wisata waduk telaga sarangan

Waduk Sarangan: Lokasi, Jam Buka & Daya Tarik

Apakah Anda sedang berada di Magetan? Kurang rasanya jika tidak sekalian mengunjungi destinasi wisata. Simak wisata Waduk Telaga Sarangan yang berada di Magetan, Jawa Timur.

Waduk Telaga Sarangan

Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat berada di Magetan, Jawa Timur adalah Telaga Sarangan. Wisata waduk Telaga Sarangan merupakan telaga alami yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

Telaga Sarangan memiliki keindahan yang memesona mata tidak heran banyak wisatawan yang menjajaki telaga ini.

Berada di wisata Waduk Telaga Sarangan akan disuguhkan pemandangan alam yang indah serta udara yang segar. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Wilayah perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Telaga Sarangan menjadi destinasi wisata yang cocok bagi siapapun yang ingin menikmati keindahan alam, beraktivitas rekreasi bersama keluarga, dan mencari ketenangan jiwa.

Dengan pemandangan alam menakjubkan dan berbagai kegiatan yang ditawarkan Telaga Sarangan menjadi tempat ideal untuk bersantai dan menikmati keajaiban alam. Telaga Sarangan menjadi objek wisata andalan di Kabupaten Magetan.

Mitos Waduk Telaga Sarangan

Wisata Waduk Telaga Sarangan tidak terlepas dari mitos yang berkembang. Mitos di tempat ini adalah apabila ada pasangan kekasih yang datang ke telaga sarangan maka hubungannya akan kandas di tengah jalan.

Menurut juru kunci Telaga Sarangan, bahwa ada sebuah kekuatan gaib berupa kutukan bagi sepasang kekasih yang datang ke tempat ini. Namun mitos ini tidak selalu terbukti karena beberapa pasangan kekasih yang datang tetap langgeng bahkan hingga menikah.

Lokasi Wisata Waduk Telaga Sarangan

Telaga Sarangan berlokasikan di Ngluweng, Sarangan, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Pengunjung yang datang ke lokasi wisata waduk Telaga Sarangan dapat menggunakan rute Google Maps.

Para wisatawan dapat datang ke waduk Telaga Sarangan dengan menggunakan kendaraan seperti motor, mobil, maupun bus bersama rombongan. Banyak wisatawan yang datang ke lokasi bersama rombongan menggunakan bus.

Salah satu penyedia layanan sewa bus terpercaya adalah Andara bus. Andara bus menyediakan pelayanan untuk berbagai kebutuhan salah satunya pariwisata dengan armada terlengkap. Klien dari Andara bus selalu puas dengan pelayanan dari jasa yang diberikan.

Harga Tiket Masuk Waduk Telaga Sarangan

Memasuki kawasan wisata Waduk Telaga Sarangan pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,00 untuk anak – anak dan Rp 20.000,00 untuk kategori dewasa. Biaya lain yang diperlukan adalah biaya retribusi parkir sebesar Rp 2.000,00 untuk motor, Rp 5.000,00 untuk mobil, dan Rp 10.000,00 untuk bus.

Jam Operasional Waduk Telaga Sarangan

Waduk Telaga Sarangan sebagai objek destinasi pengunjung buka selama 24 jam. Namun untuk menuju telaga, menaiki speed boat, dan menunggang kuda mulai dari pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Daya Tarik Wisata Waduk Telaga Sarangan

Banyak wisatawan yang datang ke lokasi waduk Telaga Sarangan untuk menghabiskan waktu liburannya. Banyak hal menarik dari wisata ini. Simak daya tarik wisata waduk Telaga Sarangan.

1. Pemandangan Indah

Wisata Telaga Sarangan memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan memesona mata. Pengunjung yang datang ke telaga sarangan dapat menemukan banyak spot foto menarik berlatar pemandangan alam luar biasa.

Selain itu, pengunjung juga dapat berjalan mengelilingi Telaga Sarangan. Tempat ini memiliki udara yang sejuk apalagi di pagi hari akan disuguhkan dengan angin sejuk serta panorama indah yang bisa membuat pikiran menjadi tenang.

2. Menaiki Speed Boat

Pengunjung yang ingin mengelilingi kawasan air di Telaga Sarangan dapat menyewa speed boat dengan biaya antara 60 ribu hingga 100 ribu. Menyewa speed boat pengunjung dapat menikmati keindahan alam berupa waduk ini.

Speed boat yang disewakan beserta dengan guide atau yang mengendarai. Anda dapat request kecepatan mengendarai speed boat dapat menjadi pengalaman adrenalin baru yang Anda rasakan.

Selain speed boat, pengunjung juga dapat menyewa perahu dayung untuk mengelilingi telaga dan berinteraksi bersama ikan – ikan di dalam danau.

3. Menunggang Kuda

Pengunjung dapat menyewa kuda yang disewakan di Telaga Sarangan. Menunggangi kuda untuk berkeliling Telaga Sarangan. Tentunya Akan ditemani oleh pawang kuda untuk mengitari spot – spot menarik di Telaga Sarangan.

4. Menginap di Telaga Sarangan

Pengunjung yang ingin merasakan hawa pagi dan berjalan-jalan pagi hari di Telaga Sarangan tidak perlu kawatir karena di daerah ini terdapat penginapan berupa villa dengan harga terjangkau. Pengunjung dapat bermalam di villa – villa bersama keluarga. Villa ini akan ramai disaat liburan panjang dan tahun baru karena banyak wisatawan yang ingin bermalam di Telaga Sarangan.

5. Wisata Kuliner

Mengunjungi Telaga Sarangan, wisatawan dapat mencoba kulineran di tempat ini. Berbagai variasi menu kuliner khas seperti nasi pecel, jajanan tradisional tiwul, dan mencoba sate kelinci yang sangat lezat.

6. Belanja Oleh – Oleh

Liburan ke tempat wisata kurang rasanya jika tidak membeli oleh – oleh. Pengunjung yang datang ke Telaga Sarangan dapat membeli oleh – oleh untuk orang terkasih di rumah. Berbagai macam oleh – oleh yang dijual di Telaga Sarangan seperti pakaian, kerajinan tangan, hingga aneka buah dan sayuran yang segar.

Demikian informasi mengenai wisata waduk Telaga Sarangan dari Andara bus. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan bagi para pembaca serta menambah list liburan di Magetan, Jawa Timur.

Scroll to Top
Chat Admin Disini