resep Seblak Mie Goreng: Saat Begadang tak Terpisahkan

3. Mie Kocok

Kuliner khas kota Bandung yang tidak boleh kamu lewatkan selanjutnya yaitu mie kocok. Bahan utama hidangan berkuah ini yaitu mie kuning yang berbentuk pipih. Selain itu, dalam satu porsi mie kocok juga berisi sayuran, tauge, dan potongan kikil serta sumsum sapi. 

Mengapa disebut mie kocok? Sebab, sebelum disajikan, mie kuning dan berbagai bahan tambahan lainnya diaduk dan dikocok terlebih dahulu. 

Sumber : iStock

4. Cuanki

Selain mie kocok, kuliner berkuah khas kota Bandung lainnya yaitu cuanki. Hidangan ini hampir mirip seperti bakso malang. 

Satu porsi cuanki, berisi bakso daging, bakso goreng, siomay, serta pangsit. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan mie.

Sumber : tripadvisor.co.id

5. Karedok

Jika kamu sedang menjalani diet, kamu bisa mencoba karedok. Karedok atau selat sunda ini hampir mirip seperti gado-gado. 

Bahan dasar karedok yaitu campuran aneka sayuran dengan bumbu kacang. Biasanya, kuliner ini menggunakan sayuran seperti kacang panjang, kol, tauge, dan mentimun. Selain itu, biasanya orang-orang memakan hidangan ini dengan tambahan kerupuk. 

6. Nasi Timbel

Jika kamu mencari makanan berat, kamu bisa mencoba nasi timbel khas kota Bandung. Nasi timbel merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang. 

Kemudian, nasi ini disajikan dengan lauk pauk khas Sunda. Misalnya seperti olahan ikan mas, olahan ikan nila, ayam goreng, tahu, ati ampela, tahu bacem, ikan asin, gepuk, pepesan, dan sayur asem. 

Selain nasi dan aneka lauk, ada juga lalapan sebagai pendamping hidangan ini. Lalapan ini biasanya terdiri dari mentimun serta sambal. 

Sumber : tasteatlas.com

7. Gehu

Ada juga kuliner khas Bandung bernama gehu. Gehu merupakan makanan berupa tahu isi yang digoreng. 

Tahu isi khas Bandung ini biasanya berisi tauge. Namun, dengan adanya inovasi, penjual bisa menambahkan isian tahu isi dengan kol, bihun, wortel, daging cincang, hingga udang. Kemudian, bahan-bahan tersebut ditumis dengan aneka bumbu lalu dimasukkan ke dalam tahu. 

Sebelum digoreng, gehu dilapisi dengan tepung. Saat ini, ada variasi gehu yang sedang hits di kota Bandung, yaitu gehu jeletot.

Bedanya gehu jeletot dengan gehu biasa yaitu gehu jeletot memiliki sensasi pedas karena adanya isian cabai rawit. 

8. Surabi Bandung

Surabi merupakan makanan khas kota Bandung yang tetap eksis hingga saat ini. Bahan dasar kuliner ini yaitu tepung beras. 

Adonan tepung beras akan dimasak di atas cetakan dari tanah liat. Alih-alih menggunakan kompor, proses memasak menggunakan tungku api sehingga timbullah rasa dan aroma surabi yang begitu khas. 

Saat ini, jajanan khas Bandung ini telah mengalami modifikasi. Misalnya seperti menambahkan topping coklat, keju, nangka, atau durian. 

Surabi Bandung disajikan dengan kinca. Kinca merupakan gula merah yang dicairkan. 

9. Peuyeum

Ada juga peuyeum atau tape singkong yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Bandung. Kuliner ini menggunakan campuran Singkong dan ragi. 

Fermentasi singkong ini bisa kamu nikmati secara langsung atau kamu olah terlebih dahulu. Untuk proses pengolahannya, kamu bisa memanggangnya di atas teflon.

10. Colenak

Makanan khas kota Bandung terakhir yaitu colenak. Colenak merupakan produk olahan peuyeum. 

Proses pengolahannya yaitu dengan membakar peuyeum. Dengan tambahan siraman gula jawa cair serta taburan parutan kelapa, kuliner ini akan terasa lebih nikmat. 

Penutup

Itu dia beberapa makanan khas dari Bandung. Tidak hanya makanan berat, Bandung juga terkenal akan makanan ringannya yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. 

Scroll to Top
Chat Admin Disini